-->

MENU

Pengobatan Tradisional Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Pengobatan Tradisional Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur
Pengobatan Menstruasi Tidak Teratur - Menstruasi adalah proses peluruhan bagian dalam dinding rahim yang mengandung banyak pembuluh darah dan keluar melalui itu kamu, akibat tidak dibuahinya sel telur.

Bagi para wanita, memiliki jadwal menstruasi yang rutin tentu dapat membuat perasaan menjadi lega. Berbeda dengan menstruasi tidak teratur yang dapat menimbulkan kekhawatiran.

Pengobatan Tradisional Untuk Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Sebab, sebagian besar gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita juga ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun, diagnosa yang ditegakkan juga belum dapat dipastikan sebelum melihat beberapa penyebab haid tidak rutin di bawah ini.

Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Tidak Lancar
  • Adanya gangguan pada metabolisme tubuh
  • Mengalami stress atau depresi
  • Gangguan pada fungsi hormon
  • Kelenjar tiroid yang terganggu
  • Berat badan yang turun
  • Melakukan diet ketat

Cara Mengatasi masalah Haid yang Tidak Teratur

1. Daun Srigading

Pengobatan untuk menstruasi tidak teratur yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan daun srigading. 

Potong-potong daun dan bunga srigading secukupnya, jintan hitam ¾ sendok teh, perasan jeruk nipis 2 buah, adas ½ sendok teh, 2 bunga kusumba kering, dan gula batu. Setelah dipotong, rebus semua bahhan tersebut dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sampai air hanya tersisa 2 ¼ gelas.

Minum selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari dengan takaran ¾ gelas untuk setiap jadwal.

2. Jus Labu

Selain daun srigading, jus labu juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan menstruasi tidak lancar secara alami. Sebaiknya Anda menambahkan madu dalam larutan jus labu untuk membuat rasanya lebih enak saat dikonsumsi.

3. Buah Anggur

Pengobatan alami haid tidak lancar selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memakan buah anggur secara teratur. Cara pengobatan haid tidak teratur ini sangat mudah Anda lakukan di rumah. Tanpa khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, maka masalah gangguan menstruasi dapat segera teratasi.


4. Biji Wijen

Untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, Anda juga bisa memanfaatkan biji wijen sebagai salah satu solusinya. Pertama, rendam biji wijen secukupnya ke dalam air hangat dengan durasi waktu semalaman. 

Saat pagi hari, minum air rendaman biji wijen tersebut sebelum sarapan pagi. Pengobatan alami menstruasi tidak normal ini dapat dilakukan selama satu minggu dan sebelum datangnya jadwal menstruasi.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu pengobatan alami haid tidak lancar yang juga terbukti keefektifannya. Selain populer dengan khasiatnya sebagai penyubur rambut, tanaman alami yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan haid.

Untuk mengkonsumsinya, olah lidah buaya secukupnya menjadi minuman jus. Kupas kulitnya dan cuci bersih sebelum menghaluskannya dengan blender.

6. Bunga Mawar

Untuk mengatasi masalah haid, buanga mawar dapat diolah dengan cara merebusnya dengan lidah buaya. Setelah mendidih, minum ramuan tersebut secara teratur, maka menstruasi Anda akan kembali lancar.

7. Daun  Pepaya

Selain melancarkan menstruasi secara alami, daun pepaya juga memiliki khasiat untuk menghilangkan nyeri saat haid atau dismenore. Rebus daun pepaya, garam, dan buah asam sampai mendidih. Minum selagi hagat dan secara teratur.

8. Cuka Apel

Pengobatan haid tidak teratur yang terakhir adalah menggunakan cuka apel yang dicampurkan dengan air hangat. Minum secara teratur hingga masalah menstruasi Anda akan segera teratasi.


Demikian pengobatan alami dan tardisional untuk mengatasi menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat.