-->

MENU

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya Dengan Tanaman Alami

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya Dengan Tanaman Alami
Cara Mengobati Penyakit Chikungunya Dengan Tanaman Alami

Virus adalah penyebab utama dari penyakit chikungunya yang disebarkan melalui nyamuk aedes aegypti. Chikungunya sendiri memiliki makna melengkung (Bahasa Swahili). Sebab, penderita yang tidak segera ditangani akan mengalami perubahan bentuk tubuh menjadi bungkuk.

Untuk pengobatan medis, biasanya penderita yang terserang penyakit dengan demam serta ruam merah dan nyeri di kulit ini, hanya akan diberikan obat anti nyeri dan demam saja. Tetapi, untuk hasil yang masksimal tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan berbagai tanaman alami untuk mempercepat proses penyembuhannya. Dan berikut ini beberapa cara diantaranya.

Mengobati Chikungunya Dengan Tanaman Alami

1. Daun Binahong

Cara mengobati chikungunya yang pertama yaitu menggunakan daun binahong. Tanaman yang satu ini memiliki beberapa kandungan alami yang sangat penting, seperti tokoferol, saponin, polifenol, serta antibiotik yang mampu meningkatkan antibodi dalam tubuh.

2. Jahe

Selain sebagai obat batuk yang ampuh, jahe juga menjadi salah satu pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit chikungunya. Alasan utama menggunakan jahe sebagai salah satu cara mengobati chikungunya yaitu karena adanya kandungan analgesik atau zat anti nyeri.

Oleh sebab itu, dengan konsumsi rutin, penyakit tersebut akan segera membaik. Anda dapat mengolahnya dengan cara merebus dalam satu gelas air. Selain itu, jenis jahe yang disarankan yaitu jahe merah, karena kaya akan flovanoid.

3. Jintan Hitam

Merupakan cara mengobati berbagai macam penyakit kecuali kematian yang dianjurkan dalam syariat agam Islam. Tanaman ajaib yang satu ini juga menjadi jawaban paling tepat untuk mengobati chikungunya secara alami.

Kandungan nutrisi dalam jintan hitam mampu meningkatkan sistem imun yang sempat menurun akibat penyakit chikungunya. Dengan begitu, Anda tidak perlu meragukan kinerja jintan hitam yang sudah terbukti efektif dan berkhasiat tersebut.

Untuk pengobatan alami ini, Anda sudah dapat membelinya secara langsung di berbagai toko herbal dengan bentuk kapsul, madu, maupun minyak yang merupakan ekstrak dari jintan hitam.

4. Buah Noni

Xeronine dalam buah noni juga terbukti memiliki sifat antioksidan untuk meningkatkan kualitas antibodi. Selain itu, tokoferol dan scolopetin dalam buah noni juga dapat membantu masalah peradangan dan memperbaiki adanya kerusakan sel akibat penyakit tersebut.

Jadi, ketika mengalami chikungunya, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah noni secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Sayuran Hijau

Jika menginginkan cara yang praktis dan sederhana, Anda dapat memanfaatkan sayuran hijau untuk mengobati penyakit chikungunya secara alami. Sebab, sayuran hijau terbukti memiliki banyak kandungan vitamin E serta zat besi yang akan sangat membantu proses pemulihan dari chikungunya.

Selain itu, dengan kandungan antioksidan dalam vitamin E, Anda juga dapat meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Untuk mengkonsumsi sayuran hijau, Anda dapat mengolahnya menjadi menu apapun, sesuai dengan selera.

6. Air Kelapa

Salah satu cara mengobati chikungunya yang paling populer adalah menggunakan air kelapa. Kandungan elektrolit dalam air kelapa terbukti mampu meringankan radang sendi serta mual dan deman akibat penyakit chikungunya.

Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan senyawa yang sangat baik untuk membentuk antibodi sehingga proses penyembuhan dari penyakit tersebut dapat berjalan lebih efektif.

7. Kunyit

Selain jahe, cara mengobati chikungunya yang tak kalah ampuh adalah dengan kunyit. Adanya kurkumin yang tinggi, zat anti inflamasi, serta antioksidan dalam kunyit, semakin membuat tanaman tersebut dipercaya khasiatnya.

Cara pembuatan ramuan dari kunyit sangatlah mudah. Anda hanya perlu merebusnya dalam 2 gelas air hingga mendidih dan mengkonsumsinya secara teratur dan selagi hangat.

8. Daun Sambiloto

Cara mengobati chikungunya yang terkahir adalah menggunakan daun sambiloto. Anda dapat merebus 10 helai tanaman tersebut dalam 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa satu gelas. Minum selagi hangat sebanyak satu kali dalam sehari.

Demikian cara mengobati penyakit chikungunya dengan tanaman alami yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.