-->

MENU

Penyebab Sakit Cantengan Serta Cara Mengobati Dan Pencegahannya

Penyebab Sakit Cantengan Serta Cara Mengobati Dan Pencegahannya
Penyebab Sakit Cantengan Serta Cara Mengobati Dan Pencegahannya

Paronychia merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk menyebut sakit cantengan. Jenis penyakit yang menimbulkan rasa nyeri ini terjadi akibat adanya peradangan di sekitar kuku jempol, baik pada kaki maupun tangan.

Jika tidak dilakukan penanganan yang tepat, pada bagian cantengan akan muncul nanah dengan bau tidak sedap. Lalu, bagaimana cara pengobatan yang tepat untuk sakit cantengan?

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi tentang beberapa cara mencegah dan mengobati cantengan secara alami serta berbagai penyebab munculnya penyakit tersebut.

Penyebab Penyakit Cantengan

1. Kuku yang Terlalu Pendek

Penyebab sakit cantengan yang paling sering terjadi adalah kondisi kuku yang terlalu pendek. Sebaiknya Anda selalu memperhatikan cara memotong kuku yang benar. Sebab, memotong kuku yang tidak tepat akan menimbulkan perlukaan pada bagian tepi kuku sehingga memunculkan kuman penyebab cantengan.

2. Sepatu yang Terlalu Sempit

Selain kondisi kuku yang terlalu pendek dan runcing, penyakit cantengan juga seringkali disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu sempit dalam kurun waktu yang lama dan sering.

3. Gerakan Berhenti yang Mendadak

Penyebab penyakit cantengan berikutnya juga sering terjadi pada seseorang yang melakukan gerakan berhenti secara mendadak, seperti pada saat melakukan aktivitas olaharga basket dan bulutangkis.

Cara Mengobati Cantengan Secara alami

1. Jahe dan Minyak Kelapa

Salah satu cara mengobati cantengan yang terbukti khasiatnya adalah jahe dan  minyak kelapa. 

Cara membuat obat herbal alami untuk cantengan kali ini yaitu dengan menghaluskan jahe berukuran 1 jari, kemudian tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Aduk hingga merata dan oleskan pada bagian kuku jari tangan atau kaki yang cantengan. Lakukan pengobatan alami untuk cantengan ini sebanyak 2 kali/ hari.
2. Jeruk Lemon

Pengobatan cantengan menggunakan cara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah yang kaya vitamin C. Sifat asam yang juga dimiliki oleh jeruk lemon ternyata memiliki khasiat baik dalam menyembuhkan infeksi akibat cantengan.

Cara mengatasi cantengan dengan jeruk lemon dapat dilakukan dengan mengiris buah tersebut dengan tebal 3 mm, lalu tempelkan pada bagian kuku yang sakit. Ikat jeruk lemon tersebut menggunakan kain bersih atau dengan kassa perban. Lakukan cara pengobatan alami tersebut selama 15 menit sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Air Hangat dan Garam

Bagi Anda yang merasa akan mengalami cantengan, maka pegobatan cantengan secara alami yang satu ini akan menjadi solusi paling tepat. Pertama-tama, siapkan air hangat di dalam baskom sedang, lalu tambahkan dengan garam dapur.

Letakkan tangan atau kaki yang mengalami cantengan ke dalam baskom tersebut dengan durasi 15 menit. Pengobatan alami sakit cantengan ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Daun Dewa

Pengobatan sakit cantengan secara alami berikutnya adalah menggunakan daun dewa. Cuci daun dewa terlebih dahulu, kemudian haluskan. Letakkan daun dewa yang telah ditumbuk tersebut di bagian kuku yang mengalami cantengan. Kemudian balut menggunakan kassa dan diamkan hingga 15 menit.

Ganti ramuan tradisional untuk sakit cantengan ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Maka rasa sakit yang diakibatkan oleh cantengan akan berkurang dan meminimalisir resiko terjadinya infeksi.

5. Daun Pacar Kuku

Selain menggunakan daun dewa, pacar kuku juga terbukti menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengobati cantengan secara alami. Setelah mencucui bersih daun pacar kuku, silahkan Anda haluskan dengan cara menumbuknya. Tempelkan obat alami untuk cantengan tersebut di bagian kuku yang sakit.

Setelah itu, silahkan Anda bungkus menggunakan kain bersih ataupun perban. Ramuan ini sebaiknya diganti sebanyak 2 kali dalam sehari dan utamakan untuk selalu menjaga kebersihan di area kuku yang cantengan.

6. Cuka Sari Apel

Cara menyembuhkan sakit cantengan secara alami berikutnya adalah menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan cuka sari apel dengan perbandingan 1 : 1. Segera masukkan kaki atau tangan yang cantengan ke dalam ramuan tersebut selagi hangat dan diamkan hingga 10 menit atau sampai air terasa dingin.

Cara pengobatan sakit cantengan secara alami ini akan mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Daun Tempuh Wiyah

Tanaman yang juga terbukti bermanfaat untuk mengatasi cantengan secara alami dan cepat berikutnya adalah daun tempuh wiyah yang dihaluskan dan dicampurkan dengan sedikit gula pasir.

Aduk obat herbal alami sakit cantengan tersebut sampai merata dan tempelkan pada jari kuku yang sakit. Kemudian bungkus bagian yang cantengan tersebut menggunakan kain bersih atau kassa.

8. Bawang Putih dan Minyak Kelapa

Rempah-rempah ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati cantengan secara ampuh, yaitu dengan bawang putih yang dicampurkan dengan sedikit minyak kelapa.

Pertama-tama, silahkan Anda haluskan bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih. Lalu, tambahkn dengan beberapa tetes minyak kelapa. Aduk hingga merata dan oleskan di bagian jari yang mengalami cantengan. Balut jari yang sakit tersebut menggunakan kasssa.

Pengobatan untuk cantengan menggunakan bahan alami ini sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari hingga cantengan benar-benar sembuh.

9. Minyak Pohon Teh dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi cantengan dengan bahan alami ini terbukti memberikan hasil yang sangat cepat karena kandungan kedua bahan tersebut yang bersifat antibakteri sehingga sangat baik dalam mencegah infeksi pada cantengan.

Siapkan baskom berukuran sedang, kemudian isi dengan minyak pohon teh disusul dengan minyak zaitun sebanyak 1 : 1. Aduk hingga merata dan obat alami untuk cantengan tersebut dapat digunakan untuk merendam bagian yang sakit. Lakukan selama 15 menit serta berikan pijatan ringan pada bagian yang cantengan.

Cara Mencegah Cantengan

1. Menggunakan Alas Kaki

Jika Anda seringkali melakukan aktivitas dengan adanya kontak antara kaki dengan benda-benda yang kotor, baik debu, air, maupun lumpur, sebaiknya Anda selalu menggunakan alas kaki untuk mencegah masuknya kotoran pada sela-sela kuku yang meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab cantengan.

2. Pilih Sepatu yang Sesuai Ukuran

Pada poin yang satu ini sebaiknya harus benar-benar Anda perhatikan karena seringkali pelindung kaki yang tertutup seperti sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit akan menyebabkan adanya penekanan di bagian tepi kuku.

Jika terjadi dalam kurun waktu yang lama dan frekuensi terlalu sering, maka dapat menimbulkan trauma pada jari akibat pertumbuhan kuku yang terus mengarah ke samping dalam.
3. Memotong Kuku dengan Benar

Hal inilah salah satu penyebab utama dari cantengan pada sebagian besar kasus yang terjadi. Hindari memotong kuku yang terlalu pendek karena dapat menimbulkan adanya luka sehingga memicu pertumbuhan kuman penyebab cantengan.

Selain itu, Anda juga harus memotong kuku dengan lurus, pada bagian tengah maupun samping, sehingga tidak nampak seperti kurva yang dapat menimbulkan adanya perlukaan.

4. Menjaga Kebersihan

Cara mencegah sakit cantengan berikutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan di area kuku. Biasakan untuk selalu mencuci tangan maupun kaki, tiap kali sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Hal ini akan membuat tangan dan kaki selalu bebas dari kuman sehingga resiko terjadinya cantengan dapat dicegah secara dini dan seminimal mungkin.

Itulah penyebab terjadinya cantengan serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.