-->

MENU

Pengobatan Flu Singapura Secara Alami

Pengobatan Flu Singapura Secara Alami
Pengobatan Flu Singapura Secara Alami

Pengobatan Flu Singapura secara Alami - Flu Singapura merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat menular. Penyakit tersebut lebih banyak terjadi pada anak-anak dengan gejala utama munculnya ruam pada kaki dan tangan.

Walaupun tidak berbahaya dan biasanya akan menghilang dalam hitungan 2 minggu, tetapi dalam kasus langka penyakit flu singapura juga dapat menyebabkan polio, meningitis, hingga kematian.

Selain itu, flu singapura juga tidak menutup kemungkinan dapat menyerang orang dewasa. Sehingga Anda harus mengetahui pengobatan flu singapura yang tepat untuk menghindari permasalahan tersebut.

Gejala Flu Singapura
  • Setelah terinfeksi oleh virus, tubuh akan mengalami gejala berikut ini.
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Ruam kemerahan dan berair pada telapak kaki, telapak tangan, dan pantat
  • Hilangnya nafsu makan
  • Demam
  • Setelah mengalami demam, akan muncul rasa sakit pada area mulut (gusi, pipi bagian dalam, dan lidah)
Anda perlu mengunjungi dokter jika muncul gejala flu singapura yang disertai dengan :
  • Demam tinggi hingga tidak dapat ditangani dengan obat penurun panas
  • Sulit menelan dan menerima asupan makanan serta cairan
  • Gejala flu singapura di atas semakin memburuk hingga 2 minggu
Penyebab Flu Singapura
  • Kurang menjaga kebersihan diri
  • Terlalu banyak beraktivitas di luar rumah
  • Faktor usia
Pengobatan Flu Singapura Secara Alami 

1. Banyak Minum Air Dingin 

Pengobatan flu singapura yang pertama yaitu dengan memperbanyak minum minuman dingin. Hal ini tak lain adalah bertujuan untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu, meningkatkan asupan cairan pada tubuh juga bertujuan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Minuman yang paling disarankan adalah susu dingin. Hindari konsumsi soda atau jus karena dapat menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit flu singapura disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Sehingga menjaga kebersihan diri juga menjadi salah satu cara pengobatan flu singapura yang dapat dilakukan.

Cucilah tangan Anda tiap kali usai mengganti popok, mencuci pakaian yang kotor, serta permukaan barang yang terkontaminasi. Selain itu, bagi anak-anak yang mengalami penyakit tersebut, sebaiknya tetap mandi walaupun tubuh penuh dengan bentolan.

Tambahkan cairan lactacyd baby dalam bak mandi. Pengobatan flu singapura yang satu dapat membantu penyembuhan bekas bentol pada kulit yang berair dan telah pecah. 

3. Air Garam

Gunakan air garam yang hangat untuk berkumur. Siapkan setengah sendok makan garam dapur dalam satu gelas air hangat. Lakukan pengobatan penyakit flu singapura ini secara rutin untuk mengatasi gejala pada area mulut dan tenggorokan.
4. Madu

Pengobatan penyakit flu singapura selanjutnya yaitu menggunakan cairan kental dan manis yang satu ini. Konsumsi madu secara rutin, baik secara langsung atau dengan mencampurkannya dalam satu gelas air hangat terlebih dahulu.

5. Air Kelapa Hijau

Pengobatan untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus menggunakan air kelapa hijau mungkin sudah familiar bagi Anda. Sama halnya dengan penyakit flu singapura. Penyakit yang satu ini juga dapat diatasi dengan konsumsi air kelapa hijau secara rutin untuk menetralisir virus yang masuk dalam tubuh.

6. Membersihkan Peralatan Makan

Penyakit flu singapura memang sangat rentan penularannya. Anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama peralatan makan yang digunakan untuk si buah hati. Rebus alat makan, dot, beserta botol susu hingga mendidih untuk menghilangkan virus yang menyebabkan penyakit flu singapura.

7. Perbanyak Istirahat

Pengobatan flu singapura berikutnya yaitu dengan meningkatkan frekuensi istirahat. Dengan kondisi tubuh yang lebih fit, penyebaran virus dalam tubuh dapat segera dicegah.

Demikian beberapa pengobatan flu singapura secara alami yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.