-->

MENU

Pengobatan Penyakit Herpes Dengan Cara Tradisional Dan Pertolongan Medis

Pengobatan Penyakit Herpes Dengan Cara Tradisional Dan Pertolongan Medis
Pengobatan Penyakit Herpes Dengan Cara Tradisional Dan Pertolongan Medis

Penyakit herpes yaitu penyakit pada kulit akibat suatu virus yang menimbulkan adanya peradangan. Ciri lebih detail dari penyakit herpes adalah adanya bintik-bintik berisi air dan bergerombol pada area kulit. Gejala tersebut seringkali juga disertai rasa sakit serta demam.

Jenis Penyakit Herpes

Golongan penyakit menular yang menyerang kulit ini dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Herpes Zoster

Penyebab penyakit herpes zoster adalah virus yang mengakibatkan cacar air atau Varicela zoster. Virus yang menyebabkan orang mengalami cacar air terkadang akan menetap dalam tubuh. Kondisi imun tubuh yang menurun akan menyebabkan virus tersebut beraksi kembali dalam bentuk penyakit herpes zoster.

Gejala penyakit herpes zoster ditandai dengan adanya gelembung di separuh bagian tubuh dengan bentuk bergerombol, berisi air, sera menimbulkan nyeri. Untuk herpes zoster yang menyerang orang di atas usia 50 tahun, sebaiknya segera diatasi karena dapat berdampak pada nyeri saraf menetap (Neuralgia Pasca Herpes)

2. Herpes Simpleks

Merupakan penyakit herpes yang terjadi akibat hubungan sek**al yang tidak aman.  Adapun jenis penyakit herpes yang satu ini sering menyerang pada bagian mulut serta alat kelamin dengan rasa teramat sakit.

Penularan penyakit herpes simpleks dapat terjadi ketika melakukan hubungan langsung dengan penderita walaupun tidak ada luka terbuka. Pada awal gejala, penyakit herpes simpleks tidak akan menunjukkan gejala sigifikan, kecuali berupa benjolan mirip jerawat.

Gejala Penyakit Herpes

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh virus ini akan menujukkan gejala sebagai berikut.
  • Muncul rasa gatal di bagian tubuh yang akan mengalami ruam.
  • Bagian tubuh yang akan terkena penyakit herpes akan terasa sangat sakit, terutama di area sendi-sendi.
  • Timbul rasa terbakar ketika ruam sudah muncul.
  • Demam
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Muncul ruam dengan bentuk bintik-bintik merah berisi cairan serta dapat melebar
Pengobatan Herpes secara Alami dan Medis

1. Pengobatan Herpes Secara Medis

Ketika menemukan kasus penyakit ini, dokter biasanya akan memberikan obat virus herpes seperti acyclovir (oral atau salep). Adapun obat tersebut tidak dapat menghilangkan virus secara maksimal, melainkan hanya mencegah perkembangan serta penyebaran infeksi akibat virus.

Selain itu, dokter juga akan memberikan pereda rasa sakit, seperti paracetamol, ibu profen, dan sebagainya.

2. Cara Mengobati Herpes dengan Bahan Alami

Selain obat medis yang diberikan oleh dokter, Anda juga dapat menggunakan pengobatan alami sebagai salah satu solusinya.

a. Teh Hijau

Cara menyembuhkan herpes yang pertama yaitu menggunakan teh hijau. Caranya adalah dengan mengompreskan air teh hijau hangat pada bagian tubuh yang terserang penyakit herpes. Diamkan sesaat serta berikan penekanan ringan ketika mengompres. Lakukan pengobatan alami ini selama 30 menit.

b. Daun Binahong

Cara mengatasi herpes selanjutnya adalah menggunakan daun binahong dengan cara menumbuk sampai halus. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang terserang penyakit herpes sampai mengempes.

c. Daun Waru Landak

Obat virus herpes selanjutnya adalah menggunkaan daun waru landak sebanyak 10 lembar dan ditumbuk sampai halus. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami penyakit herpes. Dengan pengobatan rutin, penyakit herpes yang Anda alami akan segera mengering.

d. Daun Kacang Gude

Bahan alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit herpes berikutnya adalah daun kacang gude, yang diolah dengan cara menggilingnya terlebih dahulu. Lalu, oleskan pada bagian yang mengalami penyakit herpes. Lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Demikian info seputar penyakit herpes serta cara mengobatinya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.