-->

MENU

Pengobatan Masalah Bibir Pecah-Pecah Secara Alami Dan Sederhana

Pengobatan Masalah Bibir Pecah-Pecah Secara Alami Dan Sederhana
Pengobatan Bibir Pecah-Pecah - Kondisi bibir yang pecah-pecah merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang ditandai dengan pengelupasan pada kulit bibir dan nampak adanya retakan. Biasanya kondisi tersebut juga dapat menimbulkan rasa perih serta perdarahan ringan, terutama saat bibir diregangkan.

Pengobatan Masalah Bibir Pecah-Pecah Secara Alami

Penyebab terjadinya bibir pecah-pecah sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu udara yang terlalu dingin dan panas. Selain itu, faktor penyebab masalah bibir pecah-pecah lainnya bisa di sebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Penyebab Bibir Pecah-pecah
  • Mengalami masalah panas dalam
  • Merokok
  • Kebiasaan menjilat bibir
  • Paparan sinar matahari
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan

Cara Pengobatan Masalah Bibir Pecah-pecah secara Alami dan Ampuh 

1. Sayur Wortel

Pengobatan untuk bibir pecah-pecah yang pertama yaitu menggunakan sayur wortel. Sayur berwarna oranye ini mampu melembabkan bibir, memerahkan, serta membuang sel kulit yang mati.
Cara pengolahannya yaitu dengan mengupas wortel yang telah dicuci bersih. Kemudian parut hingga halus. Tambahkan sedikit air dan peras parutan wortel tersebut. Minum airnya secara rutin, sedangkan ampasnya dioleskan pada area bibir yang kering.

2. Lidah Buaya

Tanaman yang satu  ini tentu sudah tidak diragukan lagi mengenai khasiatnya yang mampu mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan. Salah satunya adalah mengobati bibir pecah-pecah secara alami.

Caranya, oleskan gel lidah buaya pada area bibir, sehingga masalah bibir pecah-pecah akan segera teratasi.

3. Sayur Mentimun

Kandungan air yang tinggi dalam sayur mentimun ternyata bersifat seperti lendir, sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai pengobatan bibir pecah-pecah secara alami.

Cara penyajiannya yaitu dengan menghaluskan mentimun secukupnya dan dioleskan pada bibir secara merata. Lakukan dengan pemijatan lembut seama 5 menit untuk membuat ramuan tersebut lebih meresap dan diamkan hingga 15 menit sebelum membilasnya dengan air.

4. Hindari Penggunaan Lipstik

Untuk pengobatan masalah bibir pecah-pecah, sebaiknya Anda menghindari penggunaan lipstik untuk sementara waktu. Penggunaan lip balm maupun lip gloss juga tidak dianjurkan karena hal tersebut dapat memperparah masalah tersebut.

5. Air Putih

Masalah bibir pecah-pecah tentu dapat diatasi dengan meningkatkan cairan tubuh. Dalam sehari, Anda harus meminum air putih paling sedikit 8 gelas. Selain itu, masalah dehidrasi akibat kekurangan cairan juga dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah yang Anda alami.

6. Madu Murni

Pengobatan bibir pecah-pecah dengan madu tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Madu memiliki kandungan mineral essensial yang mampu menjaga kelembapan pada bibir serta melindungi dari paparan sinar matahari.

Cara pengobatan bibir pecah-pecah secara alami ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengoleskannya di seluruh bagian bibir pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

7. Buah Tomat

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tomat dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan bibir pecah-pecah secara ampuh. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan madu pada irisan buah tomat, sebelum mengoleskannya pada bibir.

8. Hindari Pernafasan Melalui Mulut

Hembusan nafas melalui mulut yang terlalu sering juga dapat membuat bibir cepat mengering hingga pecah-pecah. Biasanya hal ini banyak dialami oleh para atlit renang yang terlalu sering menggunakan mulut saat mengambil nafas.

9. Buah Jeruk

Sama halnya dengan tomat, vitamin C tinggi yang terkandung dalam buah jeruk dapat dimanfaatkan untuk pengobatan bibir pecah-pecah secara alami. Sebaiknya Anda mengkonsumsinya secara langsung, tanpa mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah secara alami. Penggunaan bahan alami yang satu ini dapat membuat bibir Anda senantiasa dalam keadaan lembap serta mengatasi bibir yang menghitam.
Nah, itulah beberapa tips pengobatan bibir pecah-pecah secara alami yang dapat kami bagikan. Semoga menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi Anda.