-->

MENU

Penyebab Dan Gejala Asam Lambung Naik

Penyebab Dan Gejala Asam Lambung Naik
Gejala Asam Lambung - Asam Lambung naik dikarenakan adanya penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis. Penyakit Asam Lambung terjadi ketika asam lambung atau terkadang isi lambung naik kembali ke esofagus, sehingga penderita akan mengalami mual bahkan muntah akibat naiknya asam lambung maka akan mengiritasi dan membakar esofagus atau kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa panas pada dada sampai bagian dalam leher bahkan tenggorokan.

Penyebab Dan Gejala Asam Lambung Naik
Gejala Asam Lambung

Nah, untuk menghindari komplikasi berbahaya tersebut, mengetahui lebih awal penyebab dan gejala asam lambung naik adalah cara tepat untuk mencegah komplikasi berbahaya penyakit Asam Lambung ini. Dibawah ini ada beberapa Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik.

Penyebab Dan Gejala Asam Lambung Naik

1. Penyebab Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter. LES adalah otot yang mencegah aliran balik makanan. LES bertugas sebagai pintu otomatis yang akan membuka ketika makanan atau minuman masuk ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan tertutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung tidak naik.

Jika LES menjadi lobeh dan tidak tertutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan asam lambung naik. Penyebab Asam Lambung Naik biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obatan, berat badan naik, keadaan hamil, atau mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

2. Gejala Asam Lambung Naik

Ada beberapa gejala asam lambung naik yang sama dengan gejala sakit maag, dengan demikian, asam lambung naik tidak sama dengan penyakit maag, walaupun memiliki Penyebab dan Gejala yang sama percis. Dibawah ini gejala-gejala dari asam lambung naik :

Timbul rasa terbakar pada bagian dada

Asam lambung naik mempunyai gejala yang bernama reflux, yaitu kondisi dimana asam lambung akan naik dari dalam lambung menuju ke bagian mulut. Hal ini mempunyai efek panas dan terbakar pada daerah yang dilewati oleh naiknya asam lambung tersebut, antara lain adalah pada dada dan rongga dada.

Perut nyeri dan perih

Asam lambung naik mempunyai gejala yang sama dengan sakit maag. Salah satu gejala yang sama adalah sama-sama memberikan rasa perih dan nyeri pada perut. Tetapi bedanya adalah, rasa nyeri yang disebabkan oleh asam lambung naik biasanya akan timbul ketika kamu mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan asam lambung naik pada tubuh kamu. Makanan-makanan yang biasanya dapat menyebabkan naiknya asam lambung antara lain, Makanan yang bersifat asam, seperti cuka dan buah yang asam, Nangka muda.

Perut mual dan kembung

Salah satu efek lanjutan dari gejala asam lambung naik adalah terasa mual pada bagian perut. rasa mual ini akan timbul karena adanya rasa perih dan nyeri pada bagian lambung kamu, sehingga seakan-akan bagian lambung terasa begah dan kembung karena asam lambung naik. Biasanya mual-mual ini juga akan dirasakan setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

Muntah-muntah

Gejala asam lambung naik yang lainnya adalah muntah-muntah. Berbeda dengan muntah biasa karena efek makanan, biasanya sebelum muntah akan diawali oleh gejala reflux atau asam lambung naik ke kerongkongan sampai mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsomsi makanan yang mempunyai kadar asam yang tinggi.

Bersendawa

Bersendawa merupakan salah satu gejala lanjutan dari reflux atau asam lambung naik kearah kerongkongan sampai mulut. Biasanya, sendawa akan timbul sangat sering dan berulang-ulang terutama dalam jangka waktu dimana asam lambung kamu mengalami naik dan belum teratasi. Terkadang gejala ini juga disertai dengan rasa mual dan juga keinginan untuk muntah.

Mulut pahit

Selain muntah muntah, gejala lain dari asam lambung naik adalah Mulut terasa pahit karena efek dari asam lambung naik sampai ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

Susah menelan makanan

Gejala lain yang muncul karena asam lambung naik adalah susah menelan makanan. Hal ini terjadi karena asam lambung naik sampai ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat dan membuat penderitanya merasa bahwa bagian tenggorokannya mengalami benjolan-benjolan yang menghalangi prosesetertelannya makanan menuju ke lambung.

Laringitis

Laringitis merupakan suatu bentuk peradangan yang timbul pada bagian laring atau pita suara. Laryngitis dapat terjadi karena naik zat asam ke daerah kerongkongan dan tenggorokan sehingga dapat meninfeksi bagian pita suara seseorang, walaupun tidak sampai merusak pita suara. Berikut ini adalah efek dari laryngitis antara lain, Rasa nyeri dan sakit pada bagian kerongkongan hingga tenggorokan, Suara berubah menjadi serak dan parau, Sulit menelan makanan atau merasakan sakit ketika akan menelan makanan.

Mulut bau

Sifat asam dapat mengeluarkan bau mulut. Asam lambung naik sampai ke mulut akan menimbulkan efek bau mulut yang tidak sedap. Hal ini akan membuat kamu menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan orang lain, sehingga akan membuat kamu dijauhi orang karena bau mulut kamu.

Timbul air liur yang berlebihan

Salah satu gejala lain dari naiknya asam lambung adalah produksi air liur yang semakin banyak dan berlebihan. Timbulnya air liur yang berlebihan ini biasanya merupakan tanda dari proses pembersihan iritan-iritan yang berada pada lambung.

Mungkin itu saja yang perlu kamu ketahui tentang penyebab dan gejala asam lambung naik, dengan adanya informasi ini kamu bisa mencegahnya. Terima kasih...