-->

MENU

Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi
carapengobatanaku.blogspot.com - Penyebab terjadinya penyakit Asam Urat Tinggi dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin berkadar tinggi. Zat purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan seperti halnya daging, sayuran, kacang, ikan, dan makanan olahan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat perlu Pantang konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.. Asam urat dapat juga disebut sebagai sisa kandungan makanan yang telah kalian konsumsi, biasanya penyakit ini menyerang orang tua. Sama dengan Kolesterol, asam urat juga dapat penyebab timbulnya penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal.

Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi
Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Untuk Pantangan Asam Urat, dapat dilakukan dengan pantangan makanan yang dapat penyebab berlebihnya asam urat di dalam tubuh. Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah dari makanan yang wajib pantang.

Pantangan Makanan Asam Urat

Pantangan asam urat paling tinggi yang harus kamu jauhi adalah sebagai berikut
  1. Jeroan
  2. Ikan Laut
  3. Sayuran
  4. Kacang
  5. Makanan Olahan
  6. Alkohol
  7. Ikan Asin
Untuk lebih jelasnya saya akan membahas mengenai berbagai jenis makanan yang berbahaya untuk asam urat ini. Berikut ini, terdapat beberapa Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang mengandung banyak zat Purin :

Beberapa Pantangan Makanan Penyebab Asam Urat

Makan Daging

1. Daging Merah

Setiap orang dianjurkan untuk makan daging untuk memenuhi nutrisi pada tubuh, biasanya kebanyakan orang memilih mengkonsumsi daging merah. Tetapi patut anda ketahui daging yang berwarna putih sebetulnya lebih aman dikonsumsi dan memiliki kandungan yang lebih baik daripada daging merah itu karena setiap daging tidak mempunyai kandungan purin. 

2. Daging Kalkun

Kadar asam urat pada daging kalkun terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya, jadi sebaiknya untuk tidak makan daging tersebut dengan jumlah banyak. 

3. Daging bebek

Daging bebek memiliki kandungan serat yang tinggi yakni serat merah dan serat putih. Serat merah pada daging bebek memiliki kandungan protein yang rendah dan kandungan lemak tinggi. jadi sebaiknya kurang makan daging bebek ini karena kandungan lemaknya akan mengakibatkan kegemukan.

4. Hati Ayam

Pantangan daging yang terakhir ialah hati ayam. Salah satu penyebab munculnya Penyakit asam urat dan jantung adalah mengkonsumsi hati ayam yang berlebihan. hal ini karena hati ayam mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi dan bakteri campylobacter. untuk itu ketika anda akan mengkonsumsi hati ayam sebaiknya hati ayam dimasak dengan benar-benar matang agar terhindar dari dampak tersebut.

Makanan Laut

1. Ikan bandeng

Ikan merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin yang bagus untuk perkembangan otak dan kesehatan tubuh. tetapi ikan juga termasuk dalam makanan yang dipantang untuk penderita asam urat seperti ikan bandeng. penderita asam urat tidak diperbolehkan untuk makan ikan bandeng berlebihan cukup dengan 50 gram/hari saja agar asam urat tidak tinggi.

2. Udang

Udang merupakan salah satu makanan yang menyebabkan asam urat tinggi karena udang memiliki kandungan lemak tinggi dan rendah kolesterol maka bagi yang sudah menderita asam urat tinggi sebaiknya untuk menghindari seafood yang enak ini.

3. Lobster 

Selain sebagai salah satu makanan pantangan penyebab asam urat lobster juga penyebab penyumbatan pembuluh darah karena lemak jenuh yang terkandung pada lobster sangat tinggi. untuk itu sebaiknya anda menghindari makan lobster yang berlebihan.

4. Kerang

Selain udang dan lobster, kerang juga mengandung lemak jemuh yang tinggi yang menyebabkan asam urat tinggi.  sebaiknya untuk tidak makan kerang dalam jumlah porsi yang banyak atau setiap hari.
Sayur-Sayuran

1. Kangkung

Sayuran sangatlah penting untuk dikonsumsi karena termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna tetapi, ada sayuran yang tidak patut dikonsumsi dengan berlebihan karena dapat menyebabkan asam urat tinggi, contohnya kangkung dan bayam. karena kangkung dapat menjadi lemak jenuh dan mengandung kadar asam dalam darah yang dapat menyerang persendian.

2. Biji melinjo

Selain kangkung, Biji melinjo juga dapat menjadi salah satu jenis sayuran yang dapat menyebabkan asam urat. biji melinjo biasanya diolah menjadi emping yang biasa untuk cemilan tetapi dalam mengkonsumsi emping sebaiknya tidak berlebihan karena 100g emping melinjo terdapat 50-150mg zat purin hal itu yang menyebabkan timbulnya penyakit asam urat.

Kacang-kacangan

1. Kacang Hijau

Kacang hijau mempunyai banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh tetapi konsumsi kacang hijau yang banyak dapat menyebabkan penyakit asam urat tinggi karena kacang hijau mengandung zat purin yang tinggi.

2. Kacang Mete

Kacang Mete juga termasuk jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi maka sebaiknya hindari makan kacang mete yang berlebihan karena dapat menyebabkan asam urat dan gangguan pada persendian anda. 

3. Kacang Kedelai

Selain kacang hijau dan kacang mete, Kedelai juga sebagai salah satu makanan pantangan penyebab asam urat tinggi.

Makanan Olahan

1. Kornet sapi

Kornet sapi juga mempunyai kandungan zat purin tinggi sama seperti daging sapi yang segar maka sebaiknya jangan makan daging olahan ini berlebihan karena dapat menyebabkan asam urat tinggi.

2. Minuman manis

Minuman manis merupakan minuman yang paling banyak disukai orang, biasanya minuman manis banyak dikonsumsi sehari-hari ataupun saat berbuka puasa. tetapi dibalik rasa yang manis minuman manis dapat menyebabkan asam urat. maka sebaikanya untuk mengurangi minum minuman manis agar terhindar dari asam urat tinggi. 

3. Roti Manis

Selain minuman manis, roti manis juga dapat menyebabkan asam urat tinggi karena pada roti manis terdapat kandungan 100-1.000mg zat purin dalam 100 gram roti manis. 

4. Tempe

Tempe menjadi salah satu penyebab asam urat karena bahan utama pembuat tempe adalah kacang kedelai, kacang kedelai mempunyai kandungan zat purin tinggi yang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Mungkin itu saja ulasan dari beberapa pantangan penyebab asam urat tinggi, sebaiknya hindari beberapa makanan yang kami sebutkan diatas agar tidak menderita penyakit asam urat dan untuk selebihnya konsultasikan penyakit anda ke dokter. semoga apa yang kami tulis dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Terima kasih