-->

MENU

Pantangan Makanan Dan Buah-Buahan Ibu Hamil

Pantangan Makanan Dan Buah-Buahan Ibu Hamil
Pantangan Makanan dan Buah-Buahan Ibu Hamil memang begitu banyak, mulai dari yang makanan yang mempunyai rasa asin, Buah-buahan yang tidak dicuci sampai bersih, bahkan sampai Makanan Memakai Pewarna, tidak dapat sembarangan dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan sesuatu yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan dikonsumsi oleh janin yang berada di dalam perut ibu hamil.

Pantangan Makanan Dan Buah-Buahan Ibu Hamil
Pantangan Makanan Dan Buah-Buahan Ibu Hamil

Kata nenek moyang kita yang terdahulu ternyata ibu hamil tidak boleh makan makanan sembarangan. banyaknya pantangan bagi ibu hamil membuat mereka merasa takut atau cemas ketika akan makan makanan dan buah-buahan tersebut, karena ibu hamil berfikir akan mengganggu kesehatan janin di dalam perutnya. Jika kamu menanggapi kata nenek moyang kamu sudah pasti ada sedikit makanan yang boleh di makan oleh ibu hamil. Membicarakan cerita nenek moyang kamu memang tidak akan ada habisnya. Jadilah ibu hamil yang pintar, dapat membedakan mana cerita terdahulu dan yang mana kenyataan. Dengan itu, ibu hamil masih dapat memakan makanan yang bergizi tanpa terpengaruh dengan cerita nenek moyang kamu dan cerita di lingkungan sekitar kita.

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

Sekarang zaman sudah begitu canggih. Kedokteran semakin berkembang dengan cepat, oleh sebab itulah tidak ada manfaatnya jika percaya pada cerita-cerita zaman dahulu kala. Percayalah pada kedokteran yang memberikan riset dan penelitian lebih nyata dibandingkan dengan cerita-cerita dahulu kala. Dibawah ini adalah makanan dan buah-buahan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil :

1. Makanan Setengah Matang

Kamu memasak setengah matang seperti daging atau telur bisa membuat janin terkena infeksi bakteri, karena di dalam makanan setengah matang terdapat begitu banyaknya bakteri. Oleh sebab itu ibu hamil sangat pantang mengkonsumsi makanan setengah matang.

2. Makanan Memakai Pemanis Buatan

Sistem saraf terganggu, jantung dan paru-paru bayi tidak berkembang dan infeksi dikarenakan mengkonsumsi makanan yang ada pemanis buatannya. Oleh sebab itu bagi ibu hamil sangatlah pantang memakan makanan yang ada pemanis buatan.

3. Tape

Pantangan makanan ibu hamil yang ketiga yaitu Tape. Tape adalah hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape memakai ragi. Semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak baik untuk ibu hamil dikarenakan mengandung bahaya alkohol pada saat hamil. Kalian sama-sama mengetahui bahwa alkohol sangatlah berbahaya untuk ibu hamil.

4. Sushi

Makanan khas jepang ini sangat dilarang bagi ibu hamil untuk mengkonsumsinya karena diolah dengan menggunakan bahan mentah tentunya bahan mentah ini tidak steril dan mengandung bibit penyakit. kalau ibu hamil makan sushi, kesehatan janin akan terganggu terutama pada cairan di saraf kepala akan mengalami pembengkakan, ketika lahir kepala bayi akan besar.

Dibawah ini beberapa bakteri yang terdapat pada sushi :
  • Bakteri salmonella yang mengakibatkan diare.
  • Bakteri coliform.
  • Toksoplasmosis adalah bakteri yang dapat mengakibatkan janin mengalami penyakit tokso. 
5. Lalapan Mentah

Lalapan Mentah merupakan makanan yang banyak anda temui baik makan dirumah ataupun direstoran, lalapan mentah sangatlah enak dan segar untuk dimakan tetapi itu tidak diperuntukan atau pantangan bagi ibu hamil karena lalapan mentah masih mengandung banyak bakteri dan kuman.

6. Seafood Mentah
 ketika mendengar kata seafood sudah pasti yang dibayangan anda adalah makanan yang begitu nikmat untuk dikonsumsi, seafood disajikan mentah ada juga yang matang bagi ibu hamil sangatlah menjadi pantangan jika mengkonsumsi seafood mentah karena masih mengandung bakteri sama hal nya dengan sushi tapi kalau seafood matang boleh dikonsumsi tetapi tidak boleh makan banyak. 

7. Keju

Para ibu hamil mengira bahwa keju itu baik jika dikonsumsi mereka karena keju terbuat dari susu dan yang mereka tau susu merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. tetapi itu salah karena keju berbahaya bagi ibu hamil terutama pada keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi. dibawah ini beberapa jenis keju yang tidak dilakukan proses dipasteurisasi :
  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Feta
  • Blue Cheese
  • Roquett
8. Makanan Asin

Makanan asin jangan dimakan karena akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Ibu hamil dalam proses persalinan yang memiliki tekanan darah tinggi akan sangat beresiko besar.

9. Makanan Memakai Pengawet

Salah satu makanan yang perlu dihindari bagi ibu hamil adalah makanan yang mengandung bahan pengawet. Makanan yang mengandung bahan pengawet bisa merusak fungsi otak pada janin.

10. Makanan Memakai Pewarna Buatan

Ibu hamil harus bisa teliti dalam memilih makanan. Hindari memilih jajanan dengan memakai bahan pewarna karena dapat menyebabkan janin terkena kanker usus dan penyakit kanker lainnya.

Buah-Buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain makanan ada juga beberapa buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan sangat berbahaya untuk ibu yang sedang hamil. Dibawah ini adalah buah-buahan yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil :

1. Buah Kepel

Selain rasanya sangat lembut, buah kepel ini sangat wangi. tetapi ibu hamil sangat berpantangan dengan buah yang satu ini, karena dapat menyebabkan keputihan yang berlebihan, itu bisa menyebabkan gangguan pada janin.

2. Buah Durian

Dalam dunia kedokteran, buah durian tidaklah disarankan untuk ibu hamil. Buah durian banyak mengandung alkohol dan sangat keras baunya. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akibatnya perut akan panas. Berakibat keguguran.

3. Buah Pepaya Muda

Buah Pepaya sangatlah dianjurkan untuk ibu hamil karena dengan ibu hamil memakan buah pepaya bisa melancarkan saluran pencernaan. Yang berpantangan untuk ibu hamil adalah pepaya yang masih muda, ini bisa menyebabkan kontraksi dan lahir prematur dan gatal.

4. Buah Nangka

Buah yang berwarna kuning ini sangat menggoda kita. Tetapi siapa sangka jika dibalik rasanya enak dan buah nangka banyak mengandung alkohol. Jika dimakan berlebihan, maka ibu hamil akan mengalami keguguran.

5. Buah Nanas

Pantangan buah-buahan ibu hamil adalah buah nanas mungkin membuat ibu hamil muda mengidam dan ingin merasakan buah tersebut. Tetapi, kedokteran mengatakan bahwa memakan nanas pada saat hamil tidak boleh, Karena buah nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lembek sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.

6. Buah Yang Dikalengkan

Pada jaman sekarang ini kebanyakan orang memilih makanan yang sifatnya instant karena selain gampang tinggal makan juga menghemat waktu memasak, tidak hanya makanan yang bersifat instant buah-buahan pun diolah dan dikemas dalam kaleng, tentunya buah yang dikalengkan mengandung bahan pengawet dan tidak segar lagi, untuk para ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk yang sudah dikalengkan karena bahan pengawetnya sangatlah berbahaya untuk janin anda.

7. Buah Cempedak

Buah Cempedak termasuk salah satu buah musiman yang susah didapatkan, buah cempedak juga merupakan buah memiliki aroma yang khas dan rasanya yang manis membuat kita tergoda untuk menikmatinya. untuk ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi buah yang manis ini karena akan berakibat kontraksi pada kehamilan anda.

8. Buah Yang Tidak Dicuci

Pantangan untuk ibu hamil yang terakhir adalah mengkonsumsi buah-buahan yang tidak dicuci, mengkonsumsi banyak buah-buahan segar sangatlah baik untuk kesehatan tubuh apalagi untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan buah tetapi sebelum memakan buah sebaiknya cuci bersih dulu buah yang akan di konsumsi untuk menjaga tubuh anda dari bakteri dan kuman penyebab penyakit. apalagi dalam perkebunan buah para petani menggunakan pestisida untuk membunuh hama pada tanamannya jadi kalau buah-buahan tidak dicuci sebelum dimakan maka pestisida yang menempel pada buah akan ikut termakan oleh anda dan itu sangat membahayakan kesehatan anda dan janin anda.

Baca juga :
Demikianlah ulasan diatas tentang Pantangan Makanan dan Buah-buahan bagi hamil semoga bermanfaat bagi ibu hamil dan telitilah dalam memilih makanan yang akan ada konsumsi demi kesehatan janin anda.