-->

MENU

Pengobatan Demam Pada Anak Secara Alami Dan Mudah Dilakukan Di Rumah

Pengobatan Demam Pada Anak Secara Alami Dan Mudah Dilakukan Di Rumah
Pengobatan Demam pada Anak - Demam merupakan permasalahan kesehatan yang sering terjadi pada usia anak-anak dengan adanya tanda utama berupa peningkatan suhu, hingga mencapai lebih dari 38 derajat Celsius.

Masalah demam tinggi pada anak yang tidak segera mendapatkan penanganan tentu dapat berujung pada kondisi yang lebih berbahaya, seperti kejang-kejang.

Pengobatan Demam Pada Anak Secara Alami

Sebagai penanganan pertama, Anda harus menyediakan obat penurun panas seperti ibu profen dan paracetamol untuk sang buah hati. Namun, jika pertolongan pertama tersebut tidak segera membuahkan hasil, maka Anda bisa mencoba beberapa bahan alami untuk mengobati demam pada anak-anak berikut ini.

Cara Mengobati Demam pada Anak secara Tradisional

1. Buah Nanas

Pengobatan demam untuk anak-anak yang pertama adalah menggunakan buah nanas. Memakan buah nanas segar secara langsung merupakan salah satu upaya terbaik untuk menurunkan panas dengan cepat. Selain itu, konsumsi jus nanas juga dapat mengatasi masalah dehidrasi.

2. Temulawak

Bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai jamu tradisional ini juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengobati demam pada anak. Selain itu, adanya kandungan germacrene, xanthorrhizol, dan alpha betha curcumena juga dapat dimanfaatkan untuk antibitotik alami.

Cara pembuatan ramuan penurun panas untuk anak-anak ini yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu dan tambahkan sedikit air. Lalu, peras dan saring temulawak yang telah diparut tersebut. Minumkan pada sang buah hati dan jangan lupa menambahkan sedikit madu.

3. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi demam pada anak yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mandi air hangat. Selain nyaman dan dapat membuat tubuh anak-anak menjadi lebih rileks, pengobatan alami demam pada anak ini juga dapat melancarkan sistem pernafasan.

4. Kunyit

Pengobatan demam untuk anak-anak berikutnya juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan nutrisi pada rimpang kunyit. Jenis tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan berupa minyak atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen yang bersifat sebagai anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan bagi si kecil.


5. Hindari Pendingin Ruangan

Cara pengobatan untuk anak-anak yang demam juga dapat dilakukan dengan menghindari pendingin udara, baik kipas angin maupun AC. Selain itu, pakaian yang dikenakan oleh anak-anak sebaiknya tidak terlalu tebal sehingga panas tubuhnya dapat segera keluar.

6. Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini juga masuk dalam daftar pengobatan alami demam pada anak-anak. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah terlebih dahulu dengan cara diparut dan menambahkan sedikit minyak kelapa. Kemudian, oleskan ramuan tersebut di bagian tubuh anak Anda secara merata.

7. Makan Sup Hangat

Cara mengobati anak-anak yang demam dengan sup hangat tentu bukanlah perkara sulit. Siapkan sup ayam yang hangat untuk anak-anak Anda. Cara yang satu ini terbukti sangat ampuh untuk membangun kekebalan tubuh serta melakukan perlawanan terhadap virus.

8. Pemijatan dengan Minyak Peppermint

Minyak peppermint berguna untuk mengatasi demam pada anak-anak secara alami. Mentol yang terkandung di dalamnya juga dapat melancarkan hidung tersumbat serta meringankan gejala dari demam yang lainnya. Lakukan pemijatan secara rutin untuk menurunkan demam tinggi yang dialami si buah hati.

9. Daun Kembang Sepatu

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini karena adanya kandungan polifenol, saponin, minyak astri, dan flavonoida yang mampu mengobati demam pada anak secara ampuh.

10. Air Kelapa Muda

Pada saat anak-anak mengalami panas demam, sebaiknya Anda mewaspadai banyaknya cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan air kelapa untuk menggantikan hilangnya cairan tubuh anak dalam jumlah banyak tersebut.


Demikian beberapa cara pengobatan demam pada anak secara alami yang dapat kami bagikan. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.