-->

MENU

Cara Alami Mengobati Penyakit Tetanus Yang Terbukti Ampuh Dan Tanpa Efek Samping

Cara Alami Mengobati Penyakit Tetanus Yang Terbukti Ampuh Dan Tanpa Efek Samping
Clostridium tetanus merupakan salah satu jenis kuman yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit tetanus. Mikroorganisme tersebut banyak ditemukan pada tempat-tempat yang kotor seperti paku berkarat, tanah, atau di benda-benda tajam seperti kawat.

Cara Pengobatan Penyakit Tetanus

Jika tubuh terkontaminasi dengan barang-barang tersebut yang tentunya mengandung Clostridium tetani, maka serangan yang terjadi adalah pada bagian saraf dengan menimbulkan reaksi pada tubuh seperti kejang, sakit kepala, otot perut menjadi kaku, hingga timbul demam.

Mengenal penyakit tetanus bukanlah hal yang sulit. Dengan melihat tanda gejala di atas, terutama pada orang yang baru kontak dengan benda tajam berkarat, maka bisa langsung ditegakkan diagnosa penyakit tetanus pada orang tersebut.

Ada pengobatan medis yang dapat diberikan langsung pada penderita penyakit tetanus. Namun, jika peristiwa tersebut terjadi di rumah dan Anda ingin segera mengatasinya, maka bahan alami untuk tetanus adalah solusi tepat yang dapat digunakan.

1. Kencur

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit tetanus adalah menggunakan rimpang kencur. Ada dua cara pengolahan kencur untuk pengobatan alami penyakit tetanus, yaitu sebagai berikut :
  • Pertama, Anda dapat mencuci kencur menggunakan air panas agar steril, kemudian dilumatkan hingga halus. Selanjutnya, Anda dapat meletakkan hasil lumatan tersebut di atas luka tetanus dan balut menggunakan kain bersih ataupun kassa. 
Pengobatan tetanus secara alami ini dapat dilakukan secara rutin, dengan penggantian ramuan setiap 2 hari sekali.
  • Cara mengobati tetanus menggunakan kencur berikutnya adalah mencampurkan lumatan kencur tersebut di atas dengan 5 lembar daun dadap, asam kawak, dan setengah biji pinang. Haluskan bahan-bahan alami tersebut dan campur hingga merata, lalu letakkan di luka tetanus dan balut dengan kassa atau kain bersih.
2. Akar Mengkudu

Cara pengobatan alami untuk penyakit tetanus berikutnya adalah dengan memanfaatkan akar mengkudu. Tidak hanya buahnya, tanaman yang identik dengan pengobatan herbal ini juga memiliki khasiat yang baik pada bagian akarnya, terutama sebagai pengobatan tetanus dengan bahan alami.

Tumbuk akar mengkudu tersebut hingga halus, lalu rebus dalam 3 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan air hanya bersisa setengah bagiannya saja. Saring dan minum selagi hangat. Konsumsi bahan alami pengobatan tetanus ini dapat Anda ulangi sebanyak 3 kali dalam sehari.
3. Daun Sirsak

Daun sirsak juga menjadi bahan alami yang cukup populer dengan khasiat ajaibnya untuk berbagai macam penyakit. Salah satu manfaatnya adalah sebagai cara mencegah penyakit tetanus sekaligus mengobatinya. 

Pengolahan bahan alami untuk menyembuhkan tetanus ini dilakukan dengan cara merebusnya dalam 3 gelas air bersih. Pastikan Anda telah mencuci daun-daun sirsak tersebut terlebih dahulu sampai bersih.

Tunggu air rebusan daun sirsak hingga mendidih dan bersisa satu setengah gelas saja. Minum selagi hangat dan Anda dapat menyaring daunnya terebih dahulu. Ulangi konsumsi pengobatan penyakit tetanus secara alami ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

4. Asam Trengguli

Cara menyembuhkan penyakit tetanus secara alami yang paling populer adalah menggunakan asam trengguli. Selain asam trengguli, Anda juga harus mencampurkan beberapa bahan alami lain untuk membuat ramuan tradisional yang satu ini.

Siapkan 5 lembar daun ngikolo, setengah rimpang bangle, setengah kencur, gula aren, 10 lembar daun sembung, serta asam trengguli sebanyak 3 buah. Masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam air sebanyak 4 gelas ukuran sedang. Panaskan hingga mendidih dan air rebusan asam trenggili hanya berisisa 3 gelas.

Konsumsi selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik dari salah satu cara mengatasi tetanus secara alami yang satu ini.

5. Akar Jarak

Ingin mengobati tatanus menggunakan bahan alami? Maka salah satu jawaban yang dapat kami berikan adalah memakai akar jarak. Pertama-tama, Anda dapat mencuci akar jarak sampai bersih, lalu tumbuk kasar.

Masukkan hasil tumbukan akar jarak tersebut dalam 3 gelas air bersih dan panaskan hingga mendidih. Tunggu rebusan air tersebut hingga bersisa setegah bagiannya. Minum pengobatan tetanus dengan bahan alami yang satu ini secara rutin, pagi dan sore untuk mendapatkan khasiat terbaiknya.

6. Gula Enau

Cara menyembuhkan penyakit tetanus dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan gula enau yang dicampur bahan-bahan alami lainnya mulai dari daun cekur, ngkilo, asam trengguli, daun sembung, dan bangle. 

Bersihkan seluruh tanaman herbal tersebut dan masukkan ke dalam wadah yang berisi 3 gelas air bersih. Rebus bahan pembuatan ramuan tradisional untuk penyakit tetanus tersebut hingga mendidih dan air hanya bersisa setengah bagiannya saja.

Minum selagi hangat dan ulangi konsumsi herbal alami penyakit tetanus ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Daun Cekur

Membuat pengobatan alami untuk penyakit tetanus ini juga dilakukan dengan mencampurkan berbagai macam bahan alami lainnya. Beberapa bahan pelengkap lain sebagai cara mengobati tetanus adalah daun jinten, daun ngokilo, dan gula enau.

Cuci bersih semua bahan tersebut dan masukkan ke dalam wadah berisi 3 gelas air yang sudah terdapat daun cekur di dalamnya. Tunggu hingga mendidih dan sisakan air hingga setengah bagian.

Lakukan cara pengobatan alami penyakit tetanus ini sebanyak 3 kali dalam sehari. maka Anda akan mendapatkan kesembuhan penyakit tetanus dengan mudah dan tanpa pengobatan medis.

Cara Pencegahan Penyakit Tetanus

Selain menerapkan cara pengobatan tetanus alami di atas, Anda juga harus senantiasa melakukan pencegahan berikut ini :

1. Imunisasi

Saat ini daftar imunisasi dasar yang diberikan di Indonesia salah satunya adalah untuk mencegah penyakit tetanus. Selain diberikan sejak bayi, imunisasi Tetanus juga kembali diberikan pada anak-anak SD serta calon pengantin wanita.

Imunisasi yang dilakukan pada calon pengantin wanita berguna untuk mencegah terjadinya Tetanus Neonatorum atau penyakit tetanus yang terjadi pada bayi baru lahir. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada kondisi bayi sehingga sebelum menikah, wanita diwajibkan melakukan imunisasi ini.

2. Merawat Luka

Terkadang penyakit tetanus juga dapat masuk ke dalam tubuh akibat kondisi luka yang tidak terawat atau infeksi. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit tetanus, sebaiknya Anda harus melakukan perawatan dengan baik, serta selalu memperhatikan sisi kesterilannya.

3. Meningkatnya Daya Tahan pada Tubuh

Cara pencegahan penyakit tetanus yang satu ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari rutin melakukan kegiatan olahraga, makan makanan yang sehat, serta mengatur jadwal istirahat yang teratur. Dengan kondisi tubuh yang fit, maka penyakit tetanus dapat semakin diminimalisir untuk melakukan serngan terhadap tubuh Anda.

Demikian cara mengobati penyakit tetanus dengan bahan alami yang dapat kami sampaikan. Perlu diketahui bahwa pengobatan medis juga masih menjadi pertolongan pertama yang dapat digunakan untuk menangani penderita penyakit tetanus, yaitu dengan Anti Tetanus Serum yang merupakan antibiotik untuk mencegah timbulknya racun akibat tetanus.


Semoga topik artikel yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat serta info baru bagi Anda.