-->

MENU

Pengobatan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Pengobatan Kolesterol Tinggi Secara Alami
Pengobatan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Pengobatan Kolesterol Tinggi secara Alami - Penyakit kolesterol tinggi menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang seringkali menyerang orang-orang dewasa dan telah berusia lanjut. Selain menimbulkan gejala yang mengganggu, kolesterol tinggi juga dapat berdampak pada penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung dan stroke.

Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit kolesterol tinggi dapat menyerang pada usia dini. Oleh sebab itu, sepatutnya masyarakat segera mengetahui pengobatan alami penyakit kolesterol tinggi, beserta penyebab dan tanda gejalanya. Nah, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Penyebab Kolesterol Tinggi
  • Obesitas atau kegemukan
  • Faktor usia
  • Merokok
  • Minum minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan tidak sehat
  • Kurang olahraga
  • Faktor keturunan
  • Adanya riwayat kolesterol dalam keluarga
Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi

1. Sering Sakit Kepala

Kandungan kolesterol jahat yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan arteriosklerosis (pembuluh darah yang mengeras) sehingga aliran darah menuju otak menjadi terhambat.

2. Rasa Pegal di Pundak dan Tengkuk

Adanya penumpukan lemak dalam pembuluh darah juga mampu membatasi suplai oksigen pada area tubuh tertentu sehingga menimbulkan rasa pegal.

3. Kesemutan

Pada kasus ini, kolesterol sudah menumpuk dan menggumpal sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar.

4. Cepat Mengantuk

Aliran darah menuju otak yang terhambat juga dapat menimbulkan seseorang cepat mengantuk. Apabila Anda sering mengalami gejala 3 L, yaitu letih, lesu, dan lemah, maka segeralah memeriksakan kadar kolesterol pada dokter.

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi secara Alami

1. Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat sebagai pengobatan kolesterol tinggi. Kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dalam buah delima mampu menurunkan kolesterol jahat.

Berdasarkan penelitian ilmiah, buah delima juga mampu mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah arteri sehingga resiko penyakit jantung juga dapat diminimalisir. Konsumsi jus buah delima secara rutin dan tanpa tambahan gula, maka kolesterol jahat dalam tubuh Anda dapat segera menurun.

2. Buah Jeruk

Vitamin C dalam jeruk juga menjadi zat anti oksidan yang mampu mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, konsumsi jus jeruk sebanyak 3 gelas dalam sehari juga mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) hingga mencapai 21 mg dalam kurun waktu 1 bulan.

3. Kacang Almond

Selain sebagai hiasan kue, kacang almond juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit kolesterol tinggi secara alami. Jenis kacang yang satu ini mampu meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi kacang almond secara rutin terbukti mampu menurunkan LDL hingga 10%. Sedangkan untuk mencapai nominal tersebut, Anda harus mengkonsumsi kacang almond sebanyak 73 gram setiap harinya.

4. Buah Alpukat

Buah-buahan berikutnya yang juga bermanfaat untuk pengobatan kolesterol tinggi adalah buahalpukat karena adanya kandungan pitosterol dan lemak tak jenuh. Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung folat, serat makanan, vitamin B6, C, dan K, serta potasium.

Konsumsi buah alpukat sebagai pengobatan alami kolesterol tinggi dapat disesuaikan dengan selera, baik dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi minuman jus terlebih dahulu.

5. Minyak Zaitun

Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak zaitun juga memiliki peranan yang baik untuk mengobati kolesterol tinggi secara alami. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dalam makanan, dengan takaran 2 sendok makan setiap hari.

6. Buah Tomat

Pengobatan penyakit kolesterol tinggi yang terakhir adalah menggunakan buah tomat. Buah dengan kandungan likopen ini juga mampu mengatasi penyakit stroke dan jantung. Konsumsi buah tomat minimal 50 gram sehari, maka kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh dapat segera teratasi.

Demikian beberapa pengobatan kolesterol tinggi secara alami yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat.