-->

MENU

Cara Pengobatan Penyakit Jengger Ayam (Condiloma Akuminta) Secara Alami

Cara Pengobatan Penyakit Jengger Ayam (Condiloma Akuminta) Secara Alami
Cara Pengobatan Penyakit Jengger Ayam (Condiloma Akuminta) Secara Alami

Condyloma Akuminata merupakan penyakit menular gituan yang diakibatkan oleh Human Papiloma Virus dengan tanda gejala adanya pertumbuhan kutil yang menyerupai  jengger ayam atau bunga kol.

Sama halnya dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit jengger ayam juga sangat mudah menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, penyakit jengger ayam dapat menimbulkan komplikasi atau permasalahan kesehatan lainnya yang lebih fatal.

Penyebab Penyakit Jengger Ayam
  1. Faktor obesitas atau kegemukan
  2. Kondisi kulit di area itu kamu yang cenderung lembap, baik karena faktor bawaan maupun kurangnya pengetahuan untuk membersihkan area itu kamu.
  3. Menderita kencing manis
  4. Tidur yang tidak berkualitas
  5. Mengalami stress
Gejala Penyakit Jengger Ayam
  1. Munculnya kutil yang menggerombol dan menyerupai jengger ayam di sekitar area itu kamu
  2. Timbulnya rasa gatal dan panas di sekitar organ intim
  3. Munculnya pembengkakan dan perubahan warna menjadi keabu-abuan di organ intim
  4. Terjadinya perdarahan saat berhubungan gituan
Dalam waktu antara 1 hingga 6 bulan sejak terinfeksi Human Papiloma Virus, kutil biasanya akan muncul dengan kondisi yang lembut, lembab, serta berwarna pink ataupun merah. Pertumbuhan kutil dapat berlangsung cepat, terutama pada wanita yang sedang hamil dengan kondisi kulit meradang dan kekebalan tubuh yang kurang baik.

Selain itu, penderita penyakit jengger ayam juga seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Sehingga kita sangat sulit menghindarinya, mengingat penularan penyakit yang disebabkan oleh virus ini sangatlah rentan dan cepat.

Cara Mencegah Jengger Ayam

1. Tidak Berganti-ganti Pasangan

Seperti yang kita ketahui bahwa berganti-ganti pasangan merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jengger ayam.

Walaupun penggunaan sarung dapat menjadi salah satu cara mencegah jengger ayam, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya berjalan efektif mengingat sarung tidak dapat menutupi seluruh organ intim pria.

Sehingga, Anda harus berhati-hati dalam menjalin sebuah hubungan. Akan lebih baik jika hanya setia pada satu pasangan, karena penyakit menular gituan dapat menular dengan sangat cepat dan seringkali tidak disadari.

2. Makan Makanan Bergizi

Cara mencegah jengger ayam berikutnya yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Dengan cara tersebut, maka kondisi tubuh akan selalu fit karena makanan yang sehat mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Adapun jenis makanan yang dianjurkan yaitu buah-buahan dan sayur karena tingginya kadar serat di dalamnya serta menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jahat, seperti pada fast food.

3. Menghindari Stress

Kondisi psikologi yang sedang terguncang juga dapat menghasilkan hormon tertentu dan membuat sistem imun tubuh menurun serta virus penyebab penyakit jengger ayam akan lebih mudah masuk.

Oleh sebab itu, Anda harus sering meluangkan waktu untuk refreshing di tengah-tengah padatnya aktivitas dan permasalahan yang mungkin sedang dihadapi.

4. Olahraga Ringan

Aktivitas yang satu ini merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi berbagai masalah kesehetan, termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Cara mencegah jengger ayam dengan olahraga tidak harus mengguankan aktivitas-aktivitas berat. Berjalan kaki dan bersepeda adalah salah satu jawaban yang dapat Anda gunakan.

5. Istirahat Cukup

Kondisi fisik yang lelah juga menjadi salah satu penyebab sistem kekebalan tubuh melonjak turun. Dan pada kondisi yang lemah itulah, virus akan mudah masuk dalam tubuh. Jadi, Anda harus mampu mengatur pola istirahat sebaik mungkin. Usahakan untuk tidur malam, minimal selama 8 jam.

Demikian beberapa cara mencegah jengger ayam yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.