-->

MENU

Pengobatan Kapalan Pada Kaki Dan Tangan Dengan Bahan-Bahan Alami Tradisional

Pengobatan Kapalan Pada Kaki Dan Tangan Dengan Bahan-Bahan Alami Tradisional
Pengobatan Kapalan pada Kaki dan Tangan - Kapalan  merupakan penebalan pada area kulit yang terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan secara terus menerus. Masalah yang satu ini seringkali muncul pada telapak atau jari-jari kaki dan tangan.

Pengobatan Kapalan Pada Kaki Dan Tangan Dengan Bahan-Bahan Alami Tradisional

Jika dalam kategori parah, kapalan ditandai dengan pembengkakan, rasa sakit ketika disentuh, hingga peradangan pada kulit. Pada dasarnya, kapalan dapat sembuh seiring berjalannya waktu tanpa adanya pengobatan. Namun, jika merasa terganggu dengan permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan pengobatan alami di bawah ini.

Cara Pengobatan Kapalan dengan Bahan-bahan Alami 

1. Kulit Nanas

Kulit nanas merupakan salah satu bahan alami yang berperan sebagai pengobatan sakit kapalan. Cara penyajiannya juga sangat mudah dan dapat digunakan untuk pria maupun wanita.

Rendam kaki atau tangan Anda yang mengalami kapalan dalam waskom sedang yang berisi air hangat dengan durasi antara 15 hingga 30 menit. Setelah itu, tempelkan kulit nanas pada bagian yang kapalan dan rekatkan menggunakan perban.

Pengobatan alami untuk kapalan ini dapat dilakukan sebelum tidur malam hingga pagi selama 4 hari berturut-turut.

2. Baking Soda

Bahan dasar pembuatan kue ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati kapalan secara alami dan ampuh. Caranya cukup mudah untuk dilakukan dan terhitung sangat ekonomis. 
Pertama-tama, campurkan baking soda dengan air hangat dalam baskom berukuran sedang. Aduk hingga rata dan gunakan ramuan tersebut untuk merendam bagian tubuh Anda yang mengalami kapalan. Lakukan pengobatan alami kapalan dengan baking soda tersebut selama 15 menit.

3. Getah Kamboja

Kamboja merupakan jenis bunga yang sangat mudah ditemukan di sekitar lokasi tempat tinggal. Getah dari tanaman tersebut sudah banyak digunakan untuk mengobati kapalan secara alami.

Caranya sangat mudah, teteskan getah kamboja secara langsung di bagian yang mengalami kapalan. Diamkan beberapa menit dan akhiri dengan mencuci bagian yang telah diolesi menggunakan getah kamboja tersebut.

Pengobatan kapalan secara alami dengan getah kamboja bukanlah solusi yang instan. Sehingga Anda harus melakukannya secara rutin hingga kapalan menghilang.

4. Bubuk Kopi

Kopi merupakan bahan alami yang juga sangat populer digunakan untuk mencerahkan dan meningkatkan kelembapan pada kulit. Pengobatan alami untuk kapalan ini dilakukan dengan mengkombinasikan antara kopi bubuk dengan minyak zaitun.

Gunakan lulur dari kopi dan minyak zaitun dengan takaran secukupnya. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang mengalami kapalan. Lakukan pemijatan saat mengoleskan ramuan tersebut dan bersihkan menggunakan air bersih saat lulur alami dari kopi itu sudah mengering.

5. Bawang Putih

Pengobatan untuk kapalan secara alami berikutnya juga dapat menggunakan bawang putih yang dicampurkan dengan cuka. Caranya sangat mudah dilakukan. Letakkan campuran bawang putih yang dihaluskan dengan cuka di bawah sinar matahari. 

Kemudian gunakan ramuan tersebut sebelum tidur malam hari dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang kapalan. Dengan penggunaan yang teratur, ramuan ini terbukti mampu mengobati kapalan secara alami.

6. Pepaya Mentah

Buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi kapalan. Caranya, haluskan buah pepaya terlebih dahulu dan oleskan pada bagian yang kapalan. Lakukan secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari, maka kapalan yang Anda alami akan segera sembuh.

7. Kulit Lemon

Kandungan dalam kulit lemon memiliki kemampuan yang baik untuk menyembuhkan kapalan secara alami. Caranya yaitu dengan menempelkan bagian dalam kulit lemon pada area yang kapalan. Tutup dengan perban selama beberapa jam dan lakukan secara rutin.
Itulah tips kesehatan untuk pengobatan kapalan pada kaki dan tangan yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.