-->

MENU

Penyebab Penyakit Mata Bintitan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Mata Bintitan Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Penyakit Mata Bintitan Dan Cara Mengatasinya

Menurut mitos atau kepercayaan nenek moyang zaman dulu, mata bintitan merupakan kondisi mata yang membengkak dan mengeluarkan nanah sebagai salah satu akibat yang ditimbulkan setelah mengintip orang mandi. 

Tentu hal tersebut bukanlah alasan yang bisa di benarkan secara medis. lantas apa sebenarnya penyakit mata bintitan itu, dan bagaimana mengatasinya. Oke langsung saja silahkan di simak ulasan lengkapnya.

Lalu, Apa yang Dimaksud Mata Bintitan?

Mata bintitan merupakan suatu kondisi dimana kelopak mata mengalami peradangan yang disebabkan oleh suatu bakteri dan menimbulkan rasa nyeri yang disertai munculnya nanah. Masalah pada mata yang memiliki nama kedokteran hordeolum tersebut, memiliki wujud yang menyerupai bisul dengan ukuran kecil ataupun besar.

Kondisi tersebut tidak perlu Anda khawatirkan, karena penanganannya tidak dengan tindakan bedah operasi malainkan hanya pengobatan jalan. Selain mengkonsumsi obat jalan dari dokter, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang akan kami bahas lebih dalam pada artikel kali ini.

Penyebab Mata Bintitan

Setelah Anda mengenal penyakit mata bintitan, kali Anda juga dapat mengetahui beberapa faktor penyebab munculnya penyakit tersebut, seperti yang telah berhasil kami rangkum berikut ini.

• Bakteri Stafilokokus

Merupakan penyebab utama dari mata bintitan yang pada dasarnya tidak akan menimbulkan resiko berat pada kesehatan tubuh. Namun, bakteri stafilokokus dapat memperburuk kondisi mata bintitan jika penderita menyentuhnya menggunakan tangan kotor.

Adanya pertumbuhan bakteri pada akar bulu mata, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak merupakan salah satu penyebab dari mata bintitan.

• Radang Kelopak Mata

Kondisi peradangan di bagian kelopak mata dengan durasi yang lama juga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan mata bintitan. Masalah kesehatan ini dapat disebabkan oleh penyakit kulit rosease maupun adanya infeksi bakteri.

• Kelilipan

Bintitan juga dapat muncul ketika mata kelilipan akibat adanya debu yang masuk. Masuknya benda asing ke dalam mata akan memicu pertumbuhan bakteri sehingga muncullah peradangan yang merupakan gejala dari mata bintitan.

• Kurang Menjaga Kebersihan

Mata memang menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Sehingga Anda harus senantiasa menjaga mata dan area sekitarnya selalu dalam keadaan bersih sehingga tidak mudah mengalami resiko  mata bintitan.

• Sering Mengucek Mata

Penyebab mata bintitan yang juga harus Anda perhatikan adalah seringnya mengucek mata. Hal ini seringkali diabaikan oleh sebagai besar orang. Mereka tidak menyadari kondisi tangannya yang kotor setelah menjalani padatnya aktivitas yang telah dijalani. Terutama bagi mereka yang sangat jarang mencuci tangan.

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Bahan Alami

• Bawang Putih

Tahukah Anda bahwa salah satu dari bahan-bahan dapur ini ternyata memiliki khasiat yang baik dalam mengobati mata bintitan secara alami. Nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih terbukti dapat mencegah peradangan berlanjut akibat bintitan pada mata.

Pembuatan bahan alami untuk mata bintitan kali ini yaitu dengan cara menghaluskan bawang putih yang telah dicuci bersih. Lalu, oleskan pada bagian mata yang bintitan. Hati-hati, jangan sampai bawang putih masuk ke bagian dalam mata karena akan menimbulkan rasa yang sangat perih.

• Biji Ketumbar

Selain bawang putih, rempah-rempah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara pengobatan mata bintitan. Siapkan biji ketumbar sebanyak 2 hingga 4 sendok makan, lalu rebus dalam air hingga mendidih. 

Gunakan air rebusan biji ketumbar tersebut untuk mengobati mata bintitan secara alami dengan cara mengompreskannya. Gunakan waslap bersih dan kompres mata yang bintitan hingga air rebusan dingin. 

• Kunyit

Bahan alami yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional ini juga memiliki khasiat yang baik dalam mengobati penyakit mata bintitan dengan cepat. Kandungan antibakteri serta anti inflamasi pada kunyit yang menjadi nutrisi utama dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada mata bintitan.

Pengobatan alami ini dapat Anda lakukan dengan cara menghaluskan kunyit lalu oleskan di bagian mata yang bintitan selaam 15 menit. Ulangi pengobatan mata bintitan menggunakan bahan alami ini sebanyak 2 kali dalam sehari, maka peradangan pada mata dapat segera teratasi.
• Daun Jambu Biji

Tanaman yang satu ini memang terbukti memiliki khasiat yang beragam dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan mata bintitan secara alami.

Mengobati mata bintitan dengan bahan alami dengan daun jambu biji dapat dilakukan dengan menumbuknya hingga halus dan ditempelkan pada bagian kelopak mata yang mengalami bintitan.

Daun jambu biji juga memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan kunyit yaitu untuk mencegah timbulnya peradangan akibat mata bintitan.

• Bunga

Berbagai jenis bunga seperti mawar, melati, kenanga, dan lain-lain ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dalam meredakan mata bintitan secara alami. Anda hanya perlu menumbuk atau meremas bunga-bunga tersebut lalu mengoleskannya di bagian mata yang mengalami bintitan.

Lakukan pengobatan alami untuk mata bintitan ini sebanyak 2 kali dalam sehari dan peradangan pada mata akan segera membaik.

• Air Hangat

Penggunaan air hangat sebagai salah satu cara pengobatan alami mata bintitan dapat dilakukan dengan mengompreskannya pada bagian mata yang bengkak. Kompres air hangat dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. 

Gunakan waslap yang bersih dan berbahan lembut untuk mengobati mata bintitan secara cepat dan alami. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

• Hindari Penggunaan Lensa Mata

Salah satu pengobatan mata bintitan yang tepat berikutnya yaitu dengan menghentikan penggunaan lensa mata sampai kondisi mata benar-benar pulih. Sebab, lensa mata juga termasuk dalam benda asing yang jika kebersihannya kurang terjaga justru akan menjadi pemicu peradangan pada mata bintitan.

• Daun Sirih

Bahan-bahan alami untuk mata bintitan yang juga dapat Anda gunakan adalah daun sirih. Daun sirih merupakan jenis tanaman dengan kandungan antisepktik yang terbukti ampuh dalam mengobati mata bintitan dengan cepat.

Cara pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan merebus 3 hingga 4 lembar daun sirih di dalam 2 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Air rebusan daun sirih itulah yang digunakan untuk mengompres mata bintitan. Lakukan pengobatan secara alami mata bintitan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

• Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan buah blueberry dalam mengatasi mata bintitan secara alami dan ampuh.

Cara mengatasi masalah kesehatan mata ini dapat dilakukan dengan memakannya langsung atau mengolahnya menjadi minuman jus. Lakukan pengobatan mata bintitan secara alami ini setiap hari sebanyak 2 kali.

• Teh Celup

Jika Anda suka mengkonsumsi teh celup, sebaiknya jangan cepat-cepat membuanganya karena bahan alami tersebut masih dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata bintitan dengan cepat.

Gunakan teh celup bekas untuk mengompres kelopak mata yang mengalami bintitan. Cara pengobatan alami untuk mata bintitan ini dapat dilakukan sampai peradangan mengecil. Kandungan antioksidan dalam teh dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan keluhan yang mengganggu lainnya akibat bintitan.

Itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab mata bintitan dan cara pengobatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencooba.