-->

MENU

Pengobatan Gusi Bengkak Hanya Menggunakan Bahan Alami

Pengobatan Gusi Bengkak Hanya Menggunakan Bahan Alami
Pengobatan Gusi Bengkak - Salah satu sakit yang cukup menyiksa adalah ketika gusi mengalami pembengkakan atau yang dalam istilah medisnya disebut dengan Gingivitis. Biasanya yang menjadi penyebab utama gusi menjadi bengkak adalah kebersihan mulut yang kurang dijaga, dan diperparah dengan seringnya mengkonsumsi makanan yang manisi. Selain itu pemakaian kawat gigi yang terlalu rapat dan kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan gusi bengkak.

Pengobatan Gusi Bengkak Hanya Menggunakan Bahan Alami

Tanda-Tanda Keluhan Gusi Bengkak

Tanda gusi bengkak diantaranya adalah, warna kemerahan pada gusi, ketika sedang menyikat gigi terjadi pendarahan sementara, muncul rasa sakit atau nyeri pada gusi, bau mulut dan bahkan bisa terbentuk nanah di antara gusi dan gigi.
Nah, jika saja kebetulan Anda tengah mengalami gusi bengkak ini, jangan terlalu khawatir karena kami akan memberikan tips mudah mengatasi keluhan gusi bengkak ini, hanya dengan menggunakan cara alami. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk ke dokter gigi atau mengkonsumsi obat-obatan kimia, yang tidak jelas kandungannya.

Pengobatan alami untuk keluhan gusi bengkak

1. Berkumur dengan Menggunakan Air Garam

Selain berguna untuk membuat masakan menjadi lebih lezat, garam menjadi bahan alami yang pertama yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi gusi yang bengkak. Kok bisa? Ya, garam bisa meredakan pembengkakan gusi karena zat antiseptik yang ada di dalamnya yang berguna untuk melawan bakteri penyebab gusi bengkak.
Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Ambil garam secukupnya lalu masukkan ke dalam segelas air bersih dan aduk hingga garam larut.
  • Gunakan air garam tersebut untuk berkumur, dan lakukanlah hal ini secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.
2. Menggunakan Daun Sirih

Cara yang kedua untuk mengatasi gusi yang bengkak adalah dengan memanfaatkan daun sirih, yakni sebagai berikut:
  • Campurkan 10 helai daun sirih dengan kunyit serta garam secukupnya.
  • Masukkan semua bahan dalam air sekitar 500 cc dan biarkan sampai mendidih
  • Setelah mendidih, biarkan hingga dingin lalu saring dan gunakan air rebusan ini untuk berkumur
3. Menggunakan Minyak Cengkeh dan Lada Hitam

Selain air garam dan daun sirih, campuran antara minyak cengkeh yang ditambah dengan lada hitam juga ampuh untuk mengobati gusi bengkak. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Sediakan minyak cengkeh secukupnya dan lada hitam sedikit saja
  • Campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada gusi yang bengkak
4. Memberi Pijatan pada Gusi

Memberikan pijatan pada gusi yang bengkak adalah cara yang jarang dilakukan oleh orang-orang, namun cara ini juga bagus untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan tangan Anda terlebih dahulu
  • Gunakan jari telunjuk Anda, lalu pijat gusi Anda yang bengkak tersebut dengan gerakan yang melingkar
5. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda atau yang juga disebut dengan istilah Hidrogen Peroksida adalah bahan kelima yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gusi yang bengkak, karena baking soda itu sendiri mampu mencegah supaya bakteri yang menyebabkan gusi bengkak menjadi tidak menyebar.

Tak hanya itu, baking soda ini juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit pada gusi. Untuk menggunakan baking soda, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai obat kumur saja.
Oke, itulah 5 cara yang alami yang bisa Anda lakukan untuk pengobatan gusi yang bengkak. Tetapi lebih penting lagi adalah tindakan pencegahannya, yakni senantiasa menyikat gigi secara rutin supaya kebersihan area mulut Anda dan juga kesehatan gigi Anda senantiasa terjaga, dengan demikian gusi Anda tidak akan mudah mengalami pembengkakan. Semoga bermanfaat.