-->

MENU

Cara Pengobatan Diabetes Menggunakan Terapi Insulin

Cara Pengobatan Diabetes Menggunakan Terapi Insulin
Cara Pengobatan Diabetes Menggunakan Terapi Insulin

Cara Pengobatan Diabetes Menggunakan Terapi Insulin - Pemberian terapi insulin merupakan salah satu cara mengobati diabetes akibat ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan insulin, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Insulin sendiri merupakan hormon yang bermanfaat untuk mengubah gula darah menjadi energi atau kalori dan pemberiannya hanya dapat dilakukan melalui suntikan.

Macam-macam Insulin

1. Insulin Jangka Pendek

Durasi reaksi selama 2 hingga 4 jam. Sangat cocok bagi penderita diabetes yang mengalami masalah dalam mengatur diet. Insulin jangka pendek juga sering disebut dengan insulin aspart, insulin lispro, dan insulin reguler.

Sedangkan merk dagang dari insulin jangka pendek antara lain Humalog, Insulin Rapis, Novorapid, Sansulin R, Humulin R, Apidra, dan Actrapid. Bentuk kemasan yang tersedia adalah flexpen dan vial.

2. Insulin Jangka Menengah

Reaksi yang dihasilkan berlangsung antara 4 hingga 12 jam. Sehingga pemberian insulin jangka pendek harus dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Penggunaan terapi ini lebih dianjurkan pada penderita yang sudah dapat mengontrol diet.

Nama generic insulin jangka menengah yaitu Insulin Zinc Suspensi dan Isopan Insulin. Sedangkan nama dagangnya adalah Sansulin N, Humulin N, Insuman Combination, Insuman Basal, dan Insulatard.

3. Insulin Jangka Panjang

Insulin yang satu ini lebih dikenal dengan nama insulin gargline, Extended insulin Zinc, dan Suspention. 

Insulin gargline merupakan salah satu obat untuk diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Kandungan dalam terapi tersebut merupakan hormon insulin dengan tipe long acting yang sedikit berbeda dengan bentuk insulin lainnya.

Cara pengobatan penyakit diabetes dengan terapi insulin gargline akan menghasilkan reaksi awal setelah 2 hingga 5 jam pemberian. Dan durasi reaksi akan berlangsung selama 24 jam, tanpa adanya titik puncak dari pengaruh reaksi.

Untuk pemberian insuline gargline dilakukan secara Sub Cutan (bawah lapisan kulit) bukan Intra Venous (melalui pembuluh darah). Dosis pemberian insuline gargline adalah sebanyak 1 kali sebelum tidur malam.

Perlu diketahui bahwa insulin gargline tidak boleh diberikan dengan alat suntik yang telah digunakan untuk insulin jenis lainnya.

Efek samping yang akan muncul setelah pemberian terapi insulin gargline yaitu alergi lokal, hipoglikemia (penurunan kadar gula darah di bawah normal), dan reaksi sensitif yang sedikit berbeda.

Cara penyimpanan insulin gargline:
  • Wadah insulin gargline yang sudah dibuka disimpan di suhu ruangan (di bawah 30 derajat Celsius) maksimal 28 hari. Jauhkan dari cahaya karena lokasi tersebut sangat rentan mengalami perubahan suhu.
  • Jangan gunakan insulin gargline jika partikelnya terlihat, mengkeruh, dan terjadi perubahan warna.
  • Insulin gargline yang belum dibuka harus disimpan dalam suhu 2 hingga 8 derajat Celsius dan jangan didinginkan.

4. Insulin Pump

Insulin pump atau pompa insulin merupakan salah satu cara pengobatan diabetes dalam bentuk perangkat alat canggih yang dipakai secara terus menerus untuk mengurangi atau meningkatkan jumlah insulin secara otomatis, sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Bentuk insulin pump sendiri memiliki ukuran kecil dan seringkali dipasang pada saku maupun ikat pinggang, lengkap dengan selang kecil dan jarum pada bagian ujungnya. Menggunakan peralatan tersebut, cara pengobatan diabetes ini ditusukkan pada bagian lengan, perut, bokong, pinggul, maupun paha pasien.

Dengan insulin pump, Anda tidak perlu lagi mendapatkan terapi insulin yang dilakukan secara rutin dengan menyuntikkan melalui bagian tubuh. Jadi, dengan insulin pump, Anda akan mendapatkan kebutuhan insulin melalui aliran darah dengan takaran yang dapat diatur.

Namun, Anda tetap harus waspada dan melakukan kontrol rutin terhadap kadar gula darah dalam diri sehingga pemberian terapi dengan insulin pump tetap sesuai kebutuhan. Kekurangan dari insulin pump adalah biayanya yang tergolong cukup tinggi.

Demikian beberapa cara pengobatan diabetes dengan terapi insulin yang dapat kami jelaskan. Semoga bermanfaat.