-->

MENU

Pengobatan Sesak Nafas Dengan Bahan-Bahan Alami

Pengobatan Sesak Nafas Dengan Bahan-Bahan Alami
Pengobatan Sesak Nafas - Asma memang berasal dari kata asthma yang berarti sesak nafas. Namun, sesak nafas dan asma bukanlah kategori penyakit yang sama.

Asma adalah salah satu jenis penyakit, sedangkan sesak nafas termasuk gejala dari suatu penyakit. Jadi, sesak nafas tidak hanya dialami oleh orang-orang yang mengalami asma, melainkan juga dapat terjadi pada penderita penyakit ginjal, TBC, hati, obesitas, kelainan pada jantung, sakit lambung, kelainan darah, batuk, dan kealinan paru-paru.

Pengobatan Sesak Nafas Dengan Bahan-Bahan Alami

Jika mengalami permasalahan tersebut, Anda tidak perlu bergantung dengan pengobatan medis ataupun menggunakan alat bantu nafas. Karena bahan-bahan alami dan cara sederhana di bawah ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami sesak nafas.

Cara Mengobati Sesak Nafas secara Alami

1. Menggunakan Serai

Pengobatan alami untuk sesak nafas yang pertama yaitu menggunakan serai. Salah satu tanaman yang juga termasuk dalam daftar bumbu dapur ini pada awalnya digunakan sebagai pengharum masakan.

Namun, di balik manfaatnya sebagai bumbu dapur, serai juga dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas secara alami. Sebab, herbal alami ini memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat sangat baik untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada saluran pernafasan.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, rebus serai sebanyak 10 batang dengan 2 gelas air. Tambahkan sedikit gula merah dalam ramuan tersebut. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa satu gelas. Saring dan biarkan sampai dingin. Kemudian minum secara teratur pada pagi hari sampai sesak nafas membaik.

2. Daun Sirih

Sesak nafas juga dapat diatasi dengan daun sirih yang juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan tanaman herbal alami.

Salah satu khasiat yang dimiliki oleh daun sirih adalah sebagai pengobatan sesak nafas secara alami karena adanya kandungan minyak atsiri, cadinene, fenil propane, estragol, pati, cineole, kavibetol, diastase, tannin, hidroksikavicol, gula, terpennena, dan seskuiterpena.

Caranya cukup mudah, tumbuk daun sirih sebanyak 5 lembar dan campurkan dengan lada setengah sendok teh. Setelah halus, oleskan pada dada secara rutin. Pengobatan alami untuk sesak nafas ini terbukti sangat efektif dan mencegah kambuhnya permasalahan tersebut.

3. Air Jahe

Cara mengobati sesak nafas berikutnya yaitu dengan memanfaatkan khasiat dari rimpang jahe. Masyarakat Indonesia sangat sering menggunakan tanaman yang satu ini sebagai penghangat tubuh alami, menghilangkan sakit kepala, sakit perut, sakit tenggorokan, serta gangguan pada pernafasan.


Pengobatan alami sesak nafas dengan jahe ini sangat mudah dilakukan. Siapkan 3 rimpang jahe yang sudah dikupas bersih. Bakar jahe-jahe tersebut dan memarkan. Kemudian rendam dalam 1 gelas air panas dan tambahkan dengan gula secukupnya. Minum selagi hangat  sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Mencari Ruangan Hijau

Yang dimaksud dengan ruangan hijau adalah lokasi terbuka yang dikelilingi dengan tanaman-taaman hijau. Media tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai pengobatan sesak nafas secara alami.

Ada bisa menghabiskan waktu seperti di taman kota dan area pegunungan yang bebas dari polusi. Hirup udara yang segar tersebut dan buat diri Anda senyaman mungkin. Jika dilakukan secara rutin, maka pengobatan secara alami untuk sesak nafas ini terbukti sangat ampuh.

5. Melakukan Pernafasan Perut

Cara pengobatan sesak nafas kali ini diutamakan pada kondisi yang disebabkan oleh gangguan peningkatan asam lambung. Selain menggunakan pengobatan medis, Anda juga bisa mencoba latihan pernafasan perut.

Pertama-tama, silahkan berbaring dengan posisi yang nyaman dan letakkan bantal di bawah kepala. Kemudian buat perut dalam keadaan serileks mungkin dan tekuk lutut Anda.

Secara perlahan, tekan perut Anda menggunakan salah satu tangan dan tangan lainnya berada di atas dada. Lalu, bernafaslah perlahan melalui hidung dan gunakan otot-otot pada perut.

Angkat tangan yang berada di atas perut ketika Anda menarik nafas dan letakkan kembali saat menghembuskan nafas. Sedangkan tangan lainnya tetap diletakkan di atas dada dan usahakan tidak bergeser.


Pengobatan alami untuk sesak nafas sangat mudah dilakukan bukan? jadi, dengan cara-cara alami dan sederhana tersebut, Anda bisa melakukan pengobatan sesak nafas di rumah, tanpa harus pergi ke tenaga kesehatan.