-->

MENU

Pengobatan Kuku Rusak (jamur kuku) Dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Pengobatan Kuku Rusak (jamur kuku) Dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami
Pengobatan Kuku Rusak - Kuku yang ada di kaki lebih sering mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan kuku di bagian tangan. Hal ini disebabkan oleh frekuensi perawatan kuku kaki yang sangat sering diabaikan. Seperti penggunaan alas kaki tertutup yang membuat kita lupa untuk melakukan perawatan.

Adapun penyebab dari masalah tersebut adalah infeksi jamur. Akibat kondisi kaki yang lembab, jamur akan berkembang dan membuat kuku menjadi kasar, tebal, kuning ataupun putih, bahkkan sampai terlepas.

Pengobatan Kuku Rusak (jamur kuku)

Jika Anda mengalami permasalahan tersebut, ada beberapa tips yang sangat mudah dilakukan di rumah untuk pengobatan kuku rusak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa efek samping. Beberapa tips kesehatan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Air Garam

Pengobatan kuku rusak menggunakan air garam terbukti mampu mencegah serta mengatasi penyebaran bakteri jahat. Anda bisa menyiapkan air garam yang hangat dalam sebuah waskom sedang untuk mengobobati kuku rusak serta mencegah terjadinya infeksi berlanjut.

Merendam kaki dalam air garam hangat secara rutin akan mempercepat proses penyembuhan luka dan kuku Anda yang rusak dapat segera tumbuh kembali dengan normal.

2. Belimbing Sayur

Blimbing sayur atau sering disebut dengan blimbing wuluh merupakan bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk pengobatan alami kuku rusak. Kandungan flavonoid dalam belimbing sayur dapat bekerja secara efektif sebagai anti bakteri.

Selain itu, sayur dengan rasa asam ini juga mengandung tinggi vitamin serta asam amino yang akan mencerahkan warna kuku sekaligus membersihkannya. Caranya, gosokkan bagian dalam dari blimbing wuluh pada daging kuku yang rusak. Diamkan sekitar 10 menit atau hingga mengering.


Lakukan pengobatan secara alami ini sebanyak satu kali dalam seminggu dan jangan lupa membasuhnya dengan air hangat sebagai penutup.

3. Minyak Zaitun

Pengobatan alami kuku rusak berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Rendaman minyak zaitun yang digunakan secara rutin sebanyak 1 kali dalam seminggu dapat memberikan efektifitas yang baik untuk mendapatkan kuku kuat, mengkilat, dan berbentuk lebih sempurna.

4. Makanan Tinggi Kalsium

Tahukah Anda bahwa makanan yang mengandung kalsium juga bermanfaat untuk mengatasi kuku rusak. Makanan tinggi kalsium seperti susu terbukti sangat ampuh untuk menguatkan kuku sehingga tidak mudah patah serta mempercepat proses pertumbuhannya.

Silahkan mengkonsumsi susu secara rutin karena bahan alami dengan tinggi zat besi, vitamin A dan vitamin B2 tersebut sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan kuku yang rusak.

5. Hindari Penggunaan Alas Kaki yang Terlalu Sempit

Tips kesehatan untuk kuku rusak selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan alas kaki tertutup maupun dengan ukuran terlalu sempit. Apabila kuku rusak dipaksakan mengenakan sepatu sempit dan terutup, maka hal tersebut dapat berujung pada infeksi berlanjut.

Biarkan kuku yang rusak tersebut mendapatkan ruang lebih terbuka sehingga adanya kerusakan dapat segera sembuh dan kuku yang baru bisa cepat tumbuh. 

6. Jeruk Nipis

Buah yang kaya akan vitamin C ini juga termasuk dalam salah satu daftar pengobatan kuku rusak secara alami. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Siapkan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Kemudian, masukkan kaki atau tangan yang mengalami kerusakan di bagian kuku selama 15 menit.

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan garam dalam ramuan tersebut. Dengan pengobatan secara rutin, ramuan tersebut mampu mengatasi warna kusam pada kuku yang rusak karena adanya kandungan astrigen dalam buah tersebut.

Demikian artikel tentang pengobatan kuku rusak secara alami, semoga bermanfaat.