-->

MENU

Pengobatan Terbaik Untuk Mengatasi Sengatan Lebah

Pengobatan Terbaik Untuk Mengatasi Sengatan Lebah
Pengobatan untuk Mengatasi Sengatan Lebah - Beberapa di antara kita tentu pernah merasakan sengatan lebah. Rasa nyeri luar biasa dan pembengkakan pada bekas sengatan tentu akan membuat Anda merasa tersiksa serta enggan merasakan kejadian itu kembali.

Untuk mengatasi sengatan lebah, tentu Anda akan membutuhkan tips kesehatan yang terbukti berkhasiat, terutama dengan berbagai bahan-bahan alami. 

Pengobatan Terbaik Untuk Mengatasi Sengatan Lebah

Ciri-ciri Tubuh yang Disengat Lebah

Secara umum, sengatan lebah bukanlah permasalahan berbahaya dan tidak dapat berujung pada kematian. Namun, banyak mitos yang menyebutkan bahwa sengatan lebah juga dapat membuat seseorang meninggal. Sayangnya hal tersebut masih belum ada pembuktian secara ilmiah.
Beberapa ciri-ciri yang ditimbulkan pada bagian kulit yang disengat lebah yaitu :

1. Pembengkakan kecil 
2. Terasa gatal 
3. Muncul iritasi
4. Terasa ngilu atau perih

Selain itu, ada sebagian orang yang akan mengalami alergi ketika disengat lebah. Tanda gejala sengatan lebah pada orang-orang yang alergi antara lain :

1. Merasa gelisah dan disertai kecemasan
2. Detak jangkut bertambah kencang
3. Serak dan sulit bernafas
4. Gatal pada bagian tubuh yang tidak diserang
5. Sulit untuk bernafas

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Sengatan Lebah

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika disengat oleh lebah adalah melakukan pengecekan apakah sengat lebah masih tertinggal di bagian kulit yang diserang. Jika iya, maka Anda harus mencabutnya untuk menghindari infeksi. Selain itu, Anda bisa melanjutkan pengobatan untuk sengatan lebah menggunakan bahan alami berikut.

1. Buah Pepaya

Cara mengobati sengatan lebah yang pertama yaitu menggunakan buah pepaya. Kandungan papain dalam buah tersebut dapat memecah protein pada racun sengatan.

Namun, Anda juga harus waspada terhadap alergi lateks. Segera hentikan pengobatan alami untuk sengatan lebah tersebut jika muncul ruam pada kulit yang Anda olesi dengan buah pepaya.

2. Pengobatan dengan Cuka

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengobati sengatan lebah adalah menggunakan cuka yang dicampurkan dengan baking soda hingga membentuk pasta. Oleskan pasta dari cuka tersebut pada bagian tubuh yang disengat oleh lebah dan diamkan beberapa waktu sesuai dengan keinginan.

Pengobatan sengatan lebah dengan cuka terbukti mampu menetralkan racun yang diakibatkan oleh sengatan lebah. Selain itu, bahan alami yang satu ini juga mampu mengatasi ketidaknyaman setelah mendapatkan sengatan dari lebah.

3. Es Batu

Selain menggunakan cuka, pengobatan sengatan lebah secara alami juga bisa dilakukan dengan cara pengompresan menggunakan es. Solusi kesehatan yang satu ini bertujuan untuk membuat bagian yang disengat lebah menjadi mati rasa.

Cara penggunaannya sangat mudah, kompres es pada area yang disengat selama 15 menit dan tidak lebih. Maka rasa nyeri yang diakibatkan oleh sengatan lebah akan segera menghilang.
4. Minyak Essensial

Golongan minyak essensial seperti minyak jarak dan minyak lavender juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sengatan lebah secara alami dan ampuh. Cara pengobatan sengatan lebah ini sangat mudah diterapkan. Anda hanya perlu mengoleskan minyak essensial tersebut di bagian yang nyeri dan bengkak.

5. Pasta Gigi

Zat alkalin di dalam pasta gigi terbukti mampu menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Salah satunya yaitu racun akibat sengatan lebah. Selain alkalin, adanya gliserin dalam pasta gigi juga dapat mengeluarkan racun.
Jika muncul ruam setelah menggunakan pengobatan sengatan lebah ini, sebaiknya Anda mencuci bagian tubuh yang telah diolesi dengan pasta gigi sampai benar-benar bersih.

6. Lidah Buaya

Pengoabatan sengatan lebah yang terakhir adalah menggunakan lidah buaya. Haluskan tanaman berduri tersebut dan tambahkan dengan sedikit madu. Aduk hingga rata dan oleskan di bagian tubuh yang disengat lebah.


Demikian tips kesehatan mengenai pengobatan untuk mengatasi sengatan lebah yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.