-->

MENU

Mengatasi Sinusitis Dengan Pengobatan Tradisional

Mengatasi Sinusitis Dengan Pengobatan Tradisional
Meskipun pada awalnya sinusitis hanya menunjukkan gejala yang mirip dengan flu biasa, tetapi penanganannya harus dilakukan sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan, jika penanganan yang diberikan terlambat sementara sinusitis terus berkembang, terlebih jika mencapai hampir 4 minggu atau lebih, maka kondisi sinusitis sudah bersifat akut.

Cara Mengatasi Sinusitis Dengan Pengobatan Tradisional

Sinusitis ini akan terjadi jika sinus mengalami peradangan sehingga saluran lendir yang fungsinya adalah untuk melembabkan udara yang dihirup sekaligus menghangatkan tidak bisa berfungsi dengan benar. Akibatnya, lendir tersebut akan terus menumpuk sehingga menimbulkan kemacetan.

Nah, untuk mengatasi sinusitis ini, sebaiknya penderita segera bergegas untuk periksa ke dokter supaya segera diberikan penanganan. Namun, bila anda tidak ingin pergi ke dokter masih ada cara mengatasi sinusitis dengan pengobatan tradisional yang bisa anda coba. Berikut ulasannya

Pengobatan Tradisional untuk mengatasi  sinusitis

1. Pengobatan Sinusitis dengan Menggunakan Air Garam

Seperti yang kita tahu, bahwasanya air garam memiliki banyak manfaat. Salah satunya juga bisa digunakan untuk mengobati sinusitis, yakni dengan mengeluarkan bakteri serta lendir dalam hidung. 
Nah, untuk menggunakan air garam ini, bisa dilakukan dengan memilih salah satu dari 2 cara di bawah ini,
  • Gunakan air garam untuk mencuci hidung supaya saluran tetap terbuka
  • Gunakan air garam yang hangat untuk berkumur
2. Pengobatan Sinusitis dengan Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih yang biasanya banyak digunakan pada penderita masuk angin juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sinusitis. Khasiat minyak kayu putih ini kaitannya dengan mengobati sinusitis adalah untuk melawan infeksi sinus serta membersihkan lendir dari saluran pernapasan. Sedangkan cara untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan sebuah mangkuk yang kecil dan air panas atau air hangat
  • Masukkan air panas atau air hangat tersebut ke dalam mangkuk yang telah disediakan tadi
  • Teteskan minyak kayu putih juga ke dalamnya
  • Tempatkan hidung penderita sinusitis dengan menghadap ke uap beberapa jenak sehingga lendir atau cairan keluar
3. Pengobatan Sinusitis dengan Mengkompres Hidung Menggunakan Air Hangat

Jika Anda enggan repot dengan 2 cara di atas, Anda dapat mengobati sinusitis dengan cara yang ketiga ini. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat lalu gunakan kain yang lembut atau bisa juga handuk lalu rendam dalam air hangat, setelah itu tempelkan kain atau handuk tersebut ke bagian antara dahi dan hidung.


4. Pengobatan Sinusitis dengan Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara yang keempat ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menggemari makanan pedas. Makanan pedas akan sangat membantu cairan yang ada di dalam hidung supaya segera keluar. Namun efek samping dari cara ini adalah adanya kemungkinan Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

5. Pengobatan Sinusitis dengan Meminum Air Jahe

Sinusitis juga bisa diatasi dengan memanfaatkan bumbu dapur seperti jahe. Kandungan anti peradangan alami yang dimiliki oleh jahe akan berperan sangat baik dalam penyembuhan sinusitis. Adapun cara untuk membuat wedang jahe ini adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 1 ruas jahe lalu bersihkan kemudian memarkan dan tempatkan ke dalam gelas
  • Rebus air hingga mendidih
  • Setelah air medidih, tuangkan air tersebut ke dalam gelas yang telah berisi jahe tadi
  • Anda dapat menambahkan gula atau madu secukupnya sebagai pemanis
  • Minumlah air jahe ini selagi masih hangat
Nah, itulah 5 cara mengatasi sinusitis dengan pengobatan tradisional yang sangat membantu Anda dalam penyembuhan sinusitis. Semoga bermanfaat.