-->

MENU

Mengobati Penyakit Kencing Manis Secara Cepat Dengan 6 Bahan Alami Berikut Ini

Mengobati Penyakit Kencing Manis Secara Cepat Dengan 6 Bahan Alami Berikut Ini
Pastinya nama penyakit ini sudah tidak asing lagi buat semua pembaca. Penyakit kencing manis atau yang dalam bahasa medisnya disebut sebagai Diabetes Melitus ini terjadi jika air kencing terlalu banyak mengandung gula darah, serta karena tubuh kekurangan insulin. Kebanyakan penyakit ini menyerang orang dewasa dan susah untuk disembuhkan. 

Dan, jika penyakit ini diabaikan maka akan menimbulkan efek yang buruk, bahkan bisa fatal. Ada banyak cara mengobati penyakit kencing manis ini, mulai dari cara modern/ ilmu medis maupun melalui pengobatan tradisional.

Mengobati Penyakit Kencing Manis Secara Cepat

Tetapi kebanyakan dan juga sangat di sarankan untuk mengobati penyakit ini dengan cara alami atau tradisional. Karena selain biayanya murah, pastinya lebih aman tanpa efek samping.

Lantas bagaiman cara mengobati kencing manis secara alami? Oke langsung saja simak dengan seksama panduan di bawah ini.

Pengobatan Penyakit Kencing Manis Menggunakan Bahan Alami Berkhasiat

1. Kunyit 

Pada kunyit banyak terdapat kandungan baik, yang dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Kandungan dari kunyit tersebut antara lain minyak atsiri, serat alami, sesquiterpen, felander, bosdesmetoksi kurkumin, kalsium, fosfor, keton, zat besi, protein, kalsium, kurkumin, tumeron, vitamin C, keton, sabinen dan tumein.

Selain kandungan tersebut, kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti glikemik dan anti inflamasi sehingga kunyit juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan kadar insulin serta membantu mengatasi obesitas yang juga dapat menjadi pemicu kencing manis.

Adapun cara untuk menggunakan kunyit sebagai obat penyakit kencing manis adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan 1 rimpang kunyit  (secukupnya) beserta setengah sendok garam
  2. Rebus kunyit dan garam tersebut secara bersamaan dengan air sebanyak 1 liter hingga mendidih
  3. Setelah itu, saring air rebusan kunyit dan garam tadi lalu biaran hingga agak dingin
  4. Minum air rebusan tersebut 2 kali dalam seminggu dengan takarannya adalah setengah gelas saja
2. Mengkudu 

Buah yang memiliki bintik-bintik ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit kencing manis. Mungkin Anda penasaran dengan alasannya, berikut ini penjelasannya. Di dalam buah mengkudu terdapat kandungan Proxeronin.

Proxeronin ini merupaka bahan baku dari alkaloid di dalam tubuh yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel supaya nutrisi bisa lebih mudah masuk ke dalam sel serta membantu mempermudah mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 
Sehingga sel-sel tubuh yang tadinya mengalami kerusakan, akan diregenerasi dan revitalisasi  yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Adapun cara konsumsi mengkudu untuk mengatasi diabetes adalah bisa dengan memakannya langsung. 

Namun, jika Anda tidak tahan dengan rasa pahitnya, Anda bisa mengolahnya dengan menggunakan salah satu cara dari 2 cara berikut ini :
  1. Siapkan mengkudu secukupnya lalu cuci hingga bersih kemudian haluskan mengkudu (bisa dengan cara diblender) lalu peras. Minum air perasan tersebut, namun jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan sedikit madu atau perasa yang lainnya
  2. Buat jus mengkudu dengan ditambahkan gula yang rendah kalori dan sedikit madu supaya baunya tidak terlalu menyengat.
3. Daun Kemangi  

Tanaman yang memiliki bau wangi serta banyak digunakan untuk lalapan ini bisa Anda konsumsi untuk obat kencing manis. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai lalapan, tetapi Anda harus memastikan kebersihannya terlebih dahulu.

Sama seperti kunyit dan mengkudu, daun kemangi ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar insulin serta membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga kemangi pun bisa digunakan untuk mengobati kencing manis.

4. Brotowali

Tanaman yang memiliki rasa sangat pahit ini dapat dengan mudah Anda jumpai. Brotowali memiliki sifat antidiabetik sehingga dapat digunakan pada penderita kencing manis.

Tak hanya itu, brotowali ini akan membantu mengaktifkan kembali fungsi kerja dari pankreas serta dapat membantu menormalkan sel-sel beta yang ada di dalam tubuh sehingga kadar insulin yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Adapun cara memanfaatkan brotowali untuk obat kencing manis adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan batang dan daun brotowali secukupnya, kemudian dicuci hingga besih
  2. Rebus batang dan daun brotowali tersebut dengan air secukupnya
  3. Minum air rebusan tiap pagi dan sore setelah makan, jangan minum air rebusan ini jika Anda belum makan karena dikhawatirkan akan menyebabkan Anda terkena sakit maag
Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengolahnya dengan cara yang kedua, yakni :
  1. Siapkan batang brotowali, daun kumis kucing dan daun sambiloto secukupnya lalu cuci hingga bersih
  2. Potong ketiga bahan tersebut lalu rebuslah menggunakan 3 buah gelas air hingga tersisa satu setengah gelas
  3. Biarkan air rebusan tersebut hingga dingin
  4. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan tadi sehari 2 kali dengan takarannya adalah setengah gelas
  5. Lakukan hal tersebut secara rutin
5. Mahkota Dewa

Tanaman yang satu ini juga mengandung alkaloid yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi kadar gula darah. Hal ini juga yang membuat mahkota dewa dapat dijadikan sebagai obat kencing manis.
Adapun pengolahan mahkota dewa untuk kencing manis, Anda dapat memilih 1 cara dari 3 cara berikut ini :
  1. Siapkan buah mahkota dewa sekitar 5 hingga 6 buah dan dicuci hingga bersih. Setelah itu iris tipis buah mahkota dewa lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Diamkan hingga dingin lalu saring dan minum ramuan ini 1 jam sebelum makan
  2. Siapkan buah mahkota dewa yang telah diiris dan dikeringkan sebanyak 4 iris saja, sertakan juga daun salam lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air menggunakan api yang kecil hingga airnya tinggal setengah. Dinginkan lalu saring dan bagi menjadi 3 bagian untuk 3 kali minum. Konsumsi ramuan ini tiap pagi, siang dan malam setelah makan
  3. Siapkan beberapa lembar daun mahkota dewa, cuci lalu tumbuk.setelah itu baru kemudian rebus daun mahkota dewa yang telah ditumbuk tersebut dengan air secukupnya dan biarkan sampai dingin. Minum air rebusan daun mahkota dewa tersebut secara rutin.
6. Buncis 

Buncis memiliki kandungan sigmasterol dan B-sitosterol yang memiliki kemampuan untuk menurunkan glukosa di dalam sel-sel tubuh. Dengan kedua zat itu juga, buncis memiliki kemampuan untuk meningkatkan insulin dalam tubuh sehingga buncis dapat dimanfaatkan untuk obat kencing manis.

Untuk memanfaatkan buncis sebagai obat kencing manis, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini :
  1. Memakannya secara langsung, yakni dengan menjadikannya sebagai lalapan
  2. Anda juga bisa mengukusnya atau disajikan dalam variasi yang lain misalnya dijadikan salad yang juga dicampurkan dengan buah-buahan yang diperbolehkan untuk penderita kencing manis
  3. Cara yang ketiga adalah dengan merebus setengah kilogram buncis dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan buncis ini di pagi dan malam hari sebelum tidur
Itulah cara mengobati penyakit kencing manis dengan menggunakan 6 bahan alami. Semoga dapat membantu Anda mengatasi penyakit yang cukup mengganggu ini. Semoga bermanfaat.