-->

MENU

Cara Pengobatan Ruam Popok Yang Tepat Pada Bayi

Cara Pengobatan Ruam Popok Yang Tepat Pada Bayi
Ruam popok merupakan suatu peradangan di area tubuh yang tertutup oleh popok, seperti pantat, alat kelamin, hingga bagian dalam pangkal paha. Biasanya ruam popok akan nampak kemerahan dan disertai dengan gatal serta lecet-lecet ringan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Cara Pengobatan Ruam Popok Yang Tepat Pada Bayi

Selain itu, kondisi kulit yang lembap karena terutup oleh popok dalam waktu yang lama juga menjadi salah satu pemicu utama munculnya masalah ruam popok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya Anda segera melakukan beberapa langkah di bawah ini.


1. Ganti Merk Popok Bayi

Cara pengobatan ruam popok bayi yang pertama yaitu segera mengganti merk popok yang tidak mengandung pewangi maupun zat tambahan lainnya. Sebab, kondisi kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan tersebut bisa menjadi penyebab utama munculnya ruam.

2. Gel Lidah Buaya

Setelah mengganti merk popok bayi yang tepat, Anda dapat melanjutkan cara pengobatan ruam popok bayi menggunakan gel lidah buaya. Pengobatan alami yang satu ini dapat menghilangkan ruam pada kulit sekitar pantat dan terbukti sangat ampuh.

3. Bubuk Oatmeal

Cara pengobatan ruam popok bayi selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bubuk oatmeal dalam air yang digunakan bayi untuk mandi. Obat tersebut terbukti sangat efektif mengobati ruam popok pada bayi.

4. Air Hangat

Setiap kali bayi kencing atau buang air besar, sebaiknya Anda juga membersihkan area kulit yang terbungkus oleh popok menggunakan air hangat. Gunakan waslap yang lembut dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel di bagian lipatan-lipatan kulit.

5. Hindari Penggunaan Bedak

Hampir sebagi besar ibu ataupun pengasuh akan menaburkan bedak di bagian tubuh bayi yang ditutup oleh popok. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan mengingat bedak merupakan bubuk lembut yang dapat menyumbat organ kemal*an bayi serta menempel di bagian lipatan kulit.

Apalagi jika bedak sudah tercampur dengan air kencing dan kotoran bayi, tentu hal itu dapat menjadi alasan munculnya ruam popok, bahkan dapat berujung pada iritasi.

6. Gunakan Minyak Lavender

Cara pengobatan ruam popok selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak lavender pada bagian kulit yang mengalami lecet-lecet. Lakukan secara halus untuk menghindari rasa perih pada bayi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak peppermint maupun minyak cendana.

7. Sering Mengganti Popok

Jangan pernah menunda untuk mengganti popok bayi karena kulit buah hati Anda masih sangat sensitif dengan segala sesuatu yang menempel pada tubuhnya. Oleh sebab itu, Anda harus segera mengganti popok yang kotor, tanpa harus menunggu dalam kondisi penuh.

Sering mengganti popok juga akan membuat bayi Anda menjadi lebih nyaman serta ruam popok dapat lebih dihindari.

8. Jangan Menggunakan Sabun Pemutih

Untuk membersihkan popok dan pakaian bayi, sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun pemutih karena kandungan zat kimianya yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan ruam popok.

9. Hindari Penggunaan Tissu Basah

Sebagai orangtua, sebaiknya Anda lebih selektif saat membersihkan kulit bayi yang tertutup oleh popok. Kulit bayi yang masih sensitif dan lembap juga dapat menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut.


Oleh sebab itu, cara pengobatan ruam popok bayi secara alami yang dapat Anda lakukan adalah tidak menggunakan tissu basah yang mengandung parfum dan alkohol. Karena bahan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan kulit bayi.


Demikian beberapa cara pengobatan ruam popok bayi yang dapat kami sampaikan. Selain beberapa cara alami di atas, Anda juga dapat mengoleskan salep untuk ruam popok bayi yang saat ini banyak dijual di apotek atau menggunakan resep dari dokter anak.