-->

MENU

Cara Pengobatan Keloid Yang Sangat Ampuh Dan Aman

Cara Pengobatan Keloid Yang Sangat Ampuh Dan Aman
Keloid merupakan bekas luka pada kulit yang mengalami pertumbuhan berlebih. Seperti yang telah dijelaskan dalam teori kesehatan bahwa ketika kulit mengalami luka, maka akan muncul jaringan ikat untuk memulai suatu proses penyembuhan. 

Pengobatan Keloid

Proses terjadinya keloid sendiri diakibatkan oleh pertumbuhan jaringan ikat yang berlebihan. Oleh sebab itu, pada bekas luka yang mengalami keloid akan ditandai dengan adanya pelebaran, penebalan, hingga penonjolan. Walaupun bukan termasuk penyakit berbahaya, keloid seringkali mengganggu penderitanya, terutama dalam hal penampilan. Berikut ini merupakan penyebab dan cara pengobatan keloid menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab Keloid

Kondisi tidak normal setelah timbulnya bekas luka di kulit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
  • Luka bekas operasi
  • Faktor keturunan
  • Ras (orang kulit hitam lebih mudah terserang keloid)
  • Faktor usia (10-30 tahun)
  • Efek setelah mendapatkan imunisasi (BCG)
  • Luka bakar
  • Bekas tindik fi telinga
  • Luka akibat goresan
  • Bekas jerawat
  • Bekas cacar air
  • Luka cakaran
  • Lokasi luka di bagian kulit dengan keregangan tinggi (bahu, lengan atas, dada)
Cara Pengobatan Keloid Menggunakan Bahan-bahan Alami

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi keloid yang pertama yaitu dengan memanfaatkan lidah buaya. Tanaman yang satu ini memang sudah terbukti memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, termasuk bekas luka yang mengalami keloid.
Cara pengobatan ini dapat dilakukan dengan mengoleskan lendir lidah buaya secara merata di bagian tubuh yang terjangkit keloid dengan jadwal teratur.

2. Madu

Kandungan asam amino dalam madu juga mampu meregenerasi jaringan tubuh serta sel kulit mati dan rusak dengan sangat efektif. Adapun cara menyembuhkan keloid dengan madu dapat dilakukan dengan mengoleskannya pada bagian yang mengalami keloid. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Mentimun

Cara mengatasi keloid berikutnya yaitu dengan buah yang kaya akan vitamin C serta silika ini. Kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan mentimun terlebih dahulu dan mengoleskan di atas kulit yang mengalami keloid.

4. Baking Soda

Salah satu bahan pembuatan kue ini juga memiliki khasiat baik untuk mengatasi keloid. Cara mengobati keloid dapat dilakukan dengan mencampur baking soda sebanyak 1 sendok teh dengan hidrogen peroksida sebanyak 2 sendok teh. Aduk hingga rata dan menjadi pasta.

Kemudian oleskan pada keloid sambil lakukan pemijatan ringan. Pengobatan alami ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari sampai keloid benar-benar sembuh.

Cara Pengobatan Keloid dengan Cara Medis

Selain beberapa bahan alami untuk keloid di atas, masalah tersebut juga dapat ditangani dengan tindakan medis dari tenaga ahli seperti yang telah kami rangkum di bawah ini :

1. Radiasi

Berdasarkan riset para dokter, radiasi merupakan salah satu cara menyembuhkan keloid yang paling efektif. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan tersebut.

2. Laser

Dunia medis saat ini memang sudah terbilang sangat canggih. Salah satu cara mengatasi keloid yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan laser. Namun, penanganan ini membutuhkan biaya yang tinggi serta tambahan terapi yang tidak sedikit.

3. Suntik Cortisone

Cara menghilangkan keloid selanjutnya yaitu menggunakan injeksi steroid intralesi dengan kinerjanya yang mampu mengecilkan tonjolan pada bekas luka atau keloid. Penyuntikan ini biasanya hanya dilakukan satu kali hingga memperoleh hasil maksimal. 
Demikian beberapa cara pengobatan keloid yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba.