-->

MENU

Cara Pengobatan Mata Ikan Secara Alami

Cara Pengobatan Mata Ikan Secara Alami
Cara Pengobatan Mata Ikan Secara Alami

Corn atau mata ikan adalah adanya kematian pada kulit yang menimbulkan penebalan dan nyeri, serta sering muncul di bagian jari-jari kaki. Walaupun penangan secara medis adalah dengan bedah operasi, tetapi banyak orang yang lebih memilih cara pengobatan alami dan tardisional untuk mengatasinya.

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan kami sajikan beberapa cara pengobatan mata ikan secara alami yang akan kami ulas secara lengkap di bawah ini. 

Tips Mengobati Mata Ikan Dengan Bahan Alami

1. Rokok

Cara pengobatan yang satu ini tergolong cukup ekstrim dan membutuhkan keberanian. Karena Anda harus mendekatkan puntung rokok di bagian tubuh yang terserang mata ikan hanya dengan jarak setengah sentimeter.

Walaupun terbilang ekstrim, cara pengobatan dengan rokok memang terbukti khasiatnya untuk proses penyembuhan mata ikan.

2. Jeruk Lemon

Buah yang banyak mengandung vitamin C ini juga dipercaya mampu mengobati mata ikan dengan cepat. Cara pengobatan dengan jeruk lemon dapat dilakukan dengan mengoleskan bagian dalamnya pada kulit yang terserang mata ikan. Lakukan secara teratur sebanyak tiga kali dalam sehari.

3. Batu Apung

Menggunakan batu apung untuk menghilangkan kulit mati dan mengeras sudah terbukti keefektifannya. Oleh sebab itu, cara pengobatan mata ikan dengan batu apung sangatlah direkomendasikan. Selain mempercepat proses penyembuhan, batu apung juga mampu mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh penyakit tersebut.

Sebelum melakukan pengobatan alami ini, awali dengan merendam bagian tubuh yang mengalami mata ikan dalam air hangat sekitar 10 menit. Kemudian gosokkan batu apung pada bagian yang sakit tersebut dengan durasi antara tiga sampai lima menit.

4. Baking Soda

Tidak hanya populer sebagai bahan dasar pembuatan kue, baking soda juga memiliki khasiat yang baik dalam hal mengupas kulit mati dan mengering. Sedangkan mata ikan sendri juga termasuk kategori kulit yang mengalami kematian dan dengan baking soda, masalah tersebut akan segera teratasi.

Cara penggunaannya yaitu dengan memasukkan 2 sendok makan baking soda dalam baskom yang berisi air hangat. Aduk hingga rata dan rendam bagian tubuh yang mengalami mata kaki dalam ramuan tersebut selama 15 menit. Jangan lupa menggosok sela-sela jari kaki dengan batu apung.

5. Daun Dewa

Cara pengobatan dengan daun dewa sudah populer di kehidupan masyarakat, mengingat tanaman tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Cara penyajiannya yaitu dengan menumbuk 5 lembar daun dewa dan membalurkan pada area yang terserang mata ikan. Balut dengan perban agar ramuan tidak bergeser.

6. Buah Pepaya

Untuk mengobati mata ikan dengan buah pepaya, sebaiknya Anda memilih yang masih muda. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan pepaya muda terlebih dahulu dan mengoleskan pada kaki yang mengalami mata ikan dengan kapas bersih.

7. Cuka Apel

Bahan alami yang satu ini memang terbukti memiliki banyak peranan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi mata ikan secara alami.

Cara pengobatan ini dapat dilakukan dengan merendam bagian tubuh yang terserang mata ikan dalam cairan cuka apel sekitar 20 menit dan lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan batu apung. Pengobatan alami ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

8. Bawang Putih

Cara pengobatan mata ikan dengan bahan alami berikutnya yaitu menggunakan bawang putih. Kandungan antioksidan dalam bawang putih mampu mempercepat proses penyembuhan mata ikan serta mencegah terjadinya infeksi.

Pengobatan ini dapat dilakukan dengan menggosokan beberapa biji bawang putih pada area yang mengalami mata ikan.

9. Kapur Sirih dan Sabun Colek

Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan dengan cara mencampur 1 sendok makan sabun colek dan 3 sendok makan kapur sirih dalam wadah berisi air, lalu aduk hingga mengental. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang terserang mata ikan sampai kering dan kelupan olesan tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.