-->

MENU

Cara Alami Mengobati Penyakit Keputihan Dan Mengenal Faktor Penyebabnya

Cara Alami Mengobati Penyakit Keputihan Dan Mengenal Faktor Penyebabnya
Cara Alami Mengobati Penyakit Keputihan Dan Mengenal Faktor Penyebabnya

Keputihan merupakan infeksi pada organ kewanitaan yang juga menjadi bagian dari gejala suatu penyakit. Namun, tidak semua keputihan termasuk gejala penyakit berbahaya dan hal tersebut dapat diamati dari warnanya yang kekuningan atau kehijaun serta baunya yang tidak sedap.

Bagi Anda yang sedang mengalami keputihan, maka berbagai cara pengobatan alami juga dapat menjadi salah satu solusi yang terbukti khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit tersebut.

Penyebab Keputihan

1. Cara Cebok yang Salah

Salah satu faktor penyebab keputihan yang sering terjadi selalu dilatar belakangi oleh cara mencebok yang salah. Adapun membilas area kewanitaan yang benar adalah dari depan ke belakang agar bakteri di anus tidak sampai ke itu kamu.

2. Bahan Celana

Penyebab masalah keputihan berikutnya adalah dilihat dari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat serta tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan celana dalam berbahan katun.

3. Stress dan Depresi

Untuk mencegah resiko terjadinya keputihan, sebaiknya Anda selalu menjaga kondisi psikis dengan refreshing yang dapat mengembalikan pikiran serta inspirasi Anda.

4. Area Kewanitaan yang Lembab

Selain menggunakan bahan celana dalam dari katun, sebaiknya Anda juga selalu menjaga area kewanitaan selalu kering setiap kali selesai buang air. Gunakan tissu atau handuk khusus untuk melakukannya.

5. Ketidakseimbangan Hormon

Untuk kondisi ini, Anda dapat mengetahuinya setelah melakukan konsultasi dengan dokter dan tenaga kesehatan yang sesuai bidangnya.

6. Faktor Keturunan

Masalah gen juga menjadi salah satu penyebab keputihan yang menjadi gejala masalah organ kewanitaan seperti kanker rahim, sifilis, dan lain-lain.

Cara Mengobati Keputihan secara Alami

1. Air Beras dan Madu

Cara mengatasi masalah keputihan secara ampuh dalah dengan rebusan air beras yang dicampur sedikit madu. Air beras putih terbukti memiliki khasiat baik dalam melawan pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme penyebab keputihan.

Cara pembuatannya dimulai dengan merebus beras putih ke dalam air. Pastikan Anda mencuci beras terlebih dahulu sampai bersih. Setelah mendidih, ambil air rebusan beras dan minum selagi hangat. Tambahkan sedikit madu dan konsumsi secara rutin.

2. Yoghurt

Kandungan probiotik serta bakteri dalam yoghurt memiliki peranan yang baik dalam melawan bakteri di dalam tubuh, terutama di area kewanitaan yang menyebabkan keputihan.

Selain itu, yoghurt juga berkhasiat dalam menjaga organ intim dari resiko pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi. Cara pengobatan keputihan menggunakan yoghurt dapat dilakukan secara rutin tiap hari.

3. Daun Sirih

Merupakan cara mengobati keputihan yang paling sering digunakan karena daun sirih terbukti memiliki kandungan anti jamur, anti oksidan, serta nutrisi yang mampu mematikan kuman.

Adapun cara membuat ramuan alami untuk keputihan ini yaitu dengan merebus daun sirih sebanyak 10 lembar ke dalam 2 liter air. Tunggu hingga mendidih dan dinginkan. Lalu, gunakan untuk membasuh organ kewanitaan. Pengobatan alami tersebut hanya untuk penggunaan area luar.

4. Akar Bayam

Mengobati keputihan dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan akar bayam yang diolah menjadi jus. Kandungan anti bakteri dalam akar bayam terbukti dapat mengatasi penyakit keputihan secara alami terutama pada kasus berat.

Cara alami untuk mengobati keputihan dilakukan dengan memblender akar bayam dan meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Biji Ketumbar

Ternyata biji ketumbar juga memiliki khasiat yang baik dalam mengatasi sakit keputihan secara alami. Cara menggunakan biji ketumbar sebagai obat alami keputihan adalah dengan merendamnya dalam air bersih selama satu malam.

Minum ramuan tradisional untuk keputihan tersebut saat bangun tidur pagi hari dan sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman apapun. 

6. Jahe Hangat

Rimpang jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya untuk menyembuhkan keputihan secara ampuh dengan bahan alami  karena kemampuannya dalam melawan infeksi mikroorganisme.

Pembuatan ramuan herbal alami untuk keputihan ini adalah dengan memasukkan jahe segar berukuran 1 jari ke dalam satu gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum selagi hangat. Tambahkan madu atau gula untuk membuat rasanya lebih nikmat saat dikonsumsi.

7. Madu dan Jus Lemon

Minum jus lemon dan madu secara rutin terbukti memberikan khasiat untuk mengobati keputihan secara alami karena kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain itu, konsumsi salah satu bahan herbal alami untuk keputihan tersebut juga berguna untuk menambah jumlah bakteri baik dalam area kewanitaan yang berguna untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri penyebab keputihan.

8. Jus Delima

Mengatasi keputihan menggunakan bahan alami kali ini dapat dilakukan secara rutin sebanyak 1 kali setiap harinya. Buah delima merupakan salah satu buah yang memiliki nutrisi penting dalam membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta mencegah adanya pertumbuhan bakteri serta virus penyebab keputihan.

9. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau yang bermanfaat untuk mengatasi masalah keputihan secara alamia adalah asparagus, bayam, dan kubis. Kandungan klorofil alami, mineral, vitamin, serta zat besi yang dimiliki oleh sayuran tersebut terbukti dapat mencegah pertumbuhan berbagai mikroorganisme dalam itu kamu.

Selain itu, sayur-sayuran hijau tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan sehingga senantiasa menjaga tubuh dalam kondisi fit.

10. Hindari Makanan Berminyak

Alasan bagi Anda untuk menghindari makanan berminyak adalah kandungan lemak di dalamnya yang mampu membuat perubahan hormon dalam tubuh sehingga memperburuk kondisi keputihan.

Selain itu, makanan yang berminyak dan berlemak juga dapat menyebabkan metabolisme dalam tubuh mengalami hambatan. Jadi, sebaiknya Anda selalu menghindari jenis makanan tersebut selama menyembuhkan masalah keputihan.

11. Kunyit

Kandungan anti bakteri di dalam kunyit sangat berperan baik dalam mengatasi masalah keputihan secara alami dan cepat.

Konsumsi secara rutin ramuan herbal alami untuk keputihan tersebut dengan memarut kunyit secukupnya. Tambahkan sedikit air dan peras. Ambil air perasan tersebut dan tambahkan gula jawa serta asam jawa secukupnya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran setengah gelas.

12. Daun Iler

Mengobati keputihan menggunakan bahan alami berikutnya adalah dengan daun iler atau miana. Tanaman yang satu ini juga terbukti dapat mengatasi keputihan dengan alami dan cepat. 

Rebus daun iler secukupnya dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan sisakan air hanya 1 gelas saja. Minum selagi hangat secara rutin secanyak 2 kali dalam sehari, maka masalah keputihan Anda dapat segera teratasi.

13. Akar dan Daun Tapak Liman

Selain beberapa tanaman alami untuk keputihan di atas, pengobatan berikutnya juga dapat menggunakan tapak liman, mulai dari daun hingga bagian akar.

Rebus 2 buah tanaman tersebut ke dalam 2 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengah bagiannya saja. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali setiap hari, sampai keputihan benar-benar membaik.

14. Buah Pisang

Selain membantu kesehatan pencernaan serta jantung, buah pisang juga memiliki khasiat yang sangat baik dalam menyembuhkan sakit keputihan secara alami.

Pisang memiliki kandungan nutrisi yang mampu mengatasi berbagai permasalahan organ reproduksi termasuk keputihan serta mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Konsumsi buah pisang sebanyak 2 kali dalam sehari maka keputihan yang sedang Anda alami dapat segera teratasi.