-->

MENU

Cara Mengatasi Penyakit Cacingan Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Penyakit Cacingan Menggunakan Bahan Alami
Cara Mengatasi Penyakit Cacingan Menggunakan Bahan Alami

Cacingan memang bukan termasuk kategori penyakit berbahaya seperti kanker, stroke, jantung koroner, dan sebagainya. Namun, tanpa adanya penanganan, penyakit yang satu ini dapat berdampak pada gangguan pertumbuhan serta perkembangan pada anak.

Selain itu, bagi penderita usia dewasa, penyakit cacingan dapat berdampak pada gangguan fungsi organ tubuh. Untuk menghindari komplikasi tersebut, ada baiknya Anda segera melakukan pengobatan yang aman dan ampuh. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit cacingan dengan bahan alami. Silahkan disimak.

1. Putri Malu

Cara mengatasi cacingan yang pertama yaitu dengan tanaman putri malu. Pengobatan alami yang satu ini sangatlah mudah untuk diterapkan. Anda hanya perlu menyiapkan daun putri malu sebanyak 30 gram dan merebusnya ke dalam air sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa satu gelas saja.

Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari dengan porsi setengah gelas untuk masing-masing jadwal.

2. Kulit Buah Mangga

Tahukah Anda bahwa kulit mangga yang selama ini selalu dibuang, ternyata memiliki khasiat baik untuk mengatasi penyakit cacingan secara alami. Kandungan daya antalmetik dalam kulit mangga memiliki peranan utama dalam membunuh cacing dalam perut.

Cara mengatasi cacingan dengan kulit mangga sangat dianjurkan pada penderita yang masih berusia anak-anak. Cara pembuatannya yaitu dengan merebus kulit mangga selama 15 menit dalam air sebanyak 2 gelas. Setelah mendidih, ambil air rebusan tersebut dan minum selagi hangat.

3. Bawang Putih

Memang pantas dikatakan bahwa bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang memiliki segudang khasiat untuk berbagai macam permasalahan kesehatan. Adapun peranannya yang tak kalah penting adalah sebagai solusi untuk mengobati penyakit cacingan secara alami.

Adapun cara mengatasi cacingan dengan bumbu dapur ini dapat dilakukan dengan merebus 3 butir bawang putih, gula merah, serta akar pepaya sebanyak 30 gram ke dalam 600 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Sayur Wortel

Cara mengatasi cacingan berikutnya adalah menggunakan sayur wortel yang sangat ampuh untuk orang dewasa maupun anak-anak. Pembuatan ramuan tersebut diawali dengan menghaluskan wortel terlebih dahulu dan memeras sari-sarinya. Kemudian campur 1 cangkir perasan wortel dengan  1 cangkir santan kental.

Setelah diaduk rata, minum ramuan tersebut secara rutin dan cacing-cacing yang menyerang tubuh dapat segera dibasmi.

Selain itu, cara mengatasi cacingan dengan wortel juga dapat dikombinasikan dengan kelapa. Haluskan kedua bahan tersebut dan tambahkan satu gelas air matang. Peras dan minum airnya sebelum tidur malam.

5. Buah Pisang, Nanas, dan Lemon

Cara mengatasi penyakit cacingan yang paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, terutama untuk penderita yang masih anak-anak. Selain itu, pengobatan menggunakan buah-buahan lainnya yang tak kalah berkhasiat adalah dengan nanas serta jeruk lemon.

6. Biji Pepaya

Bagian dari buah pepaya yang selama ini dianggap tidak penting, ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan penyakit cacingan secara alami. Bahan yang diperlukan yaitu biji pepaya sebanyak 2 sendok makan serta madu.

Pertama, Anda harus mengeringkan biji-biji pepaya tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Seduh biji pepaya yang sudah menjadi serbuk ke dalam 1 gelas air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

7. Daun Pepaya

Selain menggunakan biji pepaya, bagian daunnya juga memiliki khasiat sebagai pengobatan alami cacingan, terutama cacing kremi. Cara pembuatannya yaitu dengan merebus daun pepaya sebanyak satu lembar dan 15 gram akar melati ke dalam 600 ml air.

Setelah mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya, minum secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit cacingan dengan bahan alami yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba.