-->

MENU

7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
7 Cara efektif mengatasi perut kembung pada bayi - Masalah utama yang di alami pada masa awal pertumbuhan bayi yaitu pada pencernaan yang dikarenakan sistem percernaan belum dapat bekerja secara sempurna salah satu nya perut kembung pada bayi yang membuat bayi menjadi rewel atau menangis terus menerus hal ini kerap kali membuat para ibu sangat khawatir akan keadaan bayinya.

7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
7 Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi disebabkan oleh banyak faktor yang antara lain saat menyusui terdapat gas yang masuk kedalam tubuh bayi, tidak cocok dengan sufornya, penggunaan kipas angin yang langsung ke arah tubuh bayi, menangis berlebihan,sensitif pada makanan tertentu dan lain sebagainya. maka ketika bayi anda menangis tanpa sebab cobalah anda cek pada perut bayi jika perut keras, perut lebih besar dibanding sebelumnya dan ketika anda pukul secara perlahan terdengar suara kembung atau seperti banyak udara didalam perutnya itu menandakan perut bayi kembung. jika terjadi hal itu para ibu tidak perlu panik untuk mengatasinya tetaplah fokus dan lakukan salah satu dari beberapa tips dibawah ini :

Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 

1. Mengubah cara menyusui yang benar

Cara efektif mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah dengan mengubah cara menyusuinya dengan benar. cara menyusui yang salah merupakan faktor utama penyebab perut kembung pada bayi karena ketika itu membuat banyak gas yang masuk kedalam perut bayi. apabila bayi menyusui ASI pastikan kepala bayi berada lebih tinggi dari perutnya, dan untuk penggunaan dot pastikan ukuran lubang dot serta karet dot sesuai dengan umur bayi, untuk posisi juga sama kepala lebih tinggi dari perut.

2. Buat bayi anda bersendawa 

Selain dengan teknik menyusui yang benar, sendawa juga dapat mengatasi dan mencegah perut kembung pada bayi. setiap selesai menyusui usahakan untuk membuat bayi bersendawa dengan cara menggendong bayi dengan posisi tegak dan kepala menyandar pada bahu bunda lalu tepuk - tepuk punggung si bayi pelan-pelan sampai bayi bersendawa.

3. Mengoleskan minyak telon

Minyak telon telah dikenal mempunyai khasiat untuk menghangatkan tubuh bayi dan melindungi bayi dari gigitan nyamuk, selain itu minyak telon juga memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi perut kembung pada bayi, dengan mengoleskan minyak telon pada bagian perut dan punggung sambil memijat nya dengan lembut maka gas yang terdapat pada tubuh bayi akan keluar. metode ini merupakan cara yang paling efektif dalam mengatasi perut kembung pada bayi.


4. Menggunakan bawang merah 



Pada jaman dahulu karena belum ada minyak telon para ibu menggunakan bawang merah untuk mengobati perut kembung bayi. tidak hanya pada jaman dahulu sekarang ini juga masih banyak yang menggunakan cara tradisional ini karena manfaatnya sangat efektif untuk masalah perut kembung pada bayi. caranya dengan memarut bawang merah kemudian gosokan perlahan pada perut dan punggung bayi hingga sari pada bawang merah meresap dan menghangatkan tubuh bayi sehingga gas dalam perut bayi akan keluar. 

5. Mengganti susu formula 

Selain menggunakan minyak telon dan bawang merah, dengan susu formula yang biasanya di minum bayi juga dapat membantu anda dalam mengatasi perut kembung pada bayi. karena susu formula juga termasuk dari salah satu penyebab perut kembung pada bayi. susu formula yang mengandung banyak lemak akan membuat bayi sulit mencernanya hal ini akan menghasilkan banyak gas di perutnya jadi kalau bayi anda ketika diberi susu formula mengalami perut kembung maka hentikan pemakaiannya dan gantilah susu formulanya dengan merek lain.

6. Minumkan Air Hangat 

Air hangat merupakan salah satu cara efektif untuk masalah perut kembung, dengan meminumkan bayi air hangat akan dapat mendorong gas yang ada dalam tubuh untuk keluar melalui kentut. perlu diketahui cara ini dapat dilakukan pada bayi berumur diatas 6 tahun dan tidak bisa di gunakan pada bayi berumur dibawah 6 bulan, untuk bayi dibawah umur 6 bulan cukup si ibu yang rutin minum air hangat.

7. Bayi Harus Tetap Aktif 

Langkah yang terakhir adalah dengan membiarkan untuk tetap aktif. gerakan aktifnya bayi akan dapat membantu proses pencernaan agar lebih maksimal dan membantu mengeluarkan gas melalui kentut atau sendawa maka perut kembung pada bayi akan teratasi. 

Baca juga :
Demikianlah 7 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi, pilihlah satu cara diatas jika bayi anda mengalami masalah tersebut, dan sedikit catatan untuk ibu menyusui tetaplah jaga makan anda karena asi berasal dari sari apa yang ibu makan. semoga bermanfaat.