-->

MENU

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami Tradisional

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami Tradisional
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami Tradisional

Permasalahan yang satu ini sangat sering terjadi dan dapat menyerang siapapun, tanpa memandang usia. Adapun penyebab radang tenggorokan adalah adanya bakteri atau virus yang dapat menular ketika penderita bersin dan batuk.

Gejala yang ditimbulkan antara lain adanya nyeri tenggorokan, pembengkakan di amandel, timbul bercak merah di sekitar tenggorokan, susah menelan, demam, letih, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga sakit kepala. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami radang tenggorokan karena kami memiliki solusi sehat dan cepat untuk mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami di bawah ini.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan 

1. Daun kemangi

Tahukah Anda bahwa tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran ini ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami.

Cara pembuatan ramuan ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun kemangi dan merebusnya. Tunggu hingga mendidih dan  minum selagi hangat. Cara mengatasi penyakit ini juga dapat dilakukan dengan menggunakannya sebagai obat kumur.

2. Bawang putih

Bumbu dapur ini memang memiliki banyak khasiat, salah satunya yaitu untuk mengatasi radang tenggorokan. Walaupun terdengar aneh, tetapi cara mengatasi radang tenggorokan dengan bawang putih sudah terbukti khasiatnya.

Nah, untuk cara pembuatannya yaitu dengan mengiris beberapa biji bawang putih dan menghisap sari-sarinya secara langsung. Lakukan pengobatan alami ini secukupnya sebanyak satu kali dalam sehari.

3. Buah belimbing

Terkadang buah-buahan menjadi salah satu pantangan bagi penderita radang tenggorokan. Namun, berbeda dengan buah belimbing yang ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara mengatasi radang tenggorokan dengan buah belimbing dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi minuman jus dan lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Garam

Penggunaan garam sebagai obat alami radang tenggorokan yaitu dengan mencampurkannya dalam satu gelas air dan gunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali dalam sehari. Akan lebih baik jika Anda menggunakan air hangat untuk mencegah infeksi akibat radang tenggorokan.

5. Cengkeh

Beberapa jenis bumbu dapur memang terbukti mampu mengatasi radang tenggorokan secara alami. Adapun cara pengolahannya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok teh serbuk cengkeh dalam air matang. Lalu gunakan untuk berkumur.

6. Madu 

Bahan alami yang satu ini sudah tidak diragukan lagi mengenai berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Madu terbukti memiliki kandungan anti bakteri yang mampu mengatasi radang tenggorokan dengan cepat.  Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mengkombinasikan madu dengan jeruk lemon dan langsung meminumnya.

7. Teh

Cara mengatasi radang tenggorokan selanjutnya yaitu menggunakan teh. Salah satu jenis teh yang dianjurkan yaitu chamomile untuk mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Anda dapat menikmati teh dengan madu dan minum selagi hangat secara rutin.

8. Jahe

Jehe memiliki kandungan ekspektoran  yang mampu meredakan nafas serta mengeluarkan lendir berlebih dalam tenggorokan. Cara mengatasi dengan jahe dapat dilakukan dengan merebusnyanya selama tiga menit dan minum air rebusan tersebut selagi hangat. Anda juga dapat mencampurkannya dengan teh.

9. Jeruk lemon

Selain mencampurkan lemon dengan madu, Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus sebagai salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan. Kemudian campur jus lemon sebanyak 2 sendok makan ke dalam satu gelas air yang hangat.

Lakukan pengobatan alami ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari sebelum makan dan hindari penggunaan gula.

10. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang efektif dan berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami. Caranya yaitu dengan memasukkan beberapa kunyit dalam 200 cc air, lalu tambahkan dengan sedikit garam. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.