-->

MENU

17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan

17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan
Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan - Petai, mendengar nama ini sudah pasti banyak yang meringis. Selama ini petai dianggap sebagai makanan "wong deso". Banyak yang menyukai petai tetapi orang yang suka malu mengakui, karena dapat menurunkan derajat seseorang  apabila mengetahui hobi mengkonsumsi Petai.

17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan
17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan

Tetapi, untuk yang suka, rasa petai pasti luar biasa enaknya. Petai kaya khasiatnya karena didalamnya mengandung senyawa belerang alias sulfur yang menjadikan aromanya menyengat. Karena aromanya menyengat, petai sering dimasukan ke dalam masakan botok atau sayur lodeh, untuk penyedap.

Banyak yang tidak suka memakan petai, karena pengaruh memakan petai sangat luar biasa. Aroma dari petai baru akan tercium setelah kamu selesai memakannya, bisa itu dalam bentuk aroma mulut atau aroma air seni. Karena itu, banyak orang kota yang tidak suka memakan petai. Pengaruh aroma yang sangat menyengat dan kurang enak aromanya inilah yang selalu mendapat protes dari orang sekitar kita apabila kamu memakan petai.

Di Tanah Air kita, petai dapat di bakar, rebus, dan goreng begitu enak, jika di makan dengan sambel. Sambal kentang tidak aroma petai juga terasa ada yang kurang 1. Petai akan enak, jika dicampurkan dengan makanan lain yang mempunyai aroma menyengat, seperti bawang putih, cabai, dan kari.

Pada dasarnya Petai mengandung asam amino yang memberikan bau yang menyengat pada air seni dimana pengaruh ini dapat bertahan sampai dua hari setelah memakannya. Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam petai dapat menyebabkan aroma yang menyengat.

Kenapa petai memiliki aroma yang sangat menyengat? Asam amino yang banyak terdapat pada petai kaya unsur nitrogen dan sulfur yang akan berubah menjadi gas yaitu amoniak (NH3) dan hydrogen sulfida (H2S). Inilah yang menyebabkan kentut menjadi aroma menyengat. Karena berbagai alasan inilah maka banyak orang memilih untuk tidak memakannya.

Khasiat Petai Kaya Nutrisi

Tetapi, jangan disepelekan pete! Petai ini menyimpan banyak Khasiat. Petai sangat kaya protein sama seperti kacang pada umumnya. Petai mengandung kalsium yang berkhasiat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin B6 yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk memperbagus mood seseorang.

Kalau, dibandingkan dengan apel, petai mempunyai protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral.

Setelah diuji oleh para peneliti, buah khas tanah air kita ini mengandung protein dan lemak sangat tinggi, bahkan kandungan proteinnya sangat tinggi dari pada tempe.

Petai juga memiliki Khasiat sebagai antidepresan, karena petai mengandung tryptophan, adalah asam amino yang di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Seperti yang saya ketahui, serotonin adalah zat yang membuat tubuh terasa rileks dan bahagia. Dapat jadi di masa depan, Petai akan menggantikan kedudukan coklat sebagai makanan yang paling dicari saat orang sedang ada masalah.

Kandungan karbohidrat dalam petai mengandung tiga unsur utama, yaitu: sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiganya berkhasiat sebagai energy booster. Jadi, sebelum melakukan kegiatan yang menguras energi, mengkonsumsi petai akan berkhasiat sebagai tambahan tenaga.

Petai adalah sumber energi yang sangat bagus, yaitu : 142 kkal per 100 gram biji. Kandungan fosfor pada petai cukup bagus, ialah 115 mg per 100 g biji. Petai mengandung vitamin C sangat tinggi ialah 46 mg per 100 g biji. Peran vitamin C terutama adalah dalam proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan lagi ada masalah.

Para ahli membuktikan dua porsi petai dapat mampu memberikan tenaga yang cocok untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Jangan kaget Petai ini adalah makanan kesukaan beberapa atlet top.

Para peneliti memuji Petai sebagai biji-bijian yang kaya antioksidan. Zat aktif oksidannya yang dapat mampu melumpuhkan aktivitas radikal bebas superoksida hingga lebih dari 70%. Para ahli kepengen akan ada yang suka mengekstrak zat aktif petai untuk biang antioksidan pelawan efek penuaan.

Peringatan, kamu jangan terlalu banyak memakan petai terlalu banyak, hanya karena ingin memburu khasiat antioksidannya. kalau terlalu banyak memakan Petai nanti kamu di demo masyarakat dikarenakan got tercemar aroma air kencing kamu. Dibawah ini ada 17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan

17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan

1. Khasiat Petai Untuk Anemia

Anemia biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti tubuh lemas, letih, dan kurang bersemangat. Anemia menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan konsentrasi dan nyeri pada persendian tulang. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Pete memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi anemia dan mampu menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

2. Khasiat Petai Untuk Depresi

Ketika Anda mengalami stress atau bad mood, itu tandanya Anda kekurangan tryptophan. Tryptophan adalah suatu asam amino essensial yang apabila dikonsumsi, maka akan diubah menjadi serotonin yang mampu mempengaruhi sistem kerja saraf dan berfungsi memperbaiki mood.

Menurut survey yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Mengapa begitu? Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang membuat tubuh rileks, memperbaiki mood, dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

3. Khasiat Petai Untuk Menyehatkan Mata, Meningkatkan Konsentrasi

Pete memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yaitu 220 IU per 100 mg. Seperti diketahui, vitamin A bermanfaat tuk menjaga kesehatan kornea mata. Kalium dalam pete juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak sehingga baik untuk membantu mereka yang kesulitan belajar.

Seperti yang terjadi pada 200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah memalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dan membuat siswa semakin waspada.

4. Khasiat Petai Untuk Melancarkan Pencernaan

Serat juga banyak terkandung dalam pete. Serat atau fiber berguna memperlancar pencernaan. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, mengkonsumsi pete akan sangat membantu mengurangi penderitaan Anda. Pete juga memiliki efek antasid pada tubuh. Jika Anda merasa mual dan begah karena makan terlalu banyak, pete mampu mengurangi rasa sakit tersebut.

5. Khasiat Petai Untuk Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

6. Khasiat Petai Untuk Luka Lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

7. Khasiat Petai Untuk Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

8. Khasiat Petai Untuk Mengatur Suhu Tubuh

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah 'dingin' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menantikan kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

9. Khasiat Petai Dapat Untuk Stop Merokok

Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, cobalah konsumsi pete. Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya bersama kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

10. Khasiat Petai Untuk PMS (Premenstrual syndrome)

Mood Anda biasanya akan "berantakan" saat Anda menstruasi. Nah, jika mengalami PMS saat 'tamu' datang, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood.

11. Khasiat Petai Untuk Cegah Stroke

Kandungan kalium yang tinggi, namun rendah garam dalam pete, mampu menstabilkan detak jantung. Tekanan darah yang terjaga akan menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan gejala stroke. Bahkan "The New England Journal of Medicine" merilis hasil penelitian yang menyebutkan, mengkonsumsi pete secara teratur mampu menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

12. Khasiat Petai Untuk Hilangkan Stress

Kalium adalah mineral penting yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akanmengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan pete yang tinggi kalium.

13. Khasiat Petai Untuk Kekenyangan

Pete memiliki efek antasid pada tubuh sehingga bila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

14. Khasiat Petai Untuk Mual di Pagi Hari

Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

15. Khasiat Petai Untuk Gigitan Nyamuk

Jika Anda digigit nyamuk dan rasa gatal menyerang, sebelum mengoles cream gigitan nyamuk, cobalah untuk menggosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

16. Khasiat Petai Untuk Obat Awet Muda

Kemungkinan disebabkan kandungan proteinnya untuk regenerasi kulit. Bahkan kabarnya pete Indonesia sebagian sudah di ekspor ke Jepang untuk dijadikan salah satu bahan kosmetik.

17. Khasiat Petai Untuk Menghilangkan Caplak/Kutil

Untuk menghilangkan kutil atau caplak, ambil sepotong pete dan kupas. Lalu biji pete dibelah menjadi dua. dan tempelkan pada kutil tersebut. Agar tidak jatuh, tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester.

Mungkin itu saja artikel tentang 17 Khasiat Petai Dapat Untuk Pengobatan yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat buat kalian. Selalu jaga kesehatan agar tubuh kamu tetap segar dan sehat. Terima kasih...