-->

MENU

Pelajari Gejala Penyakit Lupus, Dan Cara Tepat Mengobatinya Menggunakan Bahan Alami

Pelajari Gejala Penyakit Lupus, Dan Cara Tepat Mengobatinya Menggunakan Bahan Alami
Salah satu penyakit peradangan kronis yang sangat berbahaya bahkan mematikan adalah lupus, yang disebabkan karena sistem imun menyerang jaringan tubuh serta organ tubuh sendiri. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit lupus ini sering sekali mirip dengan penyakit yang lainnya sehingga sulit untuk didiagnosis.

Tingkat kesulitan untuk mendiagnosis penyakit lupus ini jugalah yang menyebabkan penyakit ini dijuluki sebagai penyakit seribu wajah, sehingga seringkali penanganan yang diberikan pada penderita penyakit lupus kurang tepat.

Gejala Penyakit Lupus, Dan Cara Tepat Mengobatinya

Pun demikian, penyakit lupus ini juga lebih banyak menyerang para wanita pada masa usia produktif yakni antara usia 15 tahun hingga 50 tahun, namun alasan pasti mengenai penyebab penyakit lupus yang lebih banyak menyerang wanita ini juga belum diketahui. 

Meski lebih banyak menyerang wanita, para anak-anak dan pria juga berpotensi untuk terkena penyakit lupus ini.

Meskipun sering memunculkan gejala yang mirip dengan penyakit lain, namun gejala umum yang sering ditimbulkan oleh penyakit lupus ini juga ada, antara lain :
  1. Penderita akan merasa mudah lelah.
  2. Penderita akan merasa demam.
  3. Penderita dapat mengalami peningkatan berat badan atau malah sebaliknya, dapat mengalami penurunan berat badan.
  4. Munculnya ruam kemerahan pada wajah penderita yang berbentuk seperti kupu-kupu yang dapat menutupi pipi dan hidung.
  5. Munculnya luka pada kulit penderita ketika terkena sinar matahari.
  6. Terjadi radang pada mulut penderita.
  7. Rambut penderita akan rontok.
  8. Kuku dan jari penderita akan membiru atau memutih saat stress atau ketika terkena dingin.
  9. Napas penderita akan menjadi lebih pendek.
  10. Penderita akan merasa nyeri pada dada.
  11. Mata penderita akan terasa kering.
  12. Kulit penderita akan menjadi lebih mudah memar.
  13. Penderita akan sering merasa depresi, gelisah bahkan dapat mengalami hilang ingatan.
Mengobati Penyakit Lupus secara Alami

Penyakit lupus adalah penyakit yang sangat kuat sehingga juga dibutuhkan obat yang lebih kuat untuk melawannya. Jika kebetulan ada orang di sekitar Anda yang menunjukkan gejala yang telah disebutkan sebelumnya atau bahkan Anda sendiri, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, berkaitan dengan proses pengobatan penyakit lupus, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami antara lain green tea, kunyit, daun belimbing wuluh, daun cocor bebek, ketela rambat, daun songgolangit dan biji nangka. Berikut penjelasannya:

1. Green Tea

Ini adalah bahan alami yang pertama yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit lupus. Green tea atau teh hijau ini memiliki kandungan polyphenol dan juga anti inflammatory yang akan membantu mengatasi penyakit lupus. Bagaimana bisa? 

Karena polyphenol dan anti inflammatory ini bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan ruam-ruam yang berwarna kemerahan karena penyakit lupus.
Adapun cara penggunaan green tea sebagai obat penyakit lupus adalah bisa dengan mencampurkannya langsung ke dalam makanan yang lainnya atau disajikan dalam bentuk teh hangat juga bisa.

Tetapi ada hal yang harus diingat jika ingin menggunakan green tea sebagai obat lupus, yakni takaran penggunaan green tea tidak boleh sembarangan. Sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Kunyit

Bahan alami yang kedua untuk mengobati penyakit lupus adalah kunyit. Bumbu dapur yang berwarna oranye ini memiliki bahan aktif yang berupa kurkumin yang memiliki antioksidan, antibakteri dan anti inflamasi.

Sama seperti anti inflamasi yang ada pada teh hijau, anti inflamasi yang ada pada kunyit ini juga mampu menghilangkan ruam-ruam yang berwarna kemerahan karena penyakit lupus.

Cara penggunaan kunyit sebagai obat penyakit lupus adalah dengan menjadikannya sebagai minuman sehari-hari. 
  • Anda bisa menambahkan bubuk kunyit pada susu.
  • Dijadikan minuman jamu dengan cara parut kunyit secukupnya lalu tambahkan sedikit air hangat lalu peras. Anda bisa menambahkan sedikit madu jika Anda ingin rasa yang lebih manis.
3. Daun dan Buah Belimbing Wuluh

Sama dengan buah belimbing wuluh, daun belimbing wuluh juga memiliki rasa yang asam. Tanaman ini akan mudah dijumpai di pekarangan rumah, dimana buahnya sering dijadikan tambahan untuk membuat sayur asem.

Namun tak hanya itu, baik daun maupun buah belimbing wuluh ini dapat dijadikan obat penyakit lupus, dengan cara mengolahnya adalah sebagai berikut :
  • Ambil daun belimbing wuluh secukupnya lalu rebus dan airnya diminum. Lakukan hal ini secara rutin dan juga teratur supaya penyakit lupus bisa segera sembuh.
  • Jika menggunakan buah belimbing wuluh, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus yang ditambahkan dengan madu asli supaya tidak terlalu asam lagi. Minum jus ini secara rutin dan juga teratur supaya penyakit lupus tersebut dapat segera sembuh.
4. Daun Cocor Bebek

Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa tanaman cocor bebek ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun, dibalik kemudahannya untuk dikembangbiakkan, tanaman cocor bebek ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati penyakit lupus.

Adapun cara menggunakannya adalah :
  • Ambil beberapa lembar daun cocor bebek lalu cuci hingga bersih.
  • Rebus daun cocor bebek tersebut hingga mendidih dan daunnya melunak.
  • Ambil air rebusan daun cocor bebek dan dinginkan.
  • Setelah dingin, minumlah air rebusan daun cocor bebek tersebut.
5. Ketela Rambat

Ketela rambat sangat kaya akan antioksidan, beta karoten, vitamin B Kompleks, Vitamin C, fosfor dan zat besi yang menjadikan ketela rambat sebagai penguat imun yang hebat. Selain itu, ketela rambat juga mengandung anti inflamasi sehingga juga bermanfaat untuk peradangan baik itu internal ataupun eksternal.

Jika Anda suka dengan ketela rambat, Anda bisa sekaligus menjadikannya sebagai obat untuk mengobati penyakit lupus. Untuk cara pengolahannya terserah kepada Anda, bisa dengan direbus ataupun dibakar, namun lebih baik jika Anda tidak menggorengnya.

6. Daun Songgolangit

Tanaman yang sering dianggap gulma dengan bunga tunggal yang berwarna putih ini memiliki sifat analgesik atau menghilangkan rasa sakit dan juga anti inflamasi atau anti radang.
Sehingga dengan kedua sifat tersebut, tanaman songgolangit dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit lupus. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut :
  • Ambil daun tanaman songgolangit secukupnya.
  • Bersihkan daun songgolangit tersebut.
  • Rebus daun songgolangit dengan air hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, ambil air rebusan daun songgolangit lalu diamkan hingga dingin.
  • Setelah dingin, minum air rebusan daun songgolangit tadi.
Jangan khawatir dengan rasa dari daun songgolangit ini, karena rasanya seperti teh tawar, namun jika Anda ingin rasa yang lebih manis Anda bisa menambahkan gula ataupun madu.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit lupus. Namun meskipun Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda hendaknya tetap mengkombinasikan penggunaan bahan-bahan alami tersebut dengan pengobatan secara medis supaya hasil yang akan Anda dapatkan nantinya lebih maksimal.

Demikian artikel ini yang memaparkan tentang gejala penyakit lupus serta bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat penyakit lupus, semoga bermanfaat.