-->

MENU

Tips Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami Serta Mengenal Tanda Gejala Yang Ditimbulkan

Tips Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami Serta Mengenal Tanda Gejala Yang Ditimbulkan
Tips Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami

Vertigo merupakan salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan aliran darah menuju otak, serta adanya serangan beberapa gejala, seperti pusing, mual, muntah, berkurangnya keseimbangan, hingga menimbulkan ketidaksadaran.

Ketika seseorang mengalami serangan vertigo, sebagian besar akan merasakan keletihan dan ketidakmampuan untuk berdiri dan berjalan hingga beberapa jam lamanya.

Tanda Serta Gejala Penyakit Vertigo

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu penyakit vertigo, ada baiknya mengenal penyakit tersebut terlebih dahulu melalui tanda gejala yang ditimbulkan berikut ini :
  • Adanya rasa pusing dan seolah-olah kondisi di sekitar nampak berputar.
  • Terjadi gangguan pendengaran.
  • Muncul rasa mual hingga muntah.
  • Nafsu makan menurun.
  • Badan terasa sangat letih dan lesu.
  • Berkurangya reaksi pada mata.
  • Terjadi gangguan penglihatan. Seringkali penderita akan melihat objek dengan jumlah ganda.
  • Disertai dengan gerakan mata yang tidak normal.
  • Badan mengeluarkan keringat yang berlebihan.
  • Mengalami kesulitan ketika berjalan bahkan saat berdiri.
  • Telinga berdengung
  • Tidak sadarkan diri
Tips Mengobati Penyakit Vertigo secara Alami

Selain menggunakan pengobatan medis, ada beberapa bahan alami yang juga dapat digunakan untuk mengobati sekaligus mencegah penyakit vertigo secara alami, seperti yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Minum Jahe Hangat

Pengobatan alami yang satu ini memang sudah terbukti khasiatnya untuk meringankan gejala-gejala sakit perut dan nyeri kepala. Jadi, minum air jahe hangat merupakan salah satu cara mengatasi vertigo yang dapat digunakan.

Kandungan gingerol, fenol, dan shagaol dalam jahe terbukti dapat melancarkan peredaran darah sehingga gangguan yang terjadi ketika mengalami vertigo dapat segera teratasi.

Anda dapat merebus jahe berukuran 1 jari ke dalam 1 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan minum selagi hangat. Cara mengobati penyakit vertigo engan air jahe hangat juga dapat ditambahkan dengan susu ataupun madu.

2. Yoghurt dan Buah Stroberi

Cara pengobatan sakit vertigo berikutnya adalah menggunakan perpaduan antara yoghurt dengan buah stroberi. Selain mengobati penyakit vertigo secara alami, yoghurt juga populer dengan khasiatnya yang baik dalam mengatasi bau mulut serta menurunkan kolesterol jahat.

Untuk menyembuhkan penyakit vertigo secara alami kali ini, siapkan yoghurt secukupnya dalam wadah berukuran sedang lalu tambahkan dengan potongan buah stroberi segar. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari, maka gejala vertigo yang dirasakan akan segera membaik.

3. Cabe Rawit

Mengkonsumi cabe rawit ternyata juga terbukti memberikan manfaat yang baik untuk mengatasi vertigo secara alami dan cepat. Vertigo merupakan gangguan aliran darah yang menuju ke otak sehingga membuat penderitanya akan merasa pusing. 

Dengan cabe rawit, maka suplai darah menuju ke otak dapat mengalir dengan lancar dan dapat digunakan sebagai salah satu cara pengobatan alami sakit vertigo.

Cara mengkonsumsinya dapat Anda sesuaikan sesuai selera, misalnya dengan cara mengolahnya menjadi sambal. Batasi jumlah penggunaan obat alami untuk vertigo ini untuk menghindari timbulnya masalah pencernaan.

4. Kacang Almond

Tidak hanya sebagai hiasan di atas kue yang lezat, kacang almond juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengobati vertigo yang dapat Anda coba. Kandungan vitamin, asam lemak esensial, serta mineral dalam almond terbukti dapat mengurangi gejala pusing serta lelah yang diakibatkan oleh vertigo.

Untuk menggunakan cara alami pengobatan vertigo ini, silahkan gunakan bubuk almond yang dicampurkan dalam satu gelas susu hangat. Lakukan pengobatan alami untuk vertigo ini secara rutin setiap pagi hari.

5. Jus Lemon

Untuk mengatasi rasa pusing dan mual yang diakibatkan oleh vertigo, maka Anda dapat menggunakan jus lemon sebagai salah satu pengobatannya. Siapkan jus lemon segar dalam 1 gelas berukuran sedang, lalu tambahkan sedikit bubuk lada hitam ke dalamnya. Aduk hingga rata dan segera minum.

Mengkonsumi jus lemon serta lada hitam yang segar dan menyejukkan terbukti dapat mengatasi penyakit vertigo dengan cara alami dan ampuh.

6. Minyak Wijen dan Kapulaga 

Berbeda dengan pengobatan vertigo secara alami yang telah kami sebutkan di atas, kapulaga dan minyak wijen digunakan sebagai pengobatan luar. Anda dapat menyiapkan minyak wijen secukupnya, lalu campur dengan sedikit bubuk kapulaga. Aduk ramuan tradisional penyakit vertigo tersebut sampai benar-benar rata.

Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan ramuan tersebut di area kepala. Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya terbukti membuat peredaran darah menuju otak menjadi lebih lancar.

7. Air Putih Dingin

Siapa yang tidak mengetahui khasiat air putih yang sangat baik untuk berbagai macam penyakit ini? Salah satu khasiat yang dimilikinya adalah untuk mengatasi sakit vertigo secara alami.

Gunakan air putih yang dingin, lalu segera konsumsi sebanyak 4 gelas berukuran sedang ketika vertigo sedang menyerang. Pengobatan alami untuk sakit vertigo ini bermanfaat untuk mengurangi pusing, mual, serta rasa letih yang muncul.

8. Makanan yang Kaya Vitamin C

Obat alami untuk penyakit vertigo berikutnya adalah dengan memperbanyak porsi makanan yang kaya vitamin C. Dengan cara yang satu ini, maka berbagai gejala penyakit vertigo seperti pusing, mual, muntah, dan letih yang ditimbulkan akan segera teratasi.

Silahkan mengkonsumi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti stroberi, jeruk, tomat, melon, semangka, bayam, brokoli, paprika, lobak, dan kembang kol.

9. Biji Ketumbar dan Madu

Cara menyembuhkan vertigo dengan bahan alami berikutnya yaitu menggunakan biji ketumbar dan madu. Pertama-tama, siapkan biji ketumbar secukupnya dan seduh dalam air panas. Kemudian rendam hingga 24 jam lamanya dan silahkan ambil airnya saja.

Campurkan air rendaman biji ketumbar tersebut dengan sedikit madu dan perasan jeruk lemon agar rasanya lebih segar saat dikonsumsi. Jika perlu, Anda juga dapat menghangatkan ramuan tersebut terlebih dahulu.

10. Amla

Cara meredakan penyakit vertigo secara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jus amla. Tanaman yang juga mengandung vitamin C ini akan bekerja secara aktif dalam mengatasi mual dan muntah yang ditimbulkan oleh penyakit vertigo.

11. Ginko Biloba

Merupakan jenis rampah-rempah yang memiliki khasiat dalam mengurangi gejala penyakit vertigo. Anda dapat menggunakan berbagai macam suplemen yang mengandung ekstrak ginko biloba untuk menyembuhkan vertigo.

Tanaman yang satu ini akan melancarkan peredaran darah yang menuju ke otak serta area telinga sehingga nyeri kepala dan rasa mual yang diakibatkan oleh vertigo dapat segera teratasi.

12. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin D

Salah satu pemicu terjadinya penyakit vertigo adalah kondisi tubuh yang mengalami penurunan kadar vitamin D. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda harus melakukan serangkaian pemeriksaan sesuai dengan prosedur dokter.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memperbanyak makanan tinggi vitamin D, Anda harus melakukan pemeriksaan tersebut terlebih dahulu. Hindari konsumsi vitamin D tanpa adanya petunjuk dari dokter.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan apabila Anda merasakan serangan penyakit vertigo. Selain harganya yang ekonomis serta mudah didapatkan, obat herbal alami untuk vertigo yang telah kami sebutkan di atas sudah terbukti memiliki khasiat yang baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.