-->

MENU

Gejala Penyakit Scabies Atau Kudis Dan Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami

Gejala Penyakit Scabies Atau Kudis Dan Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami
Scabies merupakan penyakit kudis yang dapat menimbulkan rasa gatal, munculnya keropang, hingga ruam kemerahan. Penyakit kulit yang satu ini termasuk dalam kategori penyakit menular melalui kontak fisik dengan penderita.

Gejala Penyakit Scabies Atau Kudis

Jadi, selama berada di area umum, sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak sembarang melakukan kontak fisik agar tidak mengalami penularan penyakit scabies. Selain itu Anda juga dapat selalu menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas menggunakan sabun.


Kudis merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Penderita akan merasakan gatal pada bekas gigitan serta menimbulkan ruam pada kulit. Bagian-bagian tubuh yang sering kali mengalami scabies adalah pada ketiak, punggung, siku, perut, pantat, kaki, tangan, pinggang, hingga di sekitar kemal*an.

Mengenal penyakit scabies bukanlah cara yang mudah. Sebab, jenis-jenis penyakit gatal pada kulit sangat beragam dengan tanda gejala yang hampir sama. Namun, penyakit scabies sendiri paling sering ditandai dengan adanya pola huruf S atau zig zag pada kulit, yang menandakan adanya tungau.

Cara Mengatasi Penyakit Scabies dengan Cara Alami 

Mengobati penyakit kudis secara alami tidak dapat dilakukan hanya dengan cara mandi. Ada berbagai macam cara pengobatan alami untuk scabies yang akan kami sajikan dengan khasiat terbaiknya. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

1. Air Garam

Salah satu cara mengobati penyakit kudis dengan cara ampuh adalah menggunakan air garam. Anda bisa berendam di dalam laut yang terjamin kebersihannya atau dengan cara membuat larutan air garam.

Siapkan air hangat di dalam baskom berukuran sedang, lalu tambahkan dengan beberapa sendok garam dapur. Aduk hingga rata dan masukkan anggota tubuh yang mengalami penyakit scabies.

Selama menjalani pengobatan alami dengan air garam, Anda akan merasakan gatal pada kulit yang terserang kudis. Lakukan perendaman hingga sekitar 15 menit atau sampai air mulai terasa dingin. Lakukan cara pengobatan tersebut pada pagi dan sore setiap hari.

2. Belerang

Siapa yang tidak mengetahui khasiat belerang yang berguna untuk mengatasi penyakit kudis. Cara termudah untuk menggunakan belerang sebagai pengobatan alami penyakit scabies adalah dengan mengunjungi pemandian air panas dengan kandungan belerang, yang sebagian besar berada di kawasan pegunungan.

Selain itu, Anda juga dapat membeli bubuk belerang di apotek terdekat dengan penawaran harga sekitar Rp 50.000,00 per 1 kg. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk belerang di rumah dan digunakan untuk berendam, dari pada harus selalu ke pemandian air panas.

3. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang terbukti memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan. Salah satunya adalah berguna untuk menyembuhkan scabies secara alami.
Oleskan lendir lidah buaya ke seluruh bagian kulit yang mengalami scabies. Tumbuhan berawarna hijau dengan duri tersebut akan membuat luka kudis cepat mengering serta mampu menghilangkan bekas luka scabies secara alami.

Walaupun lendir lidah buaya akan menyebabkan rasa gatal, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena efek samping tersebut hanya berlangsung singkat dan tidak membahayakan bagi tubuh. Penggunaan secara teratur justru akan memberikan hasil yang nyata bagi Anda ketika mengobati penyakit scabie secara alami.

4. Cuka

Merupakan salah satu bahan dapur yang berkhasiat untuk mengobati scabies dengan cara alami. Oleskan cuka apel ataupun cuka dapur di atas kulit yang terserang penyakit scabies, kemudian tunggu hingga mengering sebelum membilasnya dengan air bersih.

Pengobatan penyakit scabies secara alami menggunakan cuka akan menimbulkan rasa pedih pada bagian kulit. Sehingga Anda harus menahannya demi mendapatkan kesembuhan dari pengobatan alami penyakit kudis tersebut.

5. Kunyit

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kudis dengan cara alami adalah menggunakan ramuan kunyit yang dicampur minyak zaitun.

Siapkan beberapa batang kunyit yang telah dikupas dan dicuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Letakkan hasil tumbukan tersebut ke dalam wadah dan tambahkan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan ramuan tersebut ke atas permukaan kulit yang terjangkit penyakit scabies.

Efek samping yang ditimbulkan saat menggunakan ramuan tradisional tersebut adalah warna kuning yang membekas di permukaan kulit yang diolesi. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan efek samping tersebut, silahkan menambahkan tepung beras ke dalam ramuan kunyit dengan perbandingan sebanyak 3 : 1.

6. Daun Sirih

Salah satu jenis daun yang terbukti memiliki kandungan anti septik tersebut juga dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi scabies atau kudis. 

Rebus beberapa helai daun sirih hingga mendidih dan campurkan dengan garam. Masukkan air rebusan daun sirih tersebut ke dalam bak mandi dan gunakan untuk membasuh seluruh bagian tubuh.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ramuan daun sirih yang ditumbuk hingga halus, lalu oleskan ke seluruh bagian kulit yang sedang mengalami scabies. Kedua langkah tersebut akan sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit kudis dengan cara alami dan tradisional.

7. Minyak Lavender

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam minyak lavender terbukti berkhasit untuk mengobati scabies (kudis) secara alami. Siapkan minyak lavender secukupnya, lalu oleskan di seluruh bagian kulit yang terserang kudis, menggunakan kapas bersih.

Oleskan minyak lavender sambil melakukan pijatan ringan untuk menghilangkan parasit yang menjadi pemicu terjadinya penyakit scabies. Diamkan beberapa menit setelah melakukan pijatan dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan pengobatan secara alami untuk penyakit kudis ini dengan teratur.

8. Daun Mimba

Khasiat daun mimba sangat baik untuk mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh scabies. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghaluskan daun mimba, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami scabies atau kudis. Tunggu beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Daun mimba merupakan salah satu cara pengobatan alami penyakit scabies yang dapat digunakan, karena adanya kandungan anti bakteri di dalam tanaman tersebut.

9. Mencuci Pakaian dengan Air Panas

Selain berbagai macam cara menyembuhkan scabies secara alami di atas, Anda juga dapat mencegah penyakit tersebut dengan cara mencuci pakaian menggunakan air panas. Terlebih dahulu, Anda harus mencuci pakaian-pakaian tersebut menggunakan sabun hingga bersih.
Dengan cara pencegahan scabies secara alami tersebut, Anda akan meminimalisir menempelnya tungau di pakaian yang akan menjadi pemicu terjadinya penyakit scabies secara berlanjut.

10. Mengkudu

Merupakan jenis tanaman yang bermanfaat untuk permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit kudis (scabies).

Namun, berbeda dengan cara konsumsi buah mengkudu untuk menyembuhkan penyakit lainnya, untuk menyembuhkan scabies secara alami, Anda bisa mengoleskan buah mengkudu yang telah dihaluskan dengan blender dan telah disaring pada seluruh bagian kulit yang mengalami scabies.

Kemudian tempelkan sisa ampas buah mengkudu tersebut di atas kulit dan balut menggunakan kain bersih dan kering. Kedua langkah tersebut akan menjadi pengobatan ampuh mengatasi penyakit scabies. 

Itulah beberapa gejala penyakit scabies atau kudis dan cara mengobatinya dengan bahan alami yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi Anda.