-->

MENU

Pengobatan Alami Untuk Kesemutan Yang Terbukti Ampuh

Pengobatan Alami Untuk Kesemutan Yang Terbukti Ampuh
Pengobatan alami untuk Kesemutan - Kesemutan merupakan rasa sakit yang seringkali kita alami, terutama pada orang-orang yang duduk dengan posisi sangat lama ataupun memiliki kebiasaan tidur miring. Secara teori, kesemutan dapat terjadi akibat terhimpitnya pembuluh darah di bagian tubuh tertentu, seperti kaki dan tangan. Kondisi ini akan membuat beberapa bagian tubuh tersebut tidak mendapatkan aliran darah yang banyak sehingga akan merasakan kesemutan.

Pengobatan Alami Untuk Kesemutan

Gejala kesemutan yang akan ditimbulkan memang cukup menyiksa. Banyak yang mengatakan bahwa kesemutan rasanya hampir sama dengan dikerumuni semut dengan jumlah banyak dan disertai rasa sakit seperti ditusuk-tusuk, terutama saat disentuh atau ketika kita memindahkan anggota tubuh yang mengalami kesemutan.

Adapun penyebab paling sering dari kesemutan adalah posisi tubuh kita yang tidak berubah atau saling berhimpit dengan kurun waktu cukup lama. Oleh sebab itu, cara pengobatan kesemutan yang paling utama yaitu dengan menggerakkan anggota tubuh sehingga aliran darah tetap lancar. Selain itu, faktor penyebab kesemutan yang lainnya akan kami sampaikan secara lengkap dalam artikel ini beserta cara pengobatan kesemutan secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah.

Penyebab Kesemutan
  • Konsumsi alkohol dengan jumlah banyak
  • Kekurangan vitamin B1, B6, B12, dan E
  • Penyakit autoimun
  • Adanya kelainan bawaan
  • Menderita diabetes
Pengobatan Kesemutan pada Tangan

Terjadinya kesemutan di area tangan disebabkan oleh aliran darah menuju syaraf tangan yang terhambat. Adapun pengobatan untuk kesemutan di tangan dapat dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini :
  • Posisikan tangan Anda yang kesemutan dengan senyaman mungkin.
  • Apabila tangan kanan yang mengalami kesemutan, maka jentiklah jempol kaki kiri dengan sekuat tenaga.
  • Bergitu juga sebaliknya. Jika tangan kiri yang mengalami kesemutan, maka jentik jempol kaki kanan dengan tenaga sekuat mungkin.
  • Dengan melakukan pengobatan alami kesemutan ini, maka masalah tersebut akan segera teratasi. Pada awalnya, akan terasa seperti ditusuk-tusuk. Dan ketika menggeserkan atau memindahkan tangan yang mengalami kesemutan, maka rasa sakit tersebut akan menghilang dan terasa kebas.
  • Setelah itu, diamkan sampai beberapa menit hingga aliran darah kembali normal dan rasa kebas yang ditimbulkan akan berangsur-angsur menghilang.
Pengobatan Kesemuatan pada Kaki

Sama halnya dengan kesemutan pada tangan, masalah kesemutan di kaki juga diakibatkan oleh terhambatnya aliran darah yang menuju syaraf-syaraf kaki. 
Adapun tips kesehatan yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut :
  • Pertama-tama, posisikan tangan Anda senyaman mungkin.
  • Apabila kaki kanan yang mengalami kesemutan, maka jentikkan jempol tangan kiri sekuat tenaga. Begitu juga dengan kaki kiri. Jentikkan jempol tangan kanan dengan sekuat tenaga.
  • Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kaki Anda akan terasa bagaikan ditusuk-tusuk. Apabila memindahkan bagian tersebut, maka Anda akan merasakan kebas. Namun, tindakan selanjutnya yang bisa dilakukan hanya mendiamkan kaki yang kesemutan dengan posisi nyaman, maka rasa kebas akan menghilang.
Tips Mengobati Kesemutan dengan Bahan Alami

Daun Sirsak

Pengobatan alami untuk kesemutan yang bia Anda gunakan adalah daun sirsak. Tanaman yang satu ini memang terbukti mampu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu sebagai pengobatan kesemutan secara alami.

Caranya, rebus beberapa lembar daun sirsak. Tunggu hingga mendidih dan saring airnya. Minum selagi hangat dan secara teratur. Daun sirsak juga sangat populer dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi penyakit tumor maupun kanker ganas.

Nah, itulah beberapa tips pengobatan kesemutan secara alami yang terbukti sangat efektif dan manjur. Semoga artikel ini menjadi referensi bermanfaat bagi Anda semua.