-->

MENU

Pengobatan Alami Dan Tradisional Untuk Varises

Pengobatan Alami Dan Tradisional Untuk Varises
Pengobatan Alami Dan Tradisional Untuk Varises

Informasi mengenai cara mengobati varises, pastinya merupakan tips kesehatan yang penting dan bisa dibilang wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya varises menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang dapat dialami oleh siapa saja, orang terdekat Anda bahkan diri Anda sendiri.

Varises sendiri adalah penyakit yang sering menyerang area betis dan paha, dengan tanda gejala umum adanya tonjolan pembuluh darah dengan warna biru keunguan yang nampak seperti tali serta menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Adapun pengobatan alami untuk varises adalah sebagai berikut.

1. Sayur Terong

Pengobatan alami pertama untuk menghilangkan varises adalah dengan terong ungu dan umbi daun dewa dalam bentuk serbuk. Rebus kedua bahan tersebut dalam dua gelas air dan tambahkan sedikit madu. Minum selagi hangat secara rutin, maka varises akan segera membaik.

2. Air Putih

Khasiat dari air putih memang sudah tidak dapat diragukan. Salah satunya adalah peranannya yang baik sebagai pengobatan alami varises.

Usahakan Anda selalu minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk memperbaiki kebutuhan cairan tubuh yang hilang serta melancarkan peredaran darah yang mengalami kerusakan.

3. Kacang Hijau

Tidak hanya sebagai bahan pembuatan bubur yang lezat, kacang hijau juga termasuk dalam daftar pengobatan alami untuk penyakit varises. Rebus satu genggam kacang hijau ke dalam 2 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya.

Konsumsi air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari sebagai salah satu cara mengatasi varises.

4. Jeruk Nipis

Berbeda dengan pengobatan alami sebelumnya, jeruk nipis dapat dijadikan sebagai cara mengobati varises tanpa diminum. Anda hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi dua, lalu menggosokkannya pada bagian yang mengalami varises.  Pengobatan alami yang satu ini dapat dilakukan secara rutin pada malam hari.

5. Blackberry dan Cherry

Buah blackberry serta cherry terbukti memiliki kandungan nutrisi yang mampu melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu, Anda dapat mengkonsumsi buah blackberry dan cherry secara rutin sebagai pengobatan alami penyakit varises.

6. Hindari Makanan Berlemak

Selama menjalani pengobatan alami dan tradisional, sebaiknya Anda selalu mengontrol asupan makanan sehari-hari. Hindari konsumsi makanan tinggi lemak karena hal tersebut dapat mempengaruhi sirkulasi dalam pembuluh darah.

Adanya penyumbatan dan kerusakan pada pembuluh darah juga dapat disebabkan oleh penumpukan lemak yang berlebihan. 

7. Stop Penggunaan Heels

Penyebab utama terjadinya varises pada kaki adalah akibat penggunaan heels yang berlebihan. Oleh sebab itu, cara mengobati varises yang harus dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan heels hingga kaki benar-benar sembuh.

Dengan flatshoes, Anda akan memberikan kesempatan pada otot bagian betis agar bekerja lebih optimal. Namun, jika pekerjaan mengharuskan penggunaan heels, sebaiknya Anda menyempatkan waktu untuk meregangkan kaki di sela-sela kesibukan.

8. Meninggikan Posisi Kaki

Mengalami varises di tengah-tengah padatnya rutinitas, tentu akan membuat kondisi penyakit tersebut semakin parah. Anda harus melakukan pengobatan alami dan tradisional dengan cara meninggikan kaki.

Hal tersebut bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah serta mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki setelah Anda duduk maupun berdiri seharian.

9. Mengontrol Berat Badan

Kondisi berat badan yang berada di atas batas normal juga menjadi salah satu resiko yang menyebabkan kaki mudah mengalami varises. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi, terutama sayur dan buah-buahan.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan garam yang berlebihan karena dapat membuat kaki menjadi bengkak.

10. Jalan Santai

Olahraga memang menjadi salah satu jawaban paling tepat untuk mengobati varises secara alami. Jenis olahraga yang paling dianjurkan adalah jalan santai. Lakukan secara rutin pada pagi atau sore hari, maka sirkulasi darah di bagian kaki dapat berjalan lebih normal.

Itulah beberapa pengobatan alami dan tradisional untuk varises. Semoga menjadi sumber informasi yang penuh manfaat.