-->

MENU

Pengobatan Sakit Telinga Secara Alami dan Tradisional Yang Terbukti Sangat Ampuh

Pengobatan Sakit Telinga Secara Alami dan Tradisional Yang Terbukti Sangat Ampuh
Pengobatan Alami dan Tradisional untuk Sakit Telinga - Telinga adalah salah satu panca indera yang berfungsi sebagai alat pendengar serta menjaga keseimbangan dalam tubuh. Tetapi, saat menjalankan kinerjanya, telinga juga seringkali mengalami gangguan bahkan kelainan. Salah satu masalah pada telinga yang paling sering terjadi yaitu telinga berdengung.

Pengobatan Sakit Telinga Secara Alami dan Tradisional

Penyebab telinga berdengung sendiri dipicu oleh keberadaan tumor otak. Selain itu, sakit telinga juga bisa dalam bentuk lainnya dan dipicu oleh beberapa faktor.

Penyebab Sakit Telinga

Secara umum, sakit telinga disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

1. Kotoran Telinga

Penyebab sakit telinga yang paling umum adalah adanya penumpukan kotoran di bagian dalam. Jika kotoran yang menumpuk sudah mengeras, maka jangan pernah mencoba membersihkannya dengan cotton bud. Sebab, bukan membuat kotoran tersebut keluar, Anda hanya akan membuatnya semakin masuk.

Oleh sebab itu, Anda harus segera memeriksakan diri dan dokter kemungkinan besar akan memberikan obat tetes telinga yang berguna untuk melunakkan dan mengeluarkan kotoran secara alami.

2. Infeksi

Terjadinya infeksi pada telinga dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Infeksi telinga ini dapat diamati dengan bentuk menyerupai bisul yang akan terlihat pada liang telinga.

Sama halnya dengan penyakit bisul di bagian tubuh lainnya, bisul di telinga juga bisa pecah serta mengeluarkan cairan nanah. Secara umum, sakit telinga yang diakibatkan oleh infeksi dapat sembuh dengan sendirinya.
Namun, akan lebih baik jika Anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, terutama jika Anda merasa kurang nyaman dengan masalah tersebut.

3. Eksim di Lubang Telinga

Penyebab paling umum dari sakit telinga selanjutnya adalah dermatitis seboroik atau eksim telinga. Penyakit ini akan mempengaruhi area kulit yang identik dengan minyak seperti telinga. Hal tersebut akan membuat telinga menjadi memerah, mengalami iritasi, bersisik, serta meradang.

4. Abses pada Gusi

Penyebab sakit telinga yang terakhir yaitu adanya abses gusi atau terdapat nanah dalam gusi maupun gigi akibat infeksi bakteri.

Cara Pengobatan Sakit Telinga Dengan Alami Dan Tradisional

1. Madu

Pengobatan untuk sakit telinga yang pertama yaitu dengan memanfaatkan madu. Cairan kental yang memiliki rasa manis ini juga memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

Pertama, campurkan madu dengan ari matang dan aduk sampai rata. Setelah itu, gunakan ramuan tradisional itu sebagai obat tetes telinga. Dengan penggunaan secara teratur, maka sakit telinga yang Anda alami akan segera membaik.

2. Minyak Zaitun

Khasiat dari minyak zaitun tentu sudah banyak diketahui oleh sebagian besar orang. Selain menjaga kesehatan kulit, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami sakit telinga.

Cara pengobatan sakit telinga dengan minyak zaitun sangatlah mudah. Hangatkan minyak zaitun secukupnya dan masukkan dalam botol bersih. Lalu, teteskan ramuan tersebut ke dalam telinga yang sakit. Pemakaian secara rutin dan teratur terbukti ampuh mengatasi sakit telinga dengan alami dan cepat.

3. Kunyit

Pengobatan sakit telinga secara alami berikutnya yaitu dengan memanfaatkan kunyit, biji mahoni, dan daun iler. Haluskan bahan-bahan tersebut. Kemudian panaskan minyak wijen sebanyak 3 sendok makan dan masukkan bahan-bahan alami yang telah dihaluskan itu. 

Kemudian Anda dapat meneteskan obat sakit telinga itu setelah mengaduknya hingga rata.

4. Bawang Putih

Selanjutnya, bawang putih juga menjadi salah satu solusi pengobatan sakit telinga secara tradisional. Kandungan antibiotik pada bawang putih terbukti mampu mengobati sakit telinga dengan cepat.
Caranya, rebuslah bawang putih setelah dicuci bersih. Kemudian saring ramuan tersebut setelah mendidih dan gunakan airnya saja. Gunakan sebagai obat tetes telinga secara rutin. 

Demikian beberapa pengobatan alami dan tardisional untuk sakit telinga yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.