-->

MENU

Pengobatan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Pengobatan Penyakit Asam Urat Secara Alami
Apakah Anda sering mengalami nyeri pada persendian dan disertai dengan pembengkakan? Jika iya, Anda harus berhati-hati dan lebih waspada karena gejala tersebut merujuk pada tanda gejala asam urat.

Pengobatan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Penyakit yang juga disebut dengan gout atau kirai tersebut disebabkan oleh pengkristalan natrium urat yang berada di luar maupun dalam sendi. Biasanya rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit asam urat akan muncul dalam waktu 3-10 hari dan memuncak setelah 6-24 hari, terhitung sejak munculnya gejala penyakit tersebut. Di bawah ini adalah gejala, dampak dan cara pengobatan penyakit asam urat secara alami.

Kadar Asam Urat Normal

Secara umum, pria memiliki kadar asam urat normal antara 3,5 hingga 7 mg/dl dan wanita 2,6 hingga 6 mg/dl.

Gejala Asam Urat
  • Timbul rasa nyeri dan linu pada sendi yang disertai dengan pembengkakan serta munculnya warna kemerahan
  • Rasa nyeri pada sendi seringkali muncul pada saat malam hari
  • Bagian sendi yang mengalami gejala asam urat tersebut antara lain siku, jari tangan, pergelangan tangan, lutut, jari kaki, dan tumit
Dampak Penyakit Asam Urat
  • Tekanan darah tinggi
  • Gagal Ginjal
  • Kencing manis
  • Obesitas atau kegemukan
Cara Pengobatan Asam Urat secara Alami 

1. Jus Lemon

Buah dengan rasa asam memang menjadi solusi tepat untuk mengobati penyakit asam urat secara alami. Kandungan asam yang tinggi dalam jeruk lemon terbukti mampu menghasilkan kalsium karbonat untuk menetralkan asam urat. 
2. Daun Salam

Pengobatan asam urat secara alami selanjutnya yaitu dengan merebus daun salam 10 lembar dalam 2 gelas air bersih. Tunggu sampai mendidih dan sisakan air sampai setengah bagiannya. Minum secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing tentu sudah populer sebagai pengobatan tradisional untuk beberapa penyakit. Salah satunya yaitu sebagai pengobatan alami penyakit asam urat. Cara penyajiannya adalah menyiapkan bahan-bahan di bawah ini :
  • Daun kumis kucing : 10 gram
  • Sawi tanah : 10 gram
  • Meniran : 10 gram
  • Kapulaga : 10 gram
Rebus semua bahan tersebut dalam 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa setengah bagiannya. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran 150 ml untuk tiap kali minum.

4. Cuka Sari Apel

Selain mengatasi sakit kepala, cuka sari apel juga memiliki peranan penting sebagai pengobatan alami penyakit asam urat. Dengan kandungan asam yang tinggi, bahan alami tersebut mampu meredakan rasa sakit akibat penyakit asam urat.

Caranya, campur cuka sari apel sebanyak 1 sendok makan dalam segelas air. Aduk hingga rata dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari.
5. Daun Sosor Bebek

Pengobatan penyakit asam urat selanjutnya adalah dengan daun sosor bebek yang dicampurkan dengan jehe, cengkeh, dan sebagainya. Jika dikonsumsi secara rutin, ramuan tersebut terbukti efektif untuk mengobati asam urat secara alami dan dapat menjaga kekebalan tubuh.

6. Sidaguri

Tumbuhan dengan nama lain siliguri, sadagori, otok-otok, kahindu, atau bitumu ini memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit asam urat. Secara umum, sidaguri menjadi obat herbal alami untuk mengurangi rasa sakit, peluruh kencing, dan sebagai anti radang.

Cara pengolahannya yaitu dengan merebus 30 gram sidaguri basah atau kering, dalam 600 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa sekitar 1,5 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.
Nah, itulah beberapa pengobatan penyakit asam urat secara alami yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi tips kesehatan yang bermanfaat bagi Anda.