-->

MENU

Pengobatan Alami Untuk Luka Bakar Yang Terbukti Sangat Ampuh Dan Berkhasiat

Pengobatan Alami Untuk Luka Bakar Yang Terbukti Sangat Ampuh Dan Berkhasiat
Pengobatan Alami untuk Luka Bakar - Luka bakar tentu menjadi suatu permasalahan yang tidak diinginkan oleh siapapun, terutama jika terjadi secara tiba-tiba. Kulit yang mengalami luka bakar dapat disebabkan oleh percikan air atau minyak panas, gesekan knalpot panas, dan sebagainya.

Untuk perawatan luka bakar sendiri dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya. Misalnya dengan cara pergi ke dokter atau menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini.

Pengobatan Alami Untuk Luka Bakar Yang Terbukti Sangat Ampuh


1. Teh Celup

Asam tannic dalam teh hitam dapat menarik panas yang diakibatkan oleh luka bakar serta mengurangi rasa sakit. Pengobatan luka bakar secara alami ini dilakukan dengan mengoleskan teh celup bekas ke bagian kulit yang terbakar.

2. Bunga Lavender

Selain dikenal sebagai pengusir nyamuk, bunga lavender juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alami luka bakar. Siapkan minyak bunga lavender secukupnya dan tambahkan gel lidah buaya. Aduk hingga rata dan oleskan di bagian kulit yang terbakar.

3. Kulit Pisang

Mungkin terdengar sangat aneh jika pengobatan alami untuk luka bakar ini dilakukan dengan menggunakan kulit pisang. Cara pengobatan luka bakar ini sangat mudah diterapkan. Oleskan bagian dalam dari kulit pisang pada kulit yang terbakar secara lembut.

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengoleskan kulit pisang sampai berubah menjadi kehitaman. Hal ini menandakan bahwa nutrisi dalam kulit pisang sudah bekerja secara maksimal untuk mengobati luka bakar.

4. Bawang Putih

Kandungan sulfur dan quercetin dalam bawang menjadi beberapa nutrisi yang mampu meredakan rasa perih akibat luka bakar. Caranya yaitu dengan menempelkan satu potong bawang pada kulit yang terbakar. Solusi yang satu ini dapat membantu menghilangkan kulit yang kemerahan akibat luka tersebut.


5. Cuka

Salah satu bumbu dapur ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar secara alami. Anda hanya perlu menuangkan cuka tersebut di atas kapas bersih dan tempelkan pada kulit yang terbakar. Lakukan scara terus menerus dan tambahkan cuka lagi jika kapas sudah mengering.

6. Madu Murni

Cara mengatasi luka bakar secara alami berikutnya adalah menggunakan cairan kental ini. Madu memiliki kandungan anti septik yang bermanfaat untuk pengobatan luka bakar secara alami. Selain itu, madu juga dapat mengurangi rasa sakit sekaligus menghilangkan bekas luka akibat permasalahan tersebut.

Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada kulit yang terbakar dan biarkan hingga madu meresap dalam kulit.

7. Kentang

Pengobatan alami untuk luka bakar dengan sayur kentang mungkin masih belum banyak diketahui. Adanya kandungan anti iritasi dalam sayuran tersebut dapat mencegah terjadinya kulit melepuh, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, sekaligus mengurangi rasa pedih yang ditimbulkan.

Anda dapat menggunakan kentang dengan cara mengirisnya terlebih dahulu dan digosok secara perlahan pada kulit yang mengalami luka bakar. Hasil terbaik pengobatan alami luka bakar ini apabila dilakukan segera setelah terjadinya luka.

8. Susu atau Yoghurt

Ternyata susu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar secara alami. Caranya, bersihkan luka bakar terlebih dahulu dengan alkohol. Lanjutkan dengan menyiramnya menggunakan susu skim. Diamkan beberapa saat untuk membuat nutrisi dalam susu dapat terserap dalam luka bakar.

9. Tepung Terigu

Cara menyembuhkan luka bakar yang terakhir yaitu menggunakan tepung terigu. Bahan dasar pembuatan roti ini mampu menyerap kelembapan dari luka bakar. 

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur sedikit air dalam tepung terigu hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tepung terigu tersebut pada kulit yang terbakar. Hal ini akan mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi rasa sakit.


Demikian beberapa pengobatan alami untuk luka bakar yang terbukti sangat ampuh. Selamat mencoba.