-->

MENU

Pengobatan Alami Pada Ibu Hamil Yang Mengalami Mual Muntah

Pengobatan Alami Pada Ibu Hamil Yang Mengalami Mual Muntah
Pengobatan Alami Mual Muntah pada Ibu Hamil Trimester Pertama - Anda sedang hamil muda dan mengalami mual muntah? Hal tersebut merupakan keluhan yang lazim terjadi dan dapat dikatakan normal terjadi pada bumil atau ibu hamil. Asalkan kondisi ibu dan janin masih sehat dan tidak berdampak pada dehidrasi, dengan ciri fisik ibu yang nampak lemas, bahkan sampai terjadi penurunan kesadaran, maka bumil tidak perlu khawatir

Pengobatan Alami Pada Ibu Hamil Yang Mengalami Mual Muntah

Lantas, adakah solusi pengobatan mual muntah pada kehamilan yang dapat digunakan untuk mengatasi keluhan tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Mengobati Mual Muntah pada Kehamilan Muda

1. Minum Jahe

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Australia, jahe ternyata memiliki khasiat sebagai pengobatan mual muntah pada kehamilan muda, yang aman dikonsumsi.

Jika Anda salah satu wanita hamil dengan keluhan mual muntah, maka Anda bisa membuat air rebusan jahe sebanyak 300 ml untuk sekali minum. Lakukan secara rutin, maka pengobatan alami mual muntah kehamilan ini dapat segera teratasi.

2. Konsumsi Susu Ibu Hamil

Cara pengobatan mual muntah pada masa kehamilan selanjutnya juga dapat dilakukan dengan rutin meminum susu ibu hamil. Biasanya susu ibu hamil dilengkapi dengan vitamin B6, yang berguna untuk mencegah mual muntah dalam masa kehamilan.

3. Hindari Makanan Pemicu Mual dan Muntah

Untuk pengobatan mual muntah pada ibu hamil, sebaiknya senantiasa menghindari makanan yang dapat membangkitkan gangguan tersebut. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah yang mengandung tinggi lemak, minyak, serta pedas.

4. Menggunakan Aroma Therapy

Terapi aroma merupakan salah satu usaha pengobatan mual muntah pada masa kehamilan. Dengan mencium aroma yang segar, ibu hamil akan merasa lebih rileks serta melupakan masalah mual muntah yang sedang dialaminya.

Namun, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya sebelum menggunakan aroma therapy, karena tidak semua terapi aroma bisa digunakan untuk ibu hamil.

5. Sering Makan Camilan

Ketika mual muntah, Anda tidak harus dituntut untuk makan dalam porsi besar sekaligus. Hal tersebut justru dapat memperparah masalah yang sedang Anda alami. Untuk menyiasati hal tersebut, pengobatan ibu hamil dengan mual muntah yang bisa digunakan adalah sering memakan camilan.

Usahakan perut tetap terisi, demi menjaga kesehatan janin, dengan porsi sedikit-sedikit tapi sering.

6. Minum Air Perasan Lemon

Pengobatan mual muntah pada ibu hamil berikutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan jeruk lemon. Caranya, peras buah lemon secukupnya dan tambahkan dengan air hangat serta sedikit madu. Minum secara rutin maka rasa mual yang Anda alami akan segera menghilang.

7. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Hamil dengan Mual Muntah

Salah satu upaya pengobatan mual muntah pada ibu hamil yang juga terbukti keampuhannya yaitu dengan memakan makanan tinggi karbohidrat. Beberapa di antaranya yaitu kentang, roti, singkong, biskuit, ubi-ubian, dan sebagainya.

Ketika nafsu makan mulai bertambah, Anda juga bisa mengkombinasikan dengan bayam, daun ubi, daun katuk, dan lain-lain. Selanjutnya, silahkan konsumsi tomat, pisang, melon, mangga, dan pepaya.


Sedangkan menu makanan yang mengandung vitamin B6 sebagai pencegah rasa muala antara lain kacang-kacangan, hati, daging, jamur, gandum, ikan, tebu, sirup, dan sebagainya.

8. Jangan Langsung Bangun

Penting diketahui bahwa pengobatan alami untuk mual muntah kehamilan yaitu tidak langsung bangun saat pagi hari. Usahakan untuk berdiam sejenak dan mengatur pernafasan. Selajutnya, Anda bisa memakan camilan yang telah disiapkan.

Setelah itu, barulah Anda bisa bangun untuk memulai aktivitas. Walaupun terlihat sepele, tetapi cara ini terbukti mampu mengatasi mual muntah yang Anda alami.


Demikian artikel tentang pengobatan mual muntah secara alami pada kehamilan trimester pertama yang dapat kami sampaikan. Semoga tips di atas dapat membantu permasalahan yang sedang Anda alami.