-->

MENU

Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh

Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh
Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh - Ikan gabus merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar sehingga banyak dicari dan diperoleh di sungai, danau. Indonesia merupakan salah satu tempat yang paling baik untuk Ikan Gabus. Manfaat Untuk Tubuh ikan gabus yang sangat baik membuat banyak orang menengok ikan ini sebagai menu makanan sehari-hari. Manfaat Ikan Gabus memang sangat fenomenal untuk tubuh kita.

Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh

Lalu, manfaat ikan gabus mempercepat pemulihan pasca operasi itu sudah sangat terkenal sejak nenek moyang kita. Orang yang baru saja melakukan operasi pasti disarankan untuk memakan ikan gabus. Kandungan protein yang ada di dalam tubuh ikan melebihi dari kandungan protein dalam daging ikan yang lainnya. Protein ini bekerja dalam pembentukan otot sehingga manfaat untuk kamu setelah pasca operasi sangat besar sekali.

Tak hanya itu saja, ikan gabus juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Lantas, apa yang membuat manfaat ikan gabus untuk ibu hamil sangat luarbiasa. Ternyata, ikan gabus mengandung zat yang sangat dibutuhkan ibu selama kehamilan. Zat itu adalah protein albumin, protein ini terdapat banyak sekali dalam ikan gabus bahkan lebih banyak bila dibandingkan dengan ikan lele, dan ikan-ikan lainnya.

Zat protein yang sangat tinggi dalam tubuh ikan ini membuat manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat populer dan terkenal. Berikut kita lihat manfaat ikan gabus bagi kesehatan, mulai dari manfaatnya untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi, manfaat ikan gabus bagi ibu hamil hingga cara memasak ikan gabus untuk obat.

Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh

1. Pembentukan otot

Salah satu manfaat umum dari ikan gabus adalah untuk pembentukan otot. Ini berkat banyaknya kandungan protein dalam ikan gabus. Protein dalam ikan gabus melebihi dari kandungan protein yang ada dalam ikan lain baik itu ikan lele, ikan mas, ikan nila. Kandungan protein dalam 100 gram ikan gabus adalah 25, 2 gram protein.

Kalau anda mau membandingkan dengan protein dalam ayam sungguh ikan gabus sangat terdepan. Dalam 100 gram ayam mengandung 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sementara dalam telur hanya mengandung 12, 8 gram. Jadi, kandungan protein yang tinggi dalam ikan membuat manfaat ikan gabus bagi kesehatan sangat terasa sekali dalam pembentukan otot.

2. Manfaat sebagai obat pasca operasi

Bukan rahasia lagi kalau ikan air tawar ini sangat bermanfaat untuk luka. Kandungan protein albumin yang ada dalam tubuh ikan gabus membuat manfaatnya sangat baik untuk memperbaiki luka jaringan tubuh. Berbagai luka yang merusak otot baik itu luka akibat jatuh, luka setelah operasi atau luka lainnya sangat membutuhkan protein albumin. Ikan gabus adalah satu-satunya ikan yang menyediakan protein albumin dalam jumlah tinggi bila dibandingkan dengan ikan lain manapun.

3. Bagus untuk pencernaan

Selanjutnya, manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah menjaga pencernaan karena daging ikan gabus sangat lembek. Ini disebabkan dari rendahnya protein kolagen dalam ikan gabus. Kalau dibandingkan dengan daging ternak lain maka ikan gabus paling rendah dengan kadar protein kolagen.

4. Obat berbagai penyakit

Tak disangka kalau ikan gabus yang menghuni sungai-sungai dan rawa ini juga mempunyai manfaat besar untuk kesehatan seperti membantu kesembuhan hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll. Jadi jangan anggap sepele dengan ikan gabus, rajinlah makan ikan air tawar ini untuk menjaga kesehatan tetap baik dan fit.

5. Manfaat ikan gabus untuk ibu yang sedang Mengandung

Bagi ibu hamil yang suka makan ikan gabus harus merasa beruntung karena ikan gabus memang sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang mengandung. Kandungan protein albumin dalam ikan gabus sangat tinggi sekali sehingga bisa membantu ibu hamil yang kekurangan albumin. Albumin dalam tubuh manusia normal adalah 60-70% dari total plasma darah. Ibu hamil sering sekali mengalami kekurangan albumin terutama ketika akan melakukan persalinan. Jadi, manfaat ikan gabus untuk ibu hamil sungguh luarbiasa. Kalau keluarga anda mengalami kekurangan albumin maka alternatifnya adalah mengkonsumsi ikan gabus yang banyak mengandung albumin.

6. Obat Gizi Buruk

Selain ikan gabus bermanfaat untuk ibu hamil, ikan rawa ini juga sangat baik untuk memperbaiki gizi keluarga. Kandungan protein yang tinggi membuat gizi keluarga bisa tercukupi dengan mudah. Bagi anak-anak yang kekurangan gizi sangat di sarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus. Dalam 100 gram saja sudah bisa mencukupi gizi harian mereka.

7. Mengatasi pembengkakan bagian tubuh

Selain manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi, kandungan albuminnya juga sangat membantu dalam mengatasi pembengkakan tubuh. Kalau anda atau keluarga mengalami pembengkakan bagian tubuh, maka ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu menyembuhkan masalah bengkak dengan cepat.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selanjutnya, manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah meningkatkan daya imunitas tubuh anda. Kalau anda sering sakit atau sering diserang batuk, pilek dan flu maka mengkonsumsi ikan gabus secara rutin sangat baik. Ikan yang kaya nutrisi ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan lebih fit sehingga anda tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

9. Obat Anak Autis

Manfaat luarbiasa lain dari ikan gabus adalah bisa membantu anak yang menderita autis dalam penyembuhannya. Ikan gabus mengandung nutrisi yang baik mereka yang menderita autis.

10. Manfaat ikan gabus untuk bayi

Manfaat ikan gabus untuk bayi mampu meningkatkan berat badan bayi dengan baik. Kandungan protein albumin dalam ikan gabus sangat berperan dalam membentuk otot dan menaikkan berat badan bayi. Kandungan gizi ikan gabus sangat penting untuk kesehatan hingga bagi kesehatan bayi sekalipun.

Demikianlah artikel singkat tentang manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari manfaat ikan gabus untuk ibu hamil atau manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi bahkan hingga cara memasak ikan gabus untuk obat. Kalau ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada keluarga, teman dan kolega anda.