-->

MENU

Cara Mengobati Gondongan (Mumps) Secara Alami

Cara Mengobati Gondongan (Mumps) Secara Alami
Cara Mengobati Gondongan (Mumps) Secara Alami

Mumps merupakan infeksi yang menyerang kelenjar air liur (parotis). Penyakit yang juga disebut dengan gondongen ini dapat menimbulkan pembengkakan pada area kelenjar parotis.

Tentu siapapun yang mengalaminya akan merasa sangat tidak nyaman. Karena selain bengkak, penyakit gondongan juga menimbulkan rasa sakit hingga nyeri kepala selama dua hari berturut-turut.

Oleh sebab itu, pengobatan yang ampuh akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang sedang mengalaminya, seperti cara mengobati gondongan yang telah kami cantumkan di bawah ini. 

1. Jahe

Merupakan salah satu cara mengobati penyakit gondongan yang dapat Anda coba. Tanaman yang satu ini bermanfaat untuk mengurangi bengkak akibat gondongan.

Cara penyajiannya yaitu dengan menumbuk jahe dan mengoleskan pada area yang terserang penyakit tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menuangkan jahe yang telah dihaluskan pada kassa dan mengompreskannya di area yang bengkak.

2. Nasi Hangat

Pengobatan alami berikutnya yaitu menggunakan nasi dalam kondisi hangat. Cara mengobati gondongan dengan nasi hangat merupakan solusi kesehatan yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang.

Caranya, ambil nasi yang masih hangat secukupnya, lalu kepal-kepal hingga membentuk bulatan. Oleskan pada bagian kulit yang mengalami gondongan dan berikan bekas kepalan nasi tersebut pada anjing. Hal ini dipercaya dapat membuang gondong pada anjing yang memakan nasi tersebut.

3. Daun Tapak Dara

Tanaman yang satu ini dipercaya menjadi salah satu cara mengobati gondongan yang sangat ampuh. Jika Anda membutuhkan pengobatan alami untuk gondongan, maka Anda bisa membuat ramuan yang terbuat dari daun tapak dara.

Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu menyiapkan daun tapak dara sebanyak 1 genggam, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan daun tapak dara pada bagian yang mengalami gondongan dan lakukan secara rutin hingga sembuh.

4. Bulao

Selain berkhasiat untuk memutihkan gigi, bulao juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit gondongan secara alami. Cara pengobatan yang satu ini dilakukan dengan mencampurkan bubuk bulao secukupnya dengan air hangat. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang gondongan.

5. Daun Belimbing Wuluh

Buah dengan rasa asam ini juga dipercaya memiliki khasiat baik untuk menyembuhkan gondongan secara alami, yaitu pada bagian daunnya.

Cara mengobati gondongan kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebanyak 10 lembar daun belimbing wuluh dan 4 buah bawang putih. Kemudian, tumbuk semua bahan sampai halus dan lumurkan pada tubuh yang terserang gondongan.

6. Bunga Sepatu

Jika di sekitar rumah Anda terdapat banyak bunga sepatu, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai penyakit gondongan. Gunakan daun ataupun bunga sepatu sebanyak 30 gram, lalu rebus dalam 400 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya. 

Cara mengobati penyakit gondongan dengan bunga sepatu dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari, dengan porsi 200 ml untuk satu kali minum.

7. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk mengobati penyakit gondongan. Caranya yaitu dengan mencampurkan kunyit sebesar jari telunjuk dengan bubuk margosa. Aduk hingga membentuk pasta lalu oleskan pada bagian tubuh yang bengkak akibat gondongan.

Selain itu, cara mengobati gondongan dengan bahan dasar kunyit juga dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan alami lainnya, yaitu tapak dara, kencur, adas, temulawak, dan temu ireng ke dalam 3 gelas air.

Kemudian rebus semua bahan tersebut sampai mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya. Saring terlebih dahulu dan minum selagi hangat setiap pagi dan malam hari.

8. Simbar Menjangan

Tumbuk dua lembar daun simbar menjangan hingga halus. Jangan lupa tambahkan dengan sedikit air dan garam saat menghaluskannya. Lalu, oleskan pada bagian yang mengalami gondong sebanyak 2 kali dalam sehari sampai sembuh.

Nah, itulah beberapa cara mengobati penyakit gondongan yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba.