-->

MENU

Cara Mengobati Sakit Panu Dengan Cepat Hanya Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengobati Sakit Panu Dengan Cepat Hanya Menggunakan Bahan Alami
Cara Mengobati Sakit Panu Dengan Cepat Hanya Menggunakan Bahan Alami

Tinea Versicolor merupakan sebutan ilmiah untuk panu, yang merupakan masalah kesehatan kulit akibat jamur. Kemunculan panu pada tubuh ditandai dengan munculnya bercak putih ataupun coklat di bagian kulit tangan, paha, leher, dada, punggung, bahkan di wajah.

Tentu permasalahan tersebut akan sangat mengganggu bagi para penderitanya, terutama dari segi penampilan. Cara menghilangkan panu sendiri dapat dilakukan dengan berbagai macam obat medis yang saat ini banyak tersedia di pasaran.

Namun, sebaiknya Anda tidak gegabah menggunakan obat tanpa petunjuk dari dokter serta menghindari efek samping dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu, kami mempunyai solusi sehat bagi Anda untuk mengobati panu menggunakan bahan alami. Mau tahu caranya? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Minyak Pohon Teh

Mengatasi panu menggunakan bahan alami pertama adalah dengan memanfaatkan minyak pohon teh. Selain panu, tea tree oil juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Bahan alami untuk sakit panu ini dapat Anda peroleh secara mudah di apotek-apotek terdekat. Oleskan secara rutin sebanyak satu kali dalam sehari. Pengobatan rutin selama dua minggu terbukti memberikan khasiat yang baik untuk mengatasi sakit panu secara alami dan cepat.

2. Bawang Putih

Lagi-lagi bumbu dapur yang satu ini juga memegang peranan penting dalam mengatasi masalah kesehatan. Kali ini, bawang putih termasuk dalam salah satu cara mengobati panu secara alami.

Cara mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memotong 1 buah bawang putih menjadi 2 bagian, lalu gosok-gosokkan dan diamkan beberapa saat pada kulit yang mengalami panu. Getah dari bawang putih menjadi salah satu obat alami untuk panu yang terbukti keampuhannya.

3. Belerang

Air panas alami yang berada di area pegunugan sebagian besar mengandung belerang dan kandungan tersebut menjadi salah solusi ampuh untuk mengatasi panu secara alami. Namun, pengobatan alami tersebut tentu tidak dapat dilakukan secara rutin, mengingat jarak dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakannya.

Sehingga Anda dapat membeli belerang yang saat ini juga tersedia di apotek. Tumbuk belerang secukupnya, lalu tambahkan dengan minyak kelapa serta jeruk nipis. Aduk hingga rata dan oleskan pada kulit yang mengalami panu. Lakukan cara pengobatan tersebut sebanyak dua kali sehari.

4. Getah Daun Jarak

Tanaman yang satu ini mungkin lebih mudah Anda temukan di area pedesaan. Getah dari daun jarak memiliki khasiat yang baik dalam mengobati sakit panu secara alami. 

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan sakit panu secara alami menggunakan getah daun jarak yaitu dengan langsung menggosokkan daunnya pada bagian kulit yang terserang penyakit panu. Selanjutnya, gosokkan getahnya pada lokasi yang sama.

5. Lengkuas

Tanaman yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ini juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengobati panu. 

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk pengobatan alami sakit panu adalah mengoleskan lengkuas yang diiris terlebih dahulu pada kulit yang panuan. Cara kedua yaitu dengan menghaluskan lengkuas terlebih dahulu lalu memerasnya. Setelah itu, oleskan perasan tersebut pada bagian kulit yang mengalami panu.

6. Belimbing Wuluh

Selain sebagai sayuran, belimbing dengan rasa sangat asam ini rupanya memiliki khasiat yang baik dalam menyembuhkan penyakit panu secara alami.

Cara pengobatan alami untuk sakit panu ini dilakukan dengan menghaluskan belimbing wuluh terlebih dahulu. Campurkan dengan sedikit air kapur sirih dan aduk hingga merata. Lalu, oleskan ramuan herbal untuk panu tersebut secara merata dan lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk memperoleh hasil maksimal.

7. Sari Cuka Apel

Untuk cara mengatasi panu dengan bahan alami berikutnya, dapat dilakukan dengan mencapurkan sari cuka apel ke dalam secangkir teh. Aduk obat alami untuk sakit panu tersebut hingga merata lalu oleskan pada bagian kulit yang terserang jamur tersebut.