-->

MENU

Cara Pengobatan Penyakit Congek Atau Telinga Kopokan Secara Alami

Cara Pengobatan Penyakit Congek Atau Telinga Kopokan Secara Alami
Cara Pengobatan Penyakit Congek - Otitis media adalah istilah medis untuk menyebutkan nama lain dari penyakit congek atau telinga kopokan. Penyakit ini merupakan infeksi pada bagian gendang telinga dan diawali dengan adanya luka, yang biasanya  akibat penggunaan korek kuping yang terlalu dalam.

Cara Pengobatan Penyakit Congek Atau Telinga Kopokan

Gejala Penyakit Congek
  • Keluar nanah dari dalam telinga
  • Penurunan konsentrasi
  • Pendengaran terganggu
  • Nafsu makan menurun
  • Telinga berdengung
  • Nyeri saat mendengar suara keras
  • Sulit tidur
  • Sakit kepala
  • Demam tinggi
  • Radang tenggorokan
  • Gangguan keseimbangan tubuh
Cara Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Congek

1. Triblus dan Macca

Saat ini banyak tersedia ekstrak obat herbal alami yang dibuat dari macca dan tribulus. Macca adalah sejenis ubi-ubian yang banyak ditemukan di Peru dan bisa bertahan dari berbagai serangan cuaca ekstrim.

Sedangkan tribulus adalah jenis tanaman berbunga yang tumbuh di daerah tropis dan di Indonesia sering disebut sebagai rujak polo. Adanya kandungan anti bakteri pada kedua tanaman tersebut dapat memberikan khasiat untuk melawan infeksi telinga akibat penyakit congek.

Jadi, pengobatan alami penyakit congek yang satu ini dapat dilakukan secara rutin dengan cara meminum obat herbal yang dibuat dari ekstrak kedua bahan tersebut.
2. Daun Pegagan

Cara mengobati congek secara alami yang kedua adalah menggunakan daun pegagan yang juga populer dengan khasiatnya untuk mengatasi keloid. Cara membuatnya juga sangat mudah dan terhitung ekonomis. Tumbuk daun pegagan sampai halus dan peras ramuan tersebut sampai keluar airnya.

Campurkan air perasan daun pegagan dengan minyak kelapa yang panas. Gunakan obat alami untuk penyakit congek ini setelah sedikit dingin dengan cotton bud yang telah dibasahi dengan baby oil. Lakukan secara teratur dengan menteskannya ke dalam telinga Anda yang mengalami kopokan.

3. Madu dan Kurma

Penyakit congek atau telinga kopokan juga dapat diatasi dengan madu dan kurma. Bahan-bahan alami yang sudah terbukti memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan ini ternyata juga dapat digunakan untuk menyembuhkan telinga kopokan.


Anda hanya perlu memakan kurma paling tidak sebanyak 3 buah dalam sehari untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh sehingga resiko terjadinya infeksi dapat segera diminimalisir. Selain itu, adanya zat anti bakteri yang terkandung di dalam madu juga berperan sebagai pencegahan iritasi telinga.

4. Akar Pinang dan Daun Anggrek

Cara membuat daun anggrek sebagai pengobatan alami telinga kopokan adalah dengan menumbuknya bersama rimpang kunyit sampai benar-benar halus. Peras bahan alami tersebut hingga keluar sari-sari airnya.

Ramuan herbal alami yang satu ini dapat digunakan untuk mencuci bagian luar dari telinga Anda dan sisakan sedikit untuk diteteskan ke dalam lubang telinga. Untuk meneteskan ramuan tersebut, Anda bisa memanfaatkan akar pinang.

5. Bawang Putih

Tetu sebagian besar dari Anda sudah famliar dengan khasiat yang dimiliki salah satu bumbu dapur ini yaitu untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan. Di balik semua itu, ternyata bawang putih juga termasuk dalam daftar pengobatan penyakit congek yang sangat ampuh.

Selain mengatasi congekan dengan alami, bawang putih juga dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Cara konsumsinya yaitu dengan memakan bawang putih secara langsung.

Cara Mencegah Penyakit Congek
  • Hindari penggunaan alat tajam atau terbuat dari logam untuk membersihkan bagian dalam telinga
  • Jangan memasukkan air ke dalam telinga yang sedang mengalami luka
  • Bersihkan bagian dalam telinga menggunakan cotton bud dengan lembut dan hindari pembersihan yang terlalu dalam karena dapat menyebabkan telinga Anda terluka

Nah, itulah cara pengobatan penyakit congek atau telinga kopokan yang dapat kami bagikan. Semoga menjadi tips kesehatan yang bermanfaat bagi Anda.