-->

MENU

Jenis-Jenis Penyakit Hernia, Penyebab, Dan Cara Ampuh Mengobatinya Dengan Bahan Alami

Jenis-Jenis Penyakit Hernia, Penyebab, Dan Cara Ampuh Mengobatinya Dengan Bahan Alami
Penyakit Hernia dapat terjadi akibat mencuatnya bagian organ tubuh melalui jaringan sekitar yang melemah, serta lazimnya menyerang kaum laki-laki. Penyakit ini akan menimbulkan benjolan disertai nyeri yang membuat penderita merasa sangat tersiksa.

Mengobati Penyakit Hernia

Jenis-jenis Penyakit Hernia

Untuk mengenal penyakit hernia, Anda dapat melihat jenis-jenis penyakit tersebut berdasarkan lokasi terjadinya berikut ini :

Hernia Inguinalis

Merupakan salah satu jenis penyakit hernia yang terjadi akibat adanya bagian usus yang menjulur dari dinding perut hingga menimbulkan tonjolan pada bagian selangkangan.

Hernia Femoralis

Penyakit hernia yang disebabkan oleh menjulurnya sebagian usus atau jaringan lemak pada bagian paha dalam sisi atas hingga mencuat di area selangkangan.

Hernia Insisi

Yaitu salah satu macam penyakit hernia yang terjadi akibat adanya suatu jaringan yang mencuat melalui luka pasca operasi yang belum sembuh pada area perut.

Hernia Umbilikus

Terjadi akibat adanya sebagian usus atau jeringan lemak yang mencuat keluar di area perut, terutama bagian yang dekat dengan pusar.

Hernia Otot

Merupakan jenis penyakit hernia yang terjadi pada saat ada sebagian otot yang menjulur keluar dinding perut. Hernia ini juga dapat terjadi di bagian otot kaki yang diakibatkan oleh cedera saat olahraga.

Hernia Spigelian

Merupakan penyakit hernia yang terjadi pada saat sebagian uus mencuat di perut bagian samping atau di area sekitar bawah pusar.

Hernia Hiatus

Jenis hernia yang satu ini terjadi ketika bagian dari perut mencuat ke area rongga dada, melalui sekat antara rongga perut dan dada (diafragma).

Hernia Epigastrik

Merupakan penyakit hernia yang terjadi akibat adanya jaringan lemak yang menjulur, di antara bagian bawah tulang dada dengan pusar.

Selain itu, penyakit hernia secara umum juga dikelompokkan menjadi beberapa jenis, antara lain :

Hernia Abdominalis

Yaitu jenis penyakit hernia yang ditandai dengan munculnya tonjolan di area dinding perut.

Hernia Areponibilis

Merupakan jenis-jenis penyakit hernia dengan kondisi tonjolan yang masih dapat dikembalikan pada area semula.

Hernia Irriponibilis

Merupakan jenis-jenis penyakit hernia dengan kondisi kantong atau tonjolan yang tidak dapat dikembalikan lagi pada area semula.

Hernia Sarangtula

Jenis hernia yang satu ini selain menimbulkan tonjolan, juga menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang mengarah ke tonjolan tersebut.
Penyebab Penyakit Hernia
  • Terlalu sering mengangkat beban berat.
  • Akibat proses mengejan yang terlalu lama, seperti BAB dan ibu yang sedang melahirkan.
  • Faktor keturunan.
  • Ibu hamil.
  • Akibat keadaan medis, seperti penyakit paru-paru.
  • Berat badan yang berlebihan.
  • Bayi lahir prematur.
  • Batuk hingga bersin yang tak kunjung sembuh.
  • Terdapat penumpukan cairan yang tidak normal di rongga perut (ascites).
Bahan-bahan Alami untuk Mengatasi Penyakit Hernia 

Minum Teh Chamomile

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengatasi penyakit hernia tanpa operasi, maka salah satu jawabannya adalah menggunakan teh chamomile. Anda dapat minum teh tersebut dalam keadaan hangat secara teratur, sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Buah Kecipir

Salah satu pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit hernia berikutnya adalah dengan buah kecipir yang dihaluskan bersama bawang merah. Kemudian campurkan ramuan tradisional penyakit henia tersebut dengan spiritus. Aduk hingga rata lalu oleskan pada bagian yang sakit.

Buah Mengkudu

Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini memang telah dikenal oleh banyak masyarakat dengan khasiatnya yang baik untuk berbagai macam penyakit. Buah mengkudu juga memiliki peranan sebagai salah satu cara mengobati penyakit hernia.

Cara pengobatan dengan buah mengkudu ini dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus. Saring sebelum Anda meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari. tambahkan dengan sedikit madu untuk membuat rasanya lebih enak untuk dikonsumsi.

Minuman Jahe

Menggunakan jahe sebagai cara alami mengobati penyakit hernia merupakan solusi yang sangat mudah untuk digunakan, mengingat bahannya yang banyak tersedia di pasaran dengan harga ekonomis.

Anda dapat membuat minuman jahe sebanyak 1 cangkir kecil dan meminumnya setiap pagi hari ketika perut dalam kondisi kosong.

Menggunakan Akar Manis

Menyembuhkan penyakit hernia secara alami juga dapat dilakukan dengan akar manis dalam bentuk bubuk. Campurkan akar manis bubuk sebanyak 1 sendok makan ke dalam gelas berukuran sedang yang berisi susu.

Minum sebanyak 1 kali dalam seminggu dan ramuan tersebut terbukti memberikan hasil yang baik untuk mengatasi penyakit hernia tanpa pengobatan medis.

Menggunakan Yoghurt

Fermentasi susu segar ini juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit hernia dengan cepat. Anda dapat meminumnya sebanyak 3 kali dalam sehari dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit hernia dapat berkurang secara berangsur.

Daun Ciplukan

Mengatasi hernia dengan bahan alami berikutnya yaitu menggunakan daun ciplukan yang ditumbuk hingga halus. Gunakan daun ciplukan yang telah halus tersebut untuk ramuan yang ditempelkan di bagian hernia, kemudian dibalut menggunakan kain bersih ataupun kassa. Anda dapat mengganti ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

Daun Seledri

Salah satu jenis tanaman yang juga termasuk sayuran ini mungkin sudah tak asing lagi kita dengarkan. Namun, tahukah Anda bahwa tanaman berwarna hijau ini juga memiliki manfaat yang baik untuk mengobati sakit hernia secara alami.

Kandungan fosfor dan kalium yang banyak ditemukan di dalam seledri menjadikannya sebagai salah satu pengobatan alami sakit hernia. Anda dapat merebus beberapa helai daun seledri dalam 1 gelas air bersih hingga mendidih, lalu minum setiap pagi hari.

Daun Sengketan

Mencegah penyakit hernia serta mengobatinya secara alami juga dapat menggunakan daun sengketan yang diolah dengan cara merebusnya ke dalam air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan minum selagi hangat. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu untuk membuatnya lebih manis.

Akar Bunga Matahari

Siapkan akar bunga matahari sebanyak 30 gram, campurkan dengan biji jeruk 10 gram dan biji mangga kering 1 buah lalu rebus dalam air 600 ml hingga tersisa 300 ml. Minum selagi hangat dan konsumsi rutin akan memberikan hasil yang baik sebagai pengobatan hernia tanpa operasi.

Jus Lidah Buaya

Ramuan herbal untuk sakit hernia juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan jus lidah buaya. Anda perlu menambahkan beberapa bahan alami lainnya, mulai dari cengkeh 5 butir, kapulaga 5 butir, pala 5 gram, kayu manis, biji jeruk mandarin 15 gram, biji adas 15 gram, dan lada 15 gram.
Rebus bahan-bahan tambahan tersebut dalam 500 ml air hingga mendidih dan air hanya tersisia setengahnya. Kemudian campurkan dengan jus lidah buaya. Minum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Itulah jenis, penyebab, dan cara mengobati penyakit hernia secara alami yang dapat kami sampaikan. Semoga panduan mengenal penyakit hernia beserta cara pengobatan alami tersebut di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda.