-->

MENU

14 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Flu Menggunakan Bahan Alami

14 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Flu Menggunakan Bahan Alami
14 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Flu Menggunakan Bahan Alami

Flu atau yang disebut juga dengan influenza merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dengan menyerang organ pernafasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan.

Sama halnya dengan penyakit lain yang disebabkan oleh virus, flu juga dapat menyebar dan menular secara cepat, baik melalui kontak langsung ataupun tidak. Oleh sebab itu, Anda harus segera melakukan pengobatan baik secara medis maupun alami.

Pada artikel ini, kami akan berbagai info mengenai 14 cara ampuh mengatasi flu menggunakan bahan alami, mengingat cara penggunaannya yang mudah, hasilnya yang berkhasiat, serta biayanya yang terhitung  lebih ekonomis. Beberapa cara alami untuk mengobati flu tersebut adalah sebagai berikut :
1. Hindari Minuman yang Dingin

Cara mengobati penyakit flu yang pertama dan dapat Anda lakukan adalah dengan membatasi minuman dingin. Sebaiknya Anda selalu mengkonsumi air hangat selama proses penyembuhan karena pengobatan alami untuk flu ini akan membuat rasa sakit pada tenggorokan menjadi berkurang. 

Selain itu, memperbanyak konsumsi air hangat juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan cairan tubuh yang telah hilang selama mengalami serangan penyakit flu.

2. Minum Air Putih

Air putih memang terbukti memiliki khasiat yang sangat beragam terutama untuk berbagai permasalahan kesehatan tubuh.

Sebagai salah satu cara mengatasi flu, air putih akan berperan penting dalam membuang virus-virus penyebab penyakit tersebut serta menggantikan kebutuhan cairan yang telah hilang.

3. Makan Makanan Pedas

Solusi selanjutnya yang dapat digunakan sebagai salah satu cara pengobatan penyakit flu adalah dengan memperbanyak makan makanan yang pedas. Makanan yang pedas dengan kandungan cabe terbukti dapat bermanfaat dalam membersihkan rongga hidung dari lendir-lendir akibat serangan flu.

Capsaicin dalam cabe merupakan nutrisi utama yang berperan aktif dalam menyembuhkan sakit flu secara alami. Selain cabe, Anda juga dapat memanfaatkan lada yang ditaburkan pada makanan yang akan dikonsumsi.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi makanan yang pedas sebagai pengobatan sakit flu sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena dapat berdampak pada penyakit diare.

4. Aroma Mint

Cara pengobatan alami sakit flu berikutnya yaitu dengan menggunakan aroma mentol, baik balsam maupun minyak kayu putih.

Mengobati flu dengan mudah menggunakan aroma mentol dapat dilakukan dengan mengoleskannya pada bagian dada, punggung, leher, dan perut. Kondisi tubuh yang hangat merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk menyembuhkan flu dengan cepat dan alami.

5. Jahe dan Madu

Mengatasi flu dengan bahan alami merupakan solusi mudah yang saat ini sering dipilih oleh banyak orang, seperti dengan jahe dan madu.

Obat alami untuk penyakit flu ini dapat Anda buat dengan cara yang sangat mudah. Bersihkan jahe dengan ukuran 1 jari dan parut sampai halus. Tambahkan dengan sedikit madu dan konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Dengan cara tersebut, maka flu dapat segera teratasi dengan cepat.

6. Menggunakan Uap Air Panas

Menggunakan cara yang satu ini memang terbukti dapat meringankan flu secara alami. Anda hanya perlu menyiapkan air panas dalam baskom berukuran sedang. Kemudian tutup sisi kepala Anda menggunakan handuk dan hirup uap yang dikeluarkan dari air panas tersebut.

Untuk mempercepat penyembuhan flu secara alami menggunakan uap air panas, Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan alami lainnya mulai dari jahe, kunyit, minyak kayu putih, dan beberapa rempah-rempah lainnya.

7. Teh Hangat

Tak jarang orang-orang yang sedang menderita flu akan memperbanyak konsumsi teh hangat sebagai salah satu usaha dalam mengatasi sakit flu secara alami. Ternyata pengobatan tersebut sudah dinyatakan kebenarannya oleh Harvard University.

Kandungan polifenol dalam teh terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami sehingga mencegah masuknya virus yang menyebabkan flu.

Namun, teh juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk tidak terlalu sering menggunakannya sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati flu.

8. Telur Ayam Kampung

Kandungan protein dalam telur ayam terbukti dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi flu secara alami. Dengan gizi yang tinggi dalam telur ayam, tubuh akan selalu terjaga dari serangan virus yang menyebabkan flu.

Selain itu, kondisi tubuh yang tidak fit saat mengalami flu seringkali akan merasakan gejala penurunan nafsu makan. Hal tersebut juga dapat ditasi dengan mengkonsumsi telur ayam kampung yang akan bekerja baik dalam mengembalikan tenaga yang sudah terbuang.

Anda dapat mengolah telur ayam kampung dengan cara menggorengnya menggunakan mentega atau dengan cara direbus.

9. Minum Susu

Anggapan bahwa minum susu akan memperburuk kondisi flu yang menyerang ternyata bukanlah sebuah fakta. Justru dengan memperbanyak minum susu,  maka sakit flu dapat sembuh dengan waktu yang relatif singkat.

Susu memiliki kandungan vitamin D yang tinggi sehingga dapat bermanfaat dalam melawan virus penyebab flu serta melawan serangan infeksi yang ditimbulkan. Bagi penderita flu dengan usia dewasa, sebaiknya menggunakan susu rendah lemak sebagai pengobatan sakit flu secara alami.

Untuk bayi usia kurang dari 6 bulan, sebaiknya diberikan pengobatan alami sakit flu dengan memperbanyak konsumsi ASI.

10. Yoghurt

Merupakan jenis fermentasi susu yang bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu secara alami dan ampuh. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu menjaga kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Sebaiknya Anda memilih yoghurt murni yang tidak mengandung pemanis buatan. Sehingga proses penyembuhan sakit flu dengan bahan alami dapat berjalan lebih maksimal.

11. Buah Elderbery

Jika belum familiar dengan buah ini, maka Anda dapat mengenal dari wujudnya yang menyerupai buah anggur tetapi berukuran lebih kecil.

Buah yang kaya vitamin C serta karotenoid ini akan bekerja secara maksimal dalam menyembuhkan penyakit flu secara alami yaitu dengan menjaga tubuh dari serangan infeksi serta mengingkatan sistem kekebalan.

Mengkonsumsi buah ini untuk meredakan sakit flu secara alami dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus dan diminum sebanyak 1 hingga 2 kali setiap harinya.

12. Ginseng

Cara mengobati flu dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan ginseng yang dicampurkan dengan makanan ataupun minuman. Ginseng merupakan salah satu bahan alami yang dapat melawan infeksi serta menjaga kekebalan tubuh tetap dalam kondisi yang baik.

13. Berkumur Menggunakan Air Bersih

Bagi Anda yang sedang mengalami flu, sebaiknya lebih sering berkumur menggunakan air bersih. Kondisi mulut yang selalu lembab menjadi salah satu alasan terhambatnya perkembangan virus karena kondisi lingkungan yang tidak sesuai dengan habitatnya.

Selain itu, berkumur juga dapat membuat lendir dalam mulut berkurang sehingga penyebaran penyakit flu dapat diminimalisir.

14. Mengkonsumsi Kencur

Rempah-rempah juga menjadi salah satu cara menyembuhkan sakit flu secara alami yang dapat digunakan. Anda hanya perlu menyiapkan kencur, kemangi, jahe, dan sre, lalu direbus dalam 1 gelas air hingga mendidih.  

Konsumsi minuman tersebut selagi hangat maka kondisi Anda yang sedang terserang penyakit flu akan segera membaik.

Itulah 14 cara ampuh mengatasi flu menggunakan bahan alami yang dapat kami bagikan. Selain menerapkan pengobatan alami penyakit flu di atas, sebaiknya Anda juga meluangkan waktu untuk beristirahat sebagai salah satu cara dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit tersebut.