-->

MENU

Jenis-Jenis Penyakit Stroke Dan Cara Mengobatinya Yang Benar

Jenis-Jenis Penyakit Stroke Dan Cara Mengobatinya Yang Benar
Penyakit stroke merupakan kondisi seseorang dimana suplai darah menuju otak mengalami gangguan secara tiba-tiba. Selain menimbulkan kelumpuhan, dampak yang dapat terjadi adalah kematian. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara pengobatan alami untuk mengatasi stroke, selain pengobatan medis. 

Cara Mengobati Penyakit Stroke


Stroke merupakan kategori penyakit berat yang dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan gejala yang ditimbulkan.
  • Stroke Sementara. Dapat pulih dalam hitungan menit atau jam.
  • Stroke Ringan. Dapat pulih dalam hitungan minggu.
  • Stroke Berat. Menimbulkan kecacatan, sulit disembuhkan secara total, hingga terjadinya kematian.
Sedangkan secara umum, jenis-jenis penyakit stroke adalah sebagai berikut :
  • Stroke Iskemik. Penyumbatan pembuluh darah otak karena penumpukan kolesterol.
  • Stroke Hemoragik. Pembuluh darah pecah dan seringkali terjadi pada mereka yang mengalami hipertensi.
Mengatasi Penyakit Stroke dengan Bahan Alami

Setelah mengenal penyakit stroke, dari jenis-jenisnya, berikut akan kami sajikan beberapa cara mengobati penyakit stroke dengan bahan alami :

1. Bayam

Sayur-sayuran hijau memang menjadi salah satu pengobatan alami yang baik untuk penyakit stroke. Kandungan asam folat yang terkandung dalam sayur bayam sangat baik untuk memperbaiki kerusakan pembuluh darah pada otak.

Dengan konsumsi rutin, sayur bayam terbukti mampu mengatasi masalah pecahnya pembuluh darah pada otak.  Anda dapat memakannya secara langsung maupun mengolahnya dengan aneka menu masakan sesuai selera. Usahakan tidak menggunakan minyak saat mengolahnya.

2. Daun Sambiloto

Salah satu tanaman tradisional ini seringkali dijadikan sebagai cara mengobati penyakit stroke. Sebab, penelitian berhasil menyimpulkan bahwa daun sambiloto mampu menyembuhkan penyakit stroke ringan.

Anda dapat menggunakan daun sambiloto sebagai cara pengobatan alami untuk penyakti stroke denga merebus 7 lembar daun sambiloto dalam setengah cangkir. Tunggu hingga mendidih dan Anda dapat mencampurkan dengan sedikit madu atau gula merah sebelum mengkonsumsinya.

3. Daun Salam

Mengenai pengobatan stroke secara alami berikutnya juga dilakukan dengan merebus 6 helai daun salam dalam 3 gelas air. Terlebih dahulu anda harus mencucinya dan memotongnya menjadi ukuran kecil. Lalu, campurkan dengan beberapa bahan alami lain yaitu 6 siung bawang merah dan jamur kuping hitam.

Rebus ketiga bahan alami tersebut dalam 6 gelas air dan sisakan hingga menjadi setengah bagiannya saja. Minumnya sebanyak 3 kali dalam sehari dan cara alami mengatasi penyakit stroke menggunakan daun salam akan memberikan hasil yang baik.

4. Minyak Zaitun

Merupakan salah satu pengobatan yang disyiarkan dalam agam Islam karena berbagai khasiatnya. Salah satunya adalah manfaatnya sebagai solusi jitu menyembuhkan stroke secara alami.

Kandungan omega-9 dalam minyak zaitun terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat sehingga resiko penyumbatan pembuluh darah pada otak dapat semakin ditekan. 

5. Buah Apel

Penelitian berhasil menemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat menjadi salah satu cara ampuh menyembuhkan stroke secara alami yaitu dengan menurunkan resiko terjadinya hingga sebanyak 50%.

Kandungan quercetin yang banyak ditemukan dalam buah apel terbukti mampu meminimalisir terjadinya pengerasan serta sumbatan dalam pembuluh darah.

6. Bunga Mawar

Untuk menyembuhkan stroke secara alami menggunakan bunga mawar, Anda dapat membuat ramuan tradisional yang terdiri dari 2 kuntum mawar, daun dewa sebanyak 30 gram, serta 25 gr temu hitam, dalam 3 gelas air. Rebus ketiga bahan tersebut hingga mendidih dan air hanya bersisa setengah bagian. 

Selain bunga mawar yang memiliki kemampuan mengatasi penyakit stroke secara alami, daun dewa juga memiliki banyak khasiat, antara lain untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah perdarahan, pembengkakan, mengobati luka bakar, patah tulang, serta pembekuan darah.

7. Ubi Jalar

Siapa yang menyangkan jenis umbi-umbian ini juga memiliki peranan sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati penyakit stroke. Kandungan fitonutrien yang banyak ditemukan di dalamnya memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus. 

8. Daun Pegagan

Cara pengobatan alami untuk stroke berikutnya adalah dengan daun pegagan, yang memiliki khasiat melancarkan peredaran darah. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun pegagan secara rutin setiap harinya.

Pertama-tama, siapkan 20 gr daun pegagan dan masukkan dalam 3 gelas air dan rebus hingga mendidih. Tunggu hingga air hanya bersisa setengahnya saja dan Anda dapat meminumnya selagi hangat.

9. Mengkudu

Anda dapat mengkombinasikan pengobatan stroke secara alami yang satu ini, yaitu mulai dari buah mengkudu sebayak 40 gram, daun dewa 30 gram, jahe merah 20 gram, dan daun cermai 20 gram. Rebus keempat bahan tersebut dalam 4 gelas air putih hingga bersisa setengah bagian.

Konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dari salah satu cara mengobati stroke secara alami tersebut.

Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Stroke

Setelah Anda mengetahui berbagai macam bahan alami untuk menyembuhkan penyakit stroke, berikut akan kami sajikan beberapa cara untuk mencegah penyakit stroke :

1. Mengendalikan Stress

Salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke adalah dimulai dari kondisi tekanan darah yang terlalu tinggi. Tentu hal tersebut sangat berhubungan dengan kondisi jiwa dari penderita. Banyak penderita hipertensi yang dilatar belakangi dengan tingkat stress yang tinggi.

Oleh sebab itu, untuk mengobati penyakit stroke secara alami, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk selalu rileks dan tidak memikirkan segala permasalahan yang sedang dihadapi. Anda dapat mencari hiburan seperti pergi jalan-jalan di luar area rumah.

2. Makan Makanan Sehat

Faktor utama yang juga menjadi pemicu penyakit stroke adalah makanan yang tidak terkontrol. Seringkali mereka yang menderita stroke sangat menyukai makanan siap saji dan instan, tanpa memperdulikan kandungan lemak jahat ataupun pengawet yang terkandung di dalamnya.

Lemak jahat serta zat-zat lain yang menumpuk dalam pembuluh darah, lama-lama akan menumpuk sehingga menimbulkan sumbatan. Adanya sumbatan pada pembuluh darah otak itulah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit stroke. Pada kasus berat, pembuluh darah otak akan pecah dan berdampak pada kematian.

Selain makanan yang banyak mengandung lemak, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol sebagai pencegahan penyakit stroke secara alami dan memperbanyak serat.

3. Rajin Berolahraga

Kegiatan yang satu ini tidak harus dikerjakan dengan tingkat kesulitan tinggi yang dapat menguras banyak tenaga. Anda dapat memulai aktivitas olahraga hanya dengan berjalan-jalan santai saat pagi hari dan sore hari sebagai salah satu cara mengatasi penyakit stroke.

Kondisi tubuh yang selalu fit akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar serta makanan yang masuk dalam tubuh tidak akan mudah tersumbat dalam pembuluh darah.

4. Berhenti Merokok

Siapa yang tidak mengetahui efek samping dari batang rokok? Adanya gangguan pada jantung yang diakibatkan oleh rokok tentu akan menimbulkan efek samping yang negatif terhadap kelancaran aliran darah.  

Oleh sebab itu, Anda harus mengurangi atau menghentikan aktivitas merokok untuk mencegah timbulnya penyakit mematikan yang satu ini.

Beberapa cara mengobati stroke secara alami di atas semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Selain itu, Anda juga harus menerapkan cara pencegahan penyakit stroke agar tubuh senantiasa dalam kondisi sehat.