-->

MENU

Inilah Penyebab Dan Gejala Penyakit Migrain Serta Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami

Inilah Penyebab Dan Gejala Penyakit Migrain Serta Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami
Hampir setiap orang di dunia tentu pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Penyakit tersebut dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan titik lokasi terjadinya. Salah satu jenis sakit kepala yang paling sering terjadi adalah migrain. Penyakit migrain ditandai dengan rasa nyeri pada satu sisi kepala atau sering disebut dengan sakit kepala sebelah.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Migrain

Dengan gejala utama tersebut, penyakit migrain seringkali mengganggu aktivitas sebagian besar orang yang mengalaminya. Sehingga berbagai macam pengobatan selalu dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan tersebut, terutama pengobatan secara alami yang terhitung lebih ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping.

Penyebab Penyakit Migrain

• Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab yang menjadi pemicu seseorang mengalami sakit migrain adalah karena beberapa faktor lingkungan, seperti cahaya yang terlalu terang, kondisi ruangan yang penuh dengan asap, adanya bau yang tajam, ruangan yang pengap dan lembap, serta adanya layar berkedip.

• Perubahan Hormon

Migrain yang diakibatkan oleh perubahan hormon terutama dialami oleh para wanita. Misalnya pada saat menjalani masa menstruasi, dimana kadar estrogen yang mengalami penurunan menjelang hari pertama haid. Selain itu, migrain karena hormon juga terjadi pada wanita yang sedang berada pada masa menopause.

• Faktor Keturunan

Ternyata migrain juga termasuk dalam salah satu dari jenis-jenis penyakit menurun. Walaupun tidak terjadi pada semua kasus, tetapi 50% dari penderita migrain juga memiliki kerabat dekat dengan keluhan yang serupa.

• Pengaruh Aktivitas

Penyebab sakit migrain berikutnya yaitu disebabkan oleh pola aktivitas yang kurang terjaga. Misalnya, tidur yang kurang berkualitas, akibat adanya perubahan jadwal kerja, terlalu letih, jet lag, dan sebagainya.

• Faktor Makanan

Pemicu terjadinya penyakit migrain berikutnya juga dapat dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan ataupun minuman yang menyebabkan migrain antara lain, buah jeruk, coklat, minuman keras, makanan yang mengandung zat tiramin, dan keju.

• Faktor Psikologi

Penyebab berikutnya adalah dari kondisi mental seseorang yang kurang stabil, seperti cemas, tegang, depresi, stres, terguncang, ataupun kegirangan.

• Kurangnya Kadar Gula Darah

Kondisi gula darah yang terlalu berlebihan ataupun kurang memang akan memberikan efek samping bagi kesehatan. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit migrain, Anda harus senantiasa memenuhi kebutuhan gula dalam sehari yaitu sebanyak 80 gram.

• Penggunaan Obat-obatan

Beberapa obat yang dapat menjadi penyebab migrain yaitu pil kontrasepsi, obat tidur, dan terapi sulih hormon yang digunakan oleh wanita-wanita menjelang masa menopause.

Gejala Penyakit Migrain

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit migrain, kini Anda dapat lebih mengenal penyakit tersebut dari gejala yang ditimbulkan berikut ini :
  1. Pusing di salah satu sisi kepala (kanan atau kiri)
  2. Tubuh merasa sangat lemas
  3. Disertai dengan rasa mual
  4. Muntah (pada kasus berat yang tidak segera ditangani)
  5. Disertai diare serta sakit perut
  6. Terjadi penurunan konsentrasi
Cara Mengobati Migrain dengan Bahan Alami

• Air Es

Pengobatan alami pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit migrain yaitu dengan kompres air es. Siapkan kantong yang berisi air es dan tempelkan di bagian kepala yang pusing. Lakukan cara pengobatan yang satu ini untuk mengurangi gejala migrain yang dirasakan.

• Konsumsi Kacang-kacangan

Penyakit migrain juga dapat diatasi menggunakan kacang-kacangan. Kandungan magnesium yang banyak ditemukan dalam makanan tersebut terbukti menjadi salah satu cara mengobati migrain dengan cara mengendorkan saraf otot yang menegang.

Untuk kacang-kacangan, Anda dapat mengolahnya menjadi menu masakan sesuai selera dan lakukan pengobatan sakit migrain secara alami ini dengan rutin. 

• Minum Teh Jahe

Cara mengatasi penyakit migrain berikutnya adalah menggunakan air teh jahe yang hangat. Anda dapat mencampurkan jahe segar ke dalam teh manis yang hangat dan konsumsi setiap kali merasakan gejala migrain.

Minum teh jahe terbukti memberikan khasiat yang sangat baik bagi para penderita penyakit migrain dan merupakan salah satu pengobatan penyakit migrain yang sangat ampuh.

• Makanan Asin

Apabila Anda merasa sedang mengalami serangan penyakit migrain, sebaiknya mencoba salah satu pengobatan migrain dengan bahan alami yang satu ini. Jenis makanan tersebut dapat menjadi salah satu solusi yang digunakan untuk mengobati migran secara alami, misalnya makan camilan dengan rasa asin.

• Kompres Aromaterapi

Pengobatan tradisional sakit migrain menggunakan aromaterapi juga menjadi salah satu pilihan yang masih sering dimanfaatkan. Anda dapat menuangkan beberapa tetes aromaterapi di waslap bersih, kemudian gunakan untuk mengompres lokasi yang sakit akibat migrain.

Dengan waktu yang singkat, mengobati sakit migrain dengan cara alami tersebut akan memberikan hasil yang sangat baik.

• Minum Air Putih

Bahan alami untuk penyakit migrain yang satu ini mungkin sudah familiar bagi Anda, mengingat khasiatnya yang sangat beragam untuk permasalahan kesehatan. Dengan banyak minum air putih yaitu minimal 8 gelas dalam sehari, maka sakit migrain yang Anda rasakan akan segera sembuh.

Air putih menjadi salah satu cara untuk mengobati migrain secara alami dengan mengangkat semua racun-racun dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit migrain.

• Minum Kopi

Bagi sebagian besar orang, minum kopi sebagai obat sakit kepala memang sudah menjadi pengobatan alami yang cukup populer. Dan ternyata, minuman yang mengandung kafein tersebut juga menjadi salah satu cara mengobati migrain secara alami dan cepat yang dapat digunakan.

Konsumsi kopi sebaiknya tidak berlebihan karena akan membuat Anda ketagihan. Sebaiknya Anda menggunakan pengobatan alami migrain ini saat benar-benar diperlukan atau ketika gejala migrain dirasakan sangat mengganggu aktivitas Anda.

• Perbanyak Makanan yang Mengandung B2

Solusi menyembuhkan sakit migrain dengan bahan alami berikutnya yaitu dengan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin B2. Beberapa makanan tersebut seperti, brokoli, asparagus, bayam, kacang-kacangan, susu, hati, telur, yoghurt, dan daging.

Pengobatan penyakit migrain dengan bahan alami ini sebaiknya Anda lakukan hingga 3 bulan lamanya, dengan porsi sebanyak 400 mg setiap hari.

• Memijat Area Kepala dan Pelipis

Selain menggunakan tanaman-tanaman alami, mengatasi migrain secara alami dengan melakukan pemijatan juga dapat mengurangi rasa sakit dengan cepat. Anda dapat melakukan pemijatan di area kepala yang sakit terutama di bagian pelipis. Lakukan setiap kali migran menyerang Anda.

• Istirahat Cukup

Ketika sedang mengalami migrain, menjalani pengobatan dengan beristirahat merupakan solusi paling mudah dan tepat. Dengan menerapkan pola istirahat yang cukup selama 8 jam dalam sehari, maka tubuh akan mendapatkan waktu untuk melakukan perbaikan sel-sel yang mengalami kerusakan.

• Olahraga

Selain beristirahat, aktivitas fisik yang satu ini juga menjadi solusi tepat untuk menyembuhkan sakit migrain dengan cara alami. Kegiatan oahraga yang dilakukan tidak harus dalam kategori berat. Anda dapat memilih berolahraga jalan kaki saat pagi atau sore untuk menyembuhkan migrain dengan alami.

Itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai gejala dan penyakit migrain serta cara alami untuk mengobatinya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi Anda.