-->

MENU

Mengenal Jenis Penyakit Sariawan, Dan Cara Ampuh Mengobatinya

Mengenal Jenis Penyakit Sariawan, Dan Cara Ampuh Mengobatinya
Mengenal Jenis Penyakit Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang terjadi di dalam mulut berupa luka kecil berbentuk bulat dengan warna kemerahan hingga putih. Penderita penyakit sariawan akan mengalami gangguan rasa nyaman ketika berbicara, makan, ataupun minum, akibat rasa sakit yang ditimbulkan.

Mereka akan berusaha mencari solusi untuk mengatasi penyakit sariwan yang sangat mengganggu tersebut. Ada berbagai macam cara alami untuk mengatasi sariawan yang dapat digunakan, selain menggunakan pengobatan medis.

Sebelum membahas mengenai cara alami menyembuhkan penyakit sariawan tersebut, sebaiknya Anda mengenal penyakit yang juga sering menyerang di lidah tersebut. Perlu diketahui bahwa sariawan terjadi akibat adanya pertumbuhan bakteri di dalam mulut akibat kebersihannya yang kurang terjaga.
Jenis-jenis Penyakit Sariawan

1. Oral Trush

Disebabkan oleh Candidasis, yaitu kelompok jamur yang sering menyerang di bagian lidah.

2. Stomatitis Afthosa

Sariawan yang diakibatkan oleh benturan sikat gigi atau karena tergigit.

3. Stomatitis Herpetic

Terjadi di tenggorokan bagian belakang, akibat virus Herpes simplex.

Cara Alami Mengobati Penyakit Sariawan

1. Air Garam

Cara mengatasi sariawan dengan cara alami dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Khasiat yang dihasilkan mampu menyembuhkan sariawan dengan cepat serta menarik cairan pada luka.

Anda dapat menggunakan air garam sebagai cara mengobati penyakit sariawan dengan cara menyiapkan air bersih dalam 1 gelas air sedang dan tambahkan dengan  hingga 3 sendok teh garam dapur. Aduk hingga rata lalu gunakan untuk berkumur.

Gunakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dari salah satu cara pengobatan alami ini.

2. Jus Tomat

Berkumur menggunakan jus tomat juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit sariawan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tomat terbukti dapat memberikan khasiat yang baik untuk pengobatan sariawan secara alami.

Selain menggunakan jus tomat, Anda juga bisa mencoba cara pengobatan tersebut dengan langsung memakannya.

3. Kopi Bubuk

Tahukah Anda bahwa kopi bubuk juga menjadi salah satu cara mencegah serta mengobati penyakit sariawan? Anda hanya perlu menaburkan sedikit bubuk kopi di atas luka sariawan dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya Anda dapat berkumur menggunakan air hingga bersih.

Mengatasi sariawan dengan cara alami yang satu ini dapat membuat luka sariawan cepat pulih sekitar 2 hingga 3 hari, tentunya dengan penggunaan yang rutin.

4. Batang Pohon Jambu Air

Mengobati penyakit sariawan menggunakan bahan alami yang satu ini mungkin belum familiar bagi Anda. Namun, khasiat dari kulit batang pohon jambu sudah terbukti dapat mengatasi sariawan dengan cepat.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan 10 gram kulit batang pohon jambu air, lalu tumbuk hingga halus. Pastikan Anda telah mencuci hingga bersih. Kemudian masukkan air matang sebanyak setengah gelas dan aduk hingga rata. Sebelum diminum, silahkan Anda saring terlebih dahulu.

5. Temualawak

Salah satu tanaman tradisional yang seringkali digunakan sebagai jamu serta menambah nafsu makan ini juga terbukti dapat menjadi solusi alami untuk menyembuhkan sariawan.

Anda bisa membuat air rebusan temulawak sebanyak 2 gelas yang dicampur dengan gula aren dan asam jawa. Panaskan hingga mendidih dan hanya tersisa 1 gelas air. Saring ramuan tersebut hingga hanya bersisa airnya kemudian minum selagi hangat.

Cara ampuh mengatasi sariawan secara alami ini dapat Anda lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi dan malam.

6. Air Kelapa

Merupakan salah satu pengobatan alami untuk sariawan yang paling banyak digunakan karena rasanya yang enak, baik untuk berkumur maupun diminum. Kandungan antioksidan dalam air kelapa tersebut terbukti dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan sariawan yang ampuh.

7. Yoghurt

Kandungan Acidophillus hidup dalam yoghurt memiliki peranan untuk mengatur keseimbangan bakteri dalam mulut serta badan. Anda bisa mengonsumsi yoghurt sebanyak 1 kali dalam sehari untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi sariawan secara alami.

Peranan yoghrut yang mampu menyeimbangan bakteri dalam mulut, dapat membantu proses penyembuhan alami sariawan.

8. Daun Sirih Hijau

Menggunakan daun yang daun sirih hijau untuk mencegah dan mengobati sariawan terbukti memberikan hasil yang baik. Anda hanya perlu mengunyahnya hingga hancur, lalu diamkan beberapa menit di dalam mulut. Setelah itu, Anda dapat membuangnya.

9. Mentimun

Tidak hanya berperan baik dalam masalah kecantikan, mentimun juga dapat digunakan sebagai cara pengobatan alami untuk penyakit sariawan. Anda bisa menggunakan pengobatan sariawan secara alami ini dengan cara mengonsumsinya sebanyak 2 buah setiap harinya. 

Untuk kenyamanan ketika dikonsumsi, sebaiknya Anda mengiris buah mentimun dengan bentuk kecil-kecil dan langsung memakannya.

10. Daun Bunga Sepatu

Cara alami menyembuhkan sariawan berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan air rebusan bunga sepatu. Rebus beberapa helai daun bunga sepatu dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum air rebusan etrsebut selai hangat.

11. Buah Delima Putih

Pengobatan sariawan dengan cara alami juga dapat dilakukan menggunakan buah delima putih. Ambil biji dari 2 buah delima putih lalu tumbuk hingga halus. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam gelas yang berisi air bersih dan diamkan selama 2 hari. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya untuk berkumur.

12. Daun Kemangi

Siapkan 5 lembar daun kemangi lalu kunyah terlebih dahulu sebelum memakannya. Basuh mulut dengan air putih setelah usai menggunakan daun kemangi sebagai pengobatan alami penyakit sariawan.

13. Kunyit dan Gliserin

Ramuan tradisional menggunakan kunyit serta gliserin terbukti berkhait untuk mengobati penyakit sariawan dengan cepat. Buatlah pasta kunyit yang telah ditumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 1 sendok teh gliserin. Letakkan ramuan tersebut di atas luka sariawan untuk meredakan sakitnya.

14. Minum Air Putih

Hampir setiap orang telah mengetahui khasiat dari air putih yang sangat baik untuk permasalahan kesehatan, salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit sariwan.

Sebagai salah satu cara untuk mencegah sariwan serta mengobati, air putih sebaiknya dikonsumsi sebanyak 8 gelas per hari sesuai dengan anjuran pakar kesehatan.

Proses terjadinya sariawan diawali dengan kondisi mulut yang kering akibat jumlah produksi air liur yang berkurang. Sehingga Anda bisa menggunakan air putih sebagai salah satu cara penyembuhan sariawan secara alami. Kondisi mulut yang selalu lembab dapat mencegah penyakit sariawan.

15. Hindari Merokok

Aktivitas yang satu ini tidak hanya menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru, melainkan juga dapat menjadi pemicu timbulnya sariawan.

Kandungan tembakau dalam rokok juga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit sariwan. Jadi, untuk mencegah dan mengobati sariawan, sebaiknya Anda menghindari aktivitas merokok.

16. Rajin Menggosok Gigi

Cara ampuh mengatasi sariawan yang dapat Anda lakukan adalah dengan membiasakan diri untuk rajin menggosok gigi serta menjaga kebersihan mulut dengan cara berkumur. Dengan kondisi multu yang selalu bersih, maka pertumbuhan bakteri penyebab sariawan dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

Demikian cara-cara alami menyembuhkan sariawan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi referensi yang bernilai positif bagi Anda.