-->

MENU

Cara Mengatasi Cacar Air Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Cacar Air Dengan Bahan Alami
Cara Mengatasi Cacar Air Dengan Bahan Alami

Penyakit cacar merupakan kategori penyakit menular akibat virus Varicella zoster yang menyerang kulit, terutama saat penderita menginjak usia anak-anak.

Penyakit dengan tanda bentol-bentol berair pada kulit yang menimbulkan rasa gatal ini, diawali dengan adanya peningkatan suhu tubuh serta membuat penderita merasa lemas. Selain itu, bentolan yang pecah juga akan menimbulkan bekas luka yang terkadang sulit untuk dihilangkan.

Adapun cara mengatasi cacar air dengan alami dan cepat adalah sebagai berikut :

1. Bengkoang

Hampir sebagian besar orang mungkin telah mengetahui manfaat bengkoang yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah sebagai cara untuk mengatasi cacar air.

Cara pengolahannya yaitu dengan menghaluskan bengkoang terlebih dahulu, lalu tambahkan sedikit air. Oleskan masker bengkoang buatan tersebut pada bagian kulit yang mengalami cacar air secara rutin.
2. Temulawak

Cara mengatasi cacar air berikutnya adalah dengan temulawak. Penyajiannya dilakukan dengan mencampurkan temulawak dengan 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan air 600 ml. Rebus seluruh bahan terebut hingga mendidih dan hanya tersisa setengah bagiannya.

Pengobatan alami untuk cacar air ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari dengan cara meminumnya.

3. Jagung Muda

Bagi sebagian besar masyarakat, cara mengatasi cacar air yang dapat diandalkan adalah dengan jagung muda. Sebab, jagung muda memiliki kandungan amilum yang mampu menjaga kuit dari iritasi serta ruam akibat cacar air.

Cara penyajiannya yaitu dengan menghaluskan jagung muda terlebih dahulu, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami cacar air. Selain membuat cacar air cepat sembuh, jagung muda juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi bekas luka akibat penyakit menular tersebut.

4. Lada

Ya, lada memang menjadi salah satu bumbu dapur yang mempunyai khasiat baik dalam mengatasi cacar air secara alami. Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan cara yang satu ini. Sebab, lada tidak akan menimbulkan rasa sakit pada bagian kulit yang mengalami cacar air.

Pertama, Anda harus membersihkan kulit yang terserang cacar air dan tambahkan dengan anti gatal. Kemudian, taburkan lada pada kulit yang terserang penyakit tersebut.

5. Kulit Pisang

Cara mengatasi cacar air berikutnya adalah dengan kulit pisang. Penggunaan cara ini lebih diutamakan pada proses penyembuhan karena kandungan nutrisi dalam bahan alami tersebut yang mampu menghilangkan bekas luka secara cepat.

Kulit pisang dapat digosokkan secara langsung di atas bekas cacar air. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari dan diamkan selama 10 menit untuk masing-masing jadwal pengobatan. Akhiri dengan cara membilasnya menggunakan air bersih.

6. Kacang Hijau

Khasiat yang terkandung dalam kacang hijau rupanya juga mampu menyembuhkan cacar air dengan cepat serta menghilangkan bekas luka akibat penyakit tersebut.

Penyajiannya dilakukan dengan cara merendam kacang hijau hingga nampak membengkak.  Lalu, tumbuk sampai benar-benar halus dan oleskan pada kulit yang mengalami cacar air. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih.

Cara mengatasi cacar air dengan kacang hijau dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, sebelum mandi.

7. Kunyit

Kunyit juga dipercaya dapat mengobati gatal-gatal yang dirasakan oleh penderita penyakit cacar air. Cara penyajiannya yaitu dengan menghaluskan kunyit terlebih dahulu, lalu dioelskan pada kulit selama 10 menit. Cuci bersih setelah mengering dan lakukan cara tersebut seara rutin untk mendapatkan hasil maksimal.

8. Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang memiliki segudang khasiat, terutama untuk kesehatan kulit. Cara mengatasi cacar air dengan madu dapat dilakukan dengan mengoleskan pada bagian kulit yang terserang panyakit tersebut, lalu bilas dengan air bersih setelah 10 menit.

Demikian 8 cara mengatasi cacar air dengan bahan alami yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.