-->

MENU

Cara Mengatasi Insulin Resistance Secara Alami

Cara Mengatasi Insulin Resistance Secara Alami
Cara Mengatasi Insulin Resistance Secara Alami

Insulin resistance atau resistansi insulin adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat merespon atau menolak terhadap produksi insulin, yang bertugas untuk mengontrol kadar gula darah dalam kadar normal.

Kondisi tubuh yang mengalami insulin resistance seringkali dihubungkan dengan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta kolesterol tinggi. Jadi, insulin resistance biasanya akan terjadi jauh sebelum munculnya beberapa penyakit tersebut.

Penyebab Insulin Resistance

Secara umum, insulin resistance masih belum diketahui penyebabnya yang pasti. Namun, para ahli menyimpulkan beberapa pendapat mengenai penyebab terjadinya insulin resistance, yaitu sebagai berikut.

1. Faktor Keturunan

Penyebab insulin resistance ini merupakan kondisi yang paling sulit untuk dihindari. Jika dalam garis keluarga ada yang menderita diabetes tipe 2, maka resiko terjadinya insulin resistance akan semakin meningkat.

2. Faktor Usia

Insulin resistance lebih banyak dialami oleh mereka yang berusia lebih dari 40 tahun dan menjadi salah satu faktor penyebab yang tidak bisa dikontrol.

3. Obesitas atau Kegemukan

Menjalankan diet merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki berat badan di atas normal. Dengan melakukan diet yang sehat, maka Anda dapat mengurangi resiko terserang insulin resistance.

4. Kurangnya Aktivitas Olahrga

Seseorang yang sangat jarang melakukan aktivitas olahraga akan cenderung tidak mempunyai sensitifitas terhadap fungsi insulin dalam tubuh. 

Selain beberapa faktor penyebab di atas, resistance insulin juga diduga disebabkan oleh kondisi psikologi yang sedang stress, menjalani masa kehamilan, serta menggunakan obat-obatan jenis steroid.

Cara Mengatasi Insulin Resistance secara Alami

1. Labu

Walaupun tanaman ini memiliki rasa yang identik manis, tetapi juga termasuk salah satu pengobatan alami untuk insulin resistance. Sebab, tanaman tersebut terbukti memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Jadi, konsumsi labu dengan rutin merupakan cara mengatasi insulin resistance yang sangat baik.

2. Konsumi Makanan Kaya Serat

Pemilihan makanan kaya serat sebagai cara mengatasi insulin resistance yaitu karena kandungan rendah gula yang dimilikinya sehingga dapat membuat perut terasa selalu kenyang dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa makanan kaya serat yang paling dianjurkan adalah sayur bayam dan brokoli. Anda juga dapat menggunakan buah-buahan atau puding yang juga memiliki kandungan serat tinggi.

3. Kacang Okra

Cara mengatasi insulin resistance selanjutnya adalah menggunakan kacang okra. Cara pengolahannya yaitu dengan menyiapkan 3 buah kacang okra, lalu potong ujung-ujungnya. Rendam kacang okra dalam air semalam dan minum air rendaman tersebut saat pagi hari.

Cara mengobati insulin resistance ini juga dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah dengan baik.

4. Konsumsi Vitamin K

Mengatasi insulin resistance dengan vitamin K dapat dilakukan menggunakan suplemen maupun dari bahan-bahan alami, seperti sayuran hijau. Konsumsi vitamin K secara rutin dapat mengurangi efek buruk yang diakibatkan oleh insulin resistance.

5. Cinnamon

Salah satu jenis rempah-rempah ini juga terbukti memiliki khasiat yang baik untuk mengobati insulin resistance secara alami. Gantilah penggunaan gula dengan bubuk kayu manis ketika Anda mengolah makanan maupun minuman di rumah.

6. Hindari Karbohidrat

Apabila Anda mengalami insulin resistance, maka salah satu cara mengatasi keadaan tersebut adalah dengan menghindari konsumsi makanan bertepung dan mengandung karbohidrat. Jenis makanan yang dianjurkan adalah konoa dan gandum.

7. Mengontrol Berat Badan

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab terjadinya insulin resistance adalah kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau disebut dengan obesitas. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan diet sehat demi menjaga berat badan dalam kondisi normal.

Penurunan sebanyak 7% dari berat badan total sudah terbukti mampu mengatasi insulin resistance dengan sangat baik.

Demikian beberapa cara mengatasi insulin resistance secara alami yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.